Tempat Wisata Hits Di Lombok Tengah yang Wajib Dikunjungi !

DAFTAR Isi : Tampilkan

Wisata Lombok - Lombok menyuguhkan destinasi wisata yang begitu beragam, mulai dari pegunungan yang hijau, pantai dengan pasir putih bersih, pesona hutan yang masih asri, keanekaragaman flora dan fauna.

Berikut Beberapa Tempat wisata Murah dan Hits di lombok Tengah , Wisata Alami Di Lombok, Wisata Buatan Di Lombok dan Wisata Hits di Lombok.

1. TWA Gunung Tunak 
TWA Gunung Tunak

TWA Gunung Tunak terletak di desa Mertak, kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah. Dari Bandara Internasional Lombok, anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan untuk sampai lokasi TWA. Persis di depan pintu masuk TWA anda akan disambut oleh keindahan pantai Bumbang. Pantai dengan pasir putih dan bukit bukit cantik di sekitarnya.

Untuk memasuki TWA kita hanya membutuhkan Rp.10.000 untuk membeli tiket masuk. Salah satu spot favorit wisatawan di area TWA adalah pantai Tunak. Pantai ini terletak sekitar 5 kilometer dari pintu masuk. Untuk mencapai pantai, anda bisa menggunakan sepeda motor atau jika anda pecinta olahraga, tracking adalah pilihan yang tepat.

2. Pantai Batu Berang (Loteng)

Pantai Batu Berang

Pantai Batu Berang ini merupakan wilayah ujung Selatan dari Wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Pantai ini memiliki banyak perbedaan dengan pantai-pantai yang ada pada Umumnya. Pantai Batu Berang terletak di didesa Mertak, Pujut Lombo Tengah Gengs. Jika Berlibur Ke TWA Gunung Tunuk Wajib Kalian Kunjungi Juga Pantai Ini Gengs Karena Satu Arah dengan TWA Gunung Tunak. 

Untuk Menuju Pantai Batu Berang Teman-Teman Bisa search di google maps "Pantai Batu berang" atau Bertanya di Masyarakat Sekitar Mertak Ya Gengs. Pantai Batu Berang Menyuguhi Pemandangan Yang masih alami seperti Pasir Putih Bersih, Pegunungan Nan Hijau, dan Hutan Mangrove Gengs. Kuy Liburan Ke Pantai Batu Berang. 

3. Pantai Kuta
Pantai Kuta

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Kuta Lombok, datanglah ke Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika. 

Putri Mandalika akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, karena menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. Nah pada saat sekarang, bukit ini menjadi tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan Kuta dari ketinggian. Jika Anda mencapai puncak Bukit Mandalika, Anda akan menemui pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah, dengan air lautnya yang bening. Bahkan Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karangnya.

4. Pantai Tanjung AAN 
Pantai AAN

Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh beberapa bukit. Anda bisa dengan mudah mencapai bukit tersebut, bila ingin melihat penamdangan Pantai Aan yang indah dari ketinggian. Di sekitar wisata pantai Lombok ini, Anda akan menemui beberapa payung kayu dengan rajutan jerami sebagai atapnya. Salah satu cara untuk menikmati Pantai Tanjung Aan adalah dengan berbaring di bawah payung tersebut, sembari menikmati kelapa muda yang bisa Anda beli di sekitar pantai. Anda juga bisa mengunjungi deretan restoran yang menyediakan berbagai macam masakan. Anda bisa mencoba menu-menu masakan setempat, sambil menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan yang menakjubkan.


Ritual Bau Nyale PasolaSaat musim liburan, Pantai Tanjung Aan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik.  Namun jika Anda berkunjung pada bulan Februari, pantai ini akan penuh dengan wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Karena pada bulan tersebut ada even spesial yaitu Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan dengan mitos masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika, dimana puteri tersebut melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya. Selanjutnya mitos mengatakan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi “Nyale”, atau cacing laut. setelah “perburuan”, Nyale akan dijadikan bahan beberapa jenis masakan lokal.

5. Wisat Desa Adat Sade
Sade Village
Wisata Desa Sade Lombok Tengah merupakan salah satu dusun yang ada di Desa Rambitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Dusun ini terkenal sebagai dusun yang sangat mempertahankan adat suku Sasak.

Karena keunikan wilayah ini dan karena keunikan penghuninya yaitu suku Sasak, Desa Sade ini ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Dinas Pariwisata Pulau Lombok. Desa Ini sering disebut sebagai cerminan asli suku Sasak Lombok. meski Desa ini terletak di pinggir jalan raya yang mulus, tetapi penduduknya tetap kuat berpegang teguh untuk menjaga keaslian desa dan adat asli Suku Sasak.

6. Pantai Semeti
Pantai Semeti

Lokasi Pantai Semeti berada di Lombok Tengah, lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta atau Pantai Mawun. Pantai ini mulai naik daun karena banyak netizen yang mengupload foto-foto hasil liburan mereka ke sana, yang rata-rata terlihat keren bikin kita penasaran. Bagaimana tidak, pantai ini tetap terlihat cantik bahkan ketika mata kamera mengambil gambarnya dari berbagai sudut.

Seperti pantai-pantai lainnya di Lombok Tengah, di Pantai Semeti kita pun akan menemukan banyak sekali batu karang. Namun yang sedikit berbeda, batu karang yang ada di sekitar pantai ini tidak hanya membentuk perbukitan, melainkan tidak sedikit yang membentuk tonggak-tonggak layaknya balok-balok kristal. Batu karang berbentuk tonggak tersebut sekilas mengingatkan kita pada tempat persembunyian Superman.

Di bibir pantai, sebagian tempat menyuguhkan pasir putih yang halus seperti pantai-pantai pada umumnya, namun sebagiannya lagi, terutama dekat dengan area parkir, bisa kita temui pasir dengan butiran-butiran yang lebih besar seperti butir-butir merica, namun terasa lebih halus jika dibandingkan dengan pasir merica yang ada di Pantai Kuta di Lombok.


Air laut di tempat ini sangat jernih baik pada saat surut maupun pasang. Ketika air surut, kita akan dengan mudah melihat bebatuan yang tampak berserakan berukuran cukup besar menjorok ke arah laut.

7. Bukit Merese'


Pesona Bukit Merese'


Beberapa tahun belakangan ini Wisata bukit di Lombok mulai populer dan menjadi destinasi pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Pada postingan sebelumnya Team Sasambo tour | Wisata Lombok Sumbawa telah mengelompokkan beberapa Wisata bukit yang sedang populer di Lombok, Lihat pada postingan Pesona 6 Bukit di Pulau Lombok, dan Bukit Mereseq (Bukit Merese) salah satunya.

Bukit mereseq dikenal oleh wisatawan domestic maupun mancanegara dengan “Bukit merese” . “Mereseq” dalam Bahasa sasak Lombok dialek Pujut berarti kecil-kecil dan berisi. Ya, Bukit Merese merupakan bukit yang terdiri dari deretan  bukit-bukit kecil yang sangat cocok bagi pecinta soft tracking. Di sebelah selatan bukit mereseq terdapat beberapa pantai indah berpasir putih yang masih jarang dikunjungi seperti Pantai Mereseq, Pantai Remelang, dan Pantai Torok Bare.

Terima Kasih Gengs, Jangan Lupa Komen-Komen Ya :)

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama