The Mandalika Lombok Tengah siap jajaki Formula1

DAFTAR Isi : Tampilkan

Lombokterkini.id - kabar baik hadir lagi mengenai The Mandalika. Indonesia akan menjajaki kesempatan untuk memperkuat sektor sport tourism Indonesia melalui penyelenggaraan balap jet darat Formula Satu (F1) di The Mandalika.

Wacana ini disampaikan oleh Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer pada Konferensi Pers Rabu, 22 Mei 2019 di Istana Bogor, setelah bertemu dengan Presiden Jokowi. Presiden menyampaikan bahwa akan lebih baik bagi country branding jika Indonesia juga mempunyai balap mobil F1 yang merupakan balap mobil terkemuka di dunia. Oleh karena itu, selain ajang balap motor, balap mobil F1 juga diharapkan dapat dilaksanakan di The Mandalika.

Potensi ini dinilai cukup kuat mengingat balap mobil F1 dapat diselenggarakan di sirkuit yang juga akan menjadi arena ajang balap MotoGP, Mandalika Street Circuit. ITDC sudah mendapat kepastian bahwa bentuk sirkuit tidak perlu diubah, hanya membutuhkan perlakuan untuk top soil dan ada beberapa sinyal atau sensor yang harus ditambahkan karena sifatnya agak berbeda. Namun penambahan ini tidak akan secara signifikan dari sisi budget atau dari sisi teknis jalan.

Sebagai BUMN dan pengelola kawasan The Mandalika, ITDC siap menjalankan program pemerintah untuk menjadikan The Mandalika sebagai ikon Indonesia yang menggelar dua ajang balap berkelas dunia, MotoGP dan F1. Tentu hal ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk dapat meningkatkan sektor pariwisata nasional dan memantapkan posisi Indonesia di kancah pariwisata dunia.

Pada konferensi pers ini juga disampaikan mengenai potensi Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 oleh Erick Tohir selaku ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Beliau juga menyebutkan kesempatan ini tidak hanya kesempatan sebagai penyelenggara, tetapi bagaimana berkaitkan dengan investasi ke depan, yaitu investasi sektor pariwisata. 

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama