Lombok NTB Sebagai Top Satu Destinasi Wisata Halal Didunia

DAFTAR Isi : Tampilkan

Lombokterkini.id-Berdasarkan riset yang dilakukan Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, Indonesia berhasil meraih prestasi sebagai peringkat pertama wisata halal dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Prestasi ini berhasil didapatkan setelah Kementerian Pariwisata mengembangkan sektor pariwisata halal selama 5 tahun. 

Wilayah Indonesia yang di capkan sebagai destinasi halal ada 5 yaitu Lombok (NTB), Aceh, Riau, DKI Jakarta, Bumatera Barat. 


Sampai dengan 2019 ini, Kementerian Pariwisata menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara di mana sekitar 5 juta di antaranya adalah wisatawan muslim. Tentunya, pencapaian target ini akan disertai dengan pengembangan 10 destinasi halal lain, di antaranya Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur (Malang Raya), Lombok, dan Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya).

CEO CreacentRating & HalalTrip, Fazal Bahardeen bahkan memproyeksikan kalau pasar wisata halal nilainya akan mencapai US$ 220 miliar pada 2020. Pasar tersebut diprediksi terus tumbuh terutama di kawasan Asia yang nilainya bisa mencapai US$ 300 miliar pada 2026. 

"Kita lihat dari tiga alat, atraksi, aksesibilitas, amenitas. Di bawah itu tentu kita lihat culture, religion. Atraksinya gimana apakah ada unsur keagamaan nggak, ditambah komitmen. Kalau sudah diklaim halal relatif aman karena semua ada aturannya. Jangan khawatir turis bakal lari, mereka tidak akan pergi, lihat saja Lombok yang meningkat pesat setelah dicap sebagai destinasi halal," jelas Arief.

Gimana, gimana, makin bangga nggak sama Lombok Tercinta ini?

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama