Hati-Hati! ini 6 Fakta Mengejutkan Tentang Gunung Rinjani

DAFTAR Isi : Tampilkan

topi awan atau awan lentikular di puncak gunung rinjani
Kali ini Lombok Terkini akan mengulas 6 Fakta Tentang Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani belakangan ini jadi perbincangan warganet berkaitan timbulnya kejadian topi awan atau awan lentikular di puncak gunung tersebut beberapa waktu bulan lalu.

Gunung yang berada di Lombok Nusa Tenggara Barat ini terkenal mempunyai pemandangan alam yang memikat.

Tetapi, gunung dengan ketinggian 3.726 mtr. di atas permukaan laut (mdpl) ini mempunyai beberapa fakta yang mungkin sedikit orang yang tau. nah itulah yang akan lombok terkini bahas di artikel kali ini.

Mungkin kamutahu bahwa Gunung Rinjani adalah pusat tata ruangan semesta, menurut salah satunya pemangku tradisi di Desa Sembalun. Di bawah ini beberapa bukti yang dirangkum dari catatan ekspedisi cincin api :

1. Gunung Rinjani mempunyai Gunung Barujari yang pernah mengakibatkan berlangsungnya banjir lahar dingin

dalam jadwal Jelajah Cincin Api, pernah dikabarkan meskipun relatif jauh dari permukiman, Gunung Barujari yang tumbuh di kaldera Gunung Rinjani menaruh bahaya mematikan.

Musibah itu berbentuk banjir lahar yang meneror desa-desa di seputar saluran sungai yang berhulu di Gunung Rinjani ini. Pada 8 Juni sampai 11 Agustus 1994, Gunung Barujari meletus hebat. Letusan ini diikuti hujan deras di pucuk Gunung Rinjani pada bulan-bulan selanjutnya, serta pada 3 November 1994, banjir lahar menyapu desa-desa di selama Sungai Tanggik, Lombok Timur, yang berhulu di Gunung Rinjani.

Musibah itu menelan 31 korban jiwa serta tujuh yang lain menanggung derita cedera berat. Saat itu, kesaksian masyarakat seputar menyebutkan, pohon kelapa terlihat seperti berjalan dari arah hulu Sungai Tanggek,waktu momen berlangsung.

2. Gunung Rinjani pusat semesta tata ruangan

Di kosmologi warga ditempat, Gunung Rinjani adalah pusat dari semesta tata ruangan. Purnipah salah satu orang pemangku tradisi di Desa Sembalun Bumbung, Dikutip dari Kompas.id menjelaskan ”Rinjani ialah pelindung Pulau Lombok, serta Segara Anak ialah bong (penyimpan air) dunia Lombok".

Buat masyarakat Sembalun atau Senaru, Gunung Rinjani diakui dikontrol oleh ratu jin yang bernama Dewi Anjani. Sepanjang tata langkah tradisi dipenuhi, Dewi Anjani akan membuat perlindungan.

3. Mempunyai beberapa larangan yang terkait dengan kearifan lokal

Ada banyak ketentuan yang semestinya tidak dikerjakan beberapa pendaki berkaitan kearifan lokal yang diakui. Yaitu, pendaki semestinya menghindarkan menyebutkan beberapa nama hewan yang tidak hidup di gunung, seperti dedupak (kerbau), cecakar (ayam), serta jojak lendang (kambing).

Gunung Rinjani dilihat jadi tempat keramat, tempat semua makhluk halus diam. Beberapa jin, seperti dalam man sia, uga lakukan pekerjaan ekonomi, seperti berladang.

4. Masyarakat seputar Gunung Rinjani masih mempunyai beberapa adat

Ada banyak adat yang masih sering dikerjakan yaitu upacara Roah Bimbingan Gunung. Adat ini dikerjakan Kampung Tradisi Senaru di akhir musim kemarau jadi permintaan supaya gunung serta kehidupan di bawahnya kembali hidup.

Diluar itu di Kampung Tradisi Sembalun Bumbung, Lombok Timur, setiap tiga tahun sekali ada upacara Ngayu-ayu (rahayu, selamat), yang disebut ajakan untuk melestarikan alam. Di Desa Bayan, Lombok Utara, ada pesta Gawe Alip.

Dahulunya adat ini dikerjakan tiap delapan tahun sekali bersamaan dengan tahun Alip. Tetapi, Pesta Gawe Alip sekarang dikerjakan tiap ada bencana, seperti banjir bandang, tanah longsor, atau kebakaran rimba. Maksudnya, meminta pada Yang Maha Kuasa supaya dunia aman, damai, serta sejahtera.

5. Tempat Habitat Tanaman

Di ruang seputar Taman Nasional Gunung Rinjani ada seputar 500 spesies tanaman endemik. Taman nasional yang diurus Rinjani Tracking Management Board menyertakan masyarakat lokal ditempat dengan aktif.

Wilayah arah wisata ini memberikan sumbangan pada perkembangan ekonomi lokal lewat layanan pemandu, penginapan, rumah makan, transportasi, serta penjualan cendera mata.

6. Gunung Rinjani punya salah satunya danau vulkanik paling besar di dunia

Segara Anak di Gunung Rinjani ada pada ketinggian 2.003 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). Suhu permukaan danau ini lebih hangat dari suhu ruangan.

Suhu harian air permukaan Danau Segara Anak sekitar 20-22 derajat celcius, Berikut salah satunya keajaiban Danau Segara Anak yang disebut salah satunya danau panas vulkanik paling besar di dunia.

Terima kasih sudah membaca tentang 6 Fakta  Tentang Gunung Rinjani Yang mungkin belum kamu ketahui. 

Salam Millenial Terkini (MMR).  
Lebih baru Lebih lama