Merinding! 7 Tempat Wisata Mistis di Lombok

DAFTAR Isi : Tampilkan
Hai Sahabat Terkini, Kali ini Lombok Terkini akan mengulas 7 Tempat Wisata Penuh Mitos dan mistsi dipulau Lombok.

Tidak cuma populer akan pesona alamnya yang memikat, Pulau Lombok ada beberapa obyek wisata yang populer akan beberapa jenis mitos akan hal mistis yang masih diakui sampai sekarang.

Nah, ingin tahu obyek wisata apa yang disebut, serta apapun mitosnya? Berikut penjelasan sedetailnya.

1. Makam Selaparang

tempat mistis di lombok - makam selaparang

Makam Selaparan terdapat di kecamatan Swela, kabupaten Lombok Timur serta kira-kira seputar 65 km dari kota Mataram. Untuk masuk ke makam, anda akan dikenai ongkos Rp. 5 ribu per orang.

Ketentuan yang diaplikasikan dari sana harus ditaati oleh semua pengunjung. Beberapa ketentuan itu diantaranya dilarang memphoto, harus kenakan pakaian yang sopan, melepas alas kaki, serta buat wanita yang sedang menstruasi dilarang masuk daerah makam.

Adat ziarah ke makam Selaparang masih dikerjakan sampai sekarang lebih bila musim keberangkatan jamaah haji, makam ini akan dipadati pengunjung.

Ada 3 makam terkenal di ruang makam Selaparang, yakni makam Raja Selaparang, makam orangtua Raja Selaparang, serta makam patih Gajah Mada. Di ke-3 makam itu pengunjung biasa menaburkan bunga serta membersihkan muka dengan air yang disiapkan. Menurut warga, satu orang lajang yang membersihkan mukanya disana akan cepat memperoleh jodoh.

2. Air Terjun Tiu Kelep

tempat mistis di lombok - Tiu Kelep
Air terjun Tiu Kelep terdapat di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. Ketinggian air terjun ini sampai 42 mtr. dengan memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat.

Air yang mengalir cukup kuat serta besar, tetapi kolam dibawah air terjun tidak dalam, cuma sekitar sepinggang orang dewasa. Makna nama Kelep sendiri yakni Terbang yang datang dari bahasa Sasak. Banyak yang yakin jika mandi di air terjun Tiu Kelep akan membuat awet anda muda.

4. Taman Narmada

tempat mistis di lombok - Taman Narmada
Taman Narmada terdapat di desa Lembuah, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat atau ada kira-kira 10 km dari arah timur kota Mataram. Taman ini dibuat pada tahun 1805 oleh raja Mataram Lombok Anak Agung Ngurah Karangasem.

Awalannya taman ini dibuat untuk melakukan upacara Pakelem yang diadakan tiap purnama ke lima tahun Cakra. Warga yakin jika air di kolam taman Narmada bisa membuat awet muda.

Tidaklah heran bila banyak pelancong yang mandi atau bersihkan muka di seputar kolam. Rasa fresh yang dibuat air di taman Narmada datang dari kandungan mineral yang lumayan tinggi.

4. Makam Loang Baloq

tempat mistis di lombok - Makam Loang Baloq
Makam Loang Baloq jadi populer serta spesial sebab jadikan tempat istirahat paling akhir Maulana Syech Gaus Abdurrazak, Anak Yatim, serta Datuk Laut. Mereka adalah penebar agama Islam yang populer di Pulau Lombok.

Tidak hanya lakukan ziarah, ritual cukur rambut buat anak balita sering dikerjakan dari sana, tidak itu saja banyak juga pengunjung yang lakukan nazar serta berdoa di makam.

5. Taman Nasional Gunung Rinjani

tempat mistis di lombok - Gunung Rinjani
Wisata taman Nasional Gunung Rinjani merupaka tempat wisata yang paling disukai di Lombok, sebab adalah gunung paling tinggi nomor 2 di Indonesia.

Sebagaian masyarakat Lombok masih yakin yakin jika puncak gunung Rinjani adalah tempat bersemayamnya beberapa manusia alam goib. Oleh karena itu benar-benar disarankan untuk jaga tata krama waktu mendaki ke Gunung Rinjani.

6. Air Terjun Jeruk Manis

tempat mistis di lombok - Air Terjun Jeruk Manis
Air terjun ini mempunyai ketinggian seputar 40 mtr. dengan curah air yang besar serta jernih. Object wisata air terjun ini ada di kaki gunung Rinjani samping selatan lokasi konservasi.

Menurut narasi, air terjun ini diakui dapat mengobati beberapa jenis penyakit khususnya untuk menyuburkan rambut. Untuk penyembuhan, umumnya dikerjakan upacara yang di pimpin oleh pemangku tradisi.

7. Air Terjun Mayung Putek

tempat mistis di lombok - Air Terjun Mayung Puteq
Air terjun Mayung Putek terdapat di desa Sajang, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Kelebihan air terjun ini yakni memiliki kandungan belerang.

Makna Mayung Putek sendiri yakni rusa putih. Konon menurut narasi warga, pada saat tersendiri akan kelihatan rusa putih yang sedang minum serta mandi di air terjun itu.

Warna putih yang dipunyai air datang dari camuran belerang dari gunung rinjani yang dapat mengobati beberapa jenis penyakit kulit.

Nah, itu di atas 7 obyek wisata di Lombok yang penuh dengan mitos serta sekaligus juga tawarkan pesona panorama yang memesona.
Lebih baru Lebih lama