Bikin Nagih! 5 Makanan Dari Lombok Ini Bisa Bikin Kamu Kecanduan

DAFTAR Isi : Tampilkan
KulinerKhas Lombok Yang Paling Populer

Kali ini Lombok Terkini akan mengulas tentang 5 Kuliner atau  Makanan Super enak Di Lombok Harus Kamu Coba dan tentunya tidak bikin kantong bolong.

Berekreasi ke satu wilayah tidak komplet bila tidak mencicip makanan ciri khas. Serta, beberapa wisatawan mengangkat misi wisata kuliner sebab wilayah yang dituju mempunyai macam makanan yang populer lezat serta unik dibanding wilayah yang lain.

Demikian juga dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pelancong sering cari tempat makan kuliner Lombok yang betul-betul asli serta Nikmat. Di samping ayam taliwang yang telah melegenda, kuliner Lombok lainnya mulai merambah beberapa kota di Indonesia.

Tetapi, bila kamu bertandang ke Lombok, harus coba tempat makan kuliner Lombok  berikut, Ingat Jangan sampai Tidak icip-icip ya.

1. Nasi Balap Puyung – Lombok Tengah 

Nasi Balap Puyung - Kuliner Lombok
Nasi balap puyung adalah salah satunya menu sering dicari untuk sarapan. Maklum, orang Indonesia kenal semboyan ‘belum makan jika belum makan nasi’. Nasi balap puyung ini datang dari Kampung Puyung, Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah. Penjual yang paling awal bernama Ibu Inaq Esun yang telah berjualan semenjak tahun 90-an. Tetapi sekarang kamu dapat dengan gampang temukan penjual nasi balap puyung di kota Mataram.

Satu bagian nasi balap puyung yang komplet terbagi dalam nasi putih dengan suwiran daging ayam bumbu pedas, kedelai goreng, kering kentang, oseng buncis, telur bacem (atau telur asin), serta tentunya sambal ciri khas.

Tempat: Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah 83561
Harga: Dari mulai 17,000 IDR per Porsi

2. Bebalung – Lombok Tengah

Bebalung Lombok - Kuliner Lombok
Dari penampakannya, mungkin kamu memandang bebalung jadi gulai sapi ‘biasa’. Namun, warga Desa Sasak mempunyai resep spesial yang membuat kamu semakin lebih bertenaga setelah makan bebalung. Wah, ingin tahu?

Sup yang mempunyai cita rasa kuah yang gurih dengan daging yang lembut ini umumnya memakai bahan fundamen iga serta tulang sapi. Tetapi, beberapa tempat makan kuliner Lombok menyediakan menu bebalung kuda yang diakui dapat tingkatkan stamina.

Beberapa orang sering cari bebalung kuda untuk obat malaria. Untuk kamu yang bukan penggemar kuliner berlebihan, lebih baik coba bebalung sapi dahulu. Tidak kalah enak, kok!

Tempat: Depot Kelebet (Bebalung), Jalan HOS Cokroaminoto No.10, Monjok Timur, Selaparang, Kota Mataram 83122
Harga: Dari mulai 25,000 IDR per 
Porsi

3. Sate Bulayak – Taman Narmada

Sate Bulayak - Kuliner Lombok
Tiap wilayah di Indonesia kelihatannya punyai macam kuliner sate, benar? Tidak kecuali Lombok, yang punyai sate bulayak. Ada sate ayam, dalaman, serta sapi yang dapat kamu pilih; tapi yang memperbedakan sate bulayak dengan sate biasanya ialah lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Berikut yang diberi nama ‘bulayak’.

Hal unik yang lain dari sate bulayak ialah bumbu kacang yang dibuat dengan santan plus bumbu seperti ketumbar, jintan, bawang serta cabai. Supaya lebih mantap, janganlah lupa mencocol bulayak ke bumbu yang cukup berkuah itu.

Penjual sate bulayak bisa dengan gampang kamu dapatkan di ruang Narmada. Kamu dapat mencicip sate bulayak sekalian singgah ke Taman Narmada yang instagrammable.

Tempat: Taman Narmada, Jalan Raya Narmada, Lembuak, Kabupaten Lombok Barat 83371
Harga: Dari mulai 25,000 IDR per 
Porsi

4. Ayam Taliwang – Karang Taliwang

Ayam Taliwang - Kuliner Lombok
Kuliner Lombok ini mungkin tidak butuh dipropagandakan. Demikian dengar kata Taliwang, kamu tentu langsung mengingat ayam bakar dengan pedas yang membakar lidah. Namun, sensasi kelezatan ayam taliwang tidak mungkin kamu terlewat bila bertandang ke Mataram, Lombok.

Asal-usul ayam taliwang memang datang dari wilayah bernama Karang Taliwang, yang berada di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Lombok. Tetapi, resep aslinya dibikin oleh warga Desa Sasak, yang populer dengan kepiawaian memasak kuliner pedas yang lezat.

Terdapat beberapa tempat makan kuliner Lombok di Mataram yang tawarkan menu ayam taliwang, tapi yang paling tersohor diantaranya: Rumah Makan Irama, Rumah Makan Kania, Rumah Makan Pak Udin, serta Rumah Makan H.M. Bahran Moerad.

Tempat: Karang Taliwang, Cakranegara, Kota Mataram
Harga: Dari mulai 40,000 IDR per 
Porsi

5. Sate Rembiga – Dekat Lapangan terbang Selaparang

Sate Rembige - Kuliner Lombok
Propinsi Nusa Tenggara Barat punyai julukan ‘Bumi Sejuta Sapi’, sebab pernah jadi pusat program pembibitan sapi lokal di Indonesia. Maka, kuliner memiliki bahan fundamen sapi gampang didapati di Lombok serta sekelilingnya.

Tidak hanya sate bulayak, ada lagi satu sate yang perlu kamu coba, yakni sate rembiga. Nama ‘rembiga’ sendiri datang dari wilayah tempat sate ini banyak di jual, yakni satu kelurahan di Selaparang, Mataram, Lombok.

Bila kamu makan sate rembiga yang asli, kamu tidak temukan sate ini diberikan dengan bumbu kacang atau bumbu apa pun. Masalahnya daging sapi yang jadikan sate sudah ditumbuk serta di rendam dengan cabai merah kering, terasi, bawang putih, serta gula merah sepanjang dua jam.

Baru selanjutnya sate itu dibakar serta bisa kamu santap panas-panas. Menarik, kan?

Tempat: Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, Jalan Dr. Wahidin No. 11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram 83124
Harga: Dari mulai 25,000 IDR (10 tusuk sate)
Gimana Menurut Kamu tentang 5 makanan Kuliner Lombok ini ? Udah Pernah nyoba salah satunya ? Kalau belum yuk gas. 

Salam Millenial Terkini (MMR)
Lebih baru Lebih lama