Sertifikat Layak Nikah? Ini Tradisi Culik Gadis Pernikahan Di Lombok Yang Unik

DAFTAR Isi : Tampilkan
Culik Gadis Harus Bersertifat Layak Nikah : Keunikan Tradisi Pernikahan Adat Lombok

Hai Sahabat Terkini udah pernah dengar belum tentang Aturan Sertifikat Layak Nikah ? Pasti udahkan? lalu bagaimana nasib tradisi kita yaitu Tradisi nikah dengan menculik anak gadis. tradisi ini masih kental dan melekat pada suku sasak lombok hm... 

oke deh, admin singgung dikit tentang sertifikat layak nikah sebelum saya membahas tentang 
Adat Unik Nikah Culik Pernikahan Suku Sasak Lombok. Pernikahan jadi hari yang dinanti – nantikan oleh tiap wanita, tetapi bagaimana ceritanya bila pernikahan atau perkawinan itu dikerjakan dengan diculik. 

Yes! It sounds weird at first, but it’s real and nobody can’t stop it.

Admin  Kutip dari Tempo kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi mengatakan bahwa calon pengantin tidak boleh menikah jika belum memiliki sertifikat layak kawin.

"Ya sebelum lulus mengikuti pembekalan enggak boleh nikah," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 14 November 2019.

Muhadjir mengatakan, rencana ini akan mulai diberlakukan tahun depan (2020). Calon pengantin wajib mengikuti pelatihan mengenai ekonomi keluarga hingga kesehatan reproduksi. Ia menuturkan, program ini merupakan penguatan terhadap sosialisasi pernikahan yang sebelumnya dilakukan kantor urusan agama (KUA). hmmm ribet juga iya.

Tenang Aja gengs, Tradisi kita yaitu nikah dengan menculik anak gadis tidak akan tenggelam kok. Tradisi ya tetap tradisi, inilah adat lombok. 

Sertifikat Layak Nikah Memang Aturan, Tapi Siapa yang Bisa menghentikan Tradisi adat dan Budaya? nobody can’t stop it Men :D 


selanjtnya admin mau bahas tentang tradisi culik gadis : Adat Unik Kawin Culik Pernikahan Suku Sasak Lombok

Adat yang cukup unik cuma bisa kamu temuin di pernikahan suku Sasak Lombok terutamanya di wilayah suku Sasak menempati tempat tinggalnya. Adat pernikahan suku Sasak Lombok ini sangatlah lama berlangsung lho, semenjak zaman raja – raja di Lombok. 

Konon tuturnya sich berawal dari satu orang Putri yang sangat benar-benar cantik hingga banyak pria yang ingin meminangnya. Tetapi sang pria – pria itu harus melalui rintangan yang ada dengan menculik sang Putri dalam suatu ruang yang sudah dijaga erat.

Adat unik pernikahan suku Sasak Lombok yang telah jadi rutinitas warga suku Sasak ini selanjutnya jadi budaya pernikahan suku Sasak Lombok yang ciri khas serta mempunyai narasi unik. Kawin culik ini tidak dikerjakan asal-asalan, sebab ada ketentuan mainnya. Umumnya sang wanita serta pria yang telah dipilihnya akan membuat janji kapan acara kawin culik ini berlangsung.

Untuk waktu yang diputuskan sebaiknya saat malam hari, sebab menghindarkan kericuhan berlangsung. Ada yang menjelaskan untuk menghindarkan penculikan yang dikerjakan oleh saingan sang pria yang ingin meminang sang gadis terlebih dulu. Jadi tidak hanya dikerjakan malam hari, gagasan ini harus juga terbangun rahasianya dari sang keluarga sang wanita atau kerabat yang lain. 

Sebab bisa keluarga wanita gagalkan gagasan penculikan ini karena tidak sepakat dengan calon pria yang diambil. Hingga yang tahu gagasan ini benar – benar cuma sang pria serta wanitanya dan beberapa kerabat yang diminta bantuannya saja untuk menolong proses penculikan ini berlangsung. 

Sebab dapat disebutkan ini adalah hanya satu proses penculikan yang legal sebab sudah ditata dalam oleh instansi tradisi ditempat, karena itu ketentuan mainnya jelas. Diantaranya ialah denda. Nyatanya acara kawin culik ini ada juga ragu adatnya bila selanjutnya proses penculikan ini berlangsung kericuhan. Ragu yang dipakai berbentuk uang denda dengan jumlahnya tersendiri yang selanjutnya harus dibayarkan oleh faksi pria jadi penculik wanita.

Sesudah berlangsung penculikan tanpa ada sepengetahuan keluarga wanita, umumnya sang wanita dibawa kerumah kerabat sang pria, jadi bukan dibawa langsung kerumah pria. Tetapi ditangkap dari peluang kericuhan yang bisa berlangsung di tempat tinggal salah satunya keluarga sang pria.

Mungkin kamu tercengang dengan acara pernikahan suku Sasak LomboK ini, lantas bagaimana dengan orangtua sang wanita yang mungkin bingung cari anaknya yang mendadak hilang. Sebab ini telah jadi sisi adat pernikahan tradisi suku sasak lombok karena itu keluarga sang wanita umumnya akan melapor ke instansi tradisi ditempat untuk memberikan laporan kehilangan anak gadisnya.

Sesudah beberapa waktu sang wanita disembunyikan di dalam rumah kerabat sang pria, karena itu waktunya keluarga pria akan tiba ke tempat tinggal sang wanita untuk memberitahu bila putrinya sudah lakukan acara kawin lari bersama dengan anak prianya. Tetapi ada pula yang lakukan proses pengutaraan info ini melalui kepala suku tradisi masing – masing.

Bila keluarga faksi wanita sudah sepakat serta acara kawin lari ini dikerjakan tanpa kericuhan, berarti acara kawin lari pernikahan tradisi sasak lombok ini disebutkan sukses. Seterusnya ke-2 keluarga akan mengadakan rapat keluarga buat memusyawarahkan acara pernikahan seterusnya. Acara pernikahan yang nanti dikerjakan harus juga melalui tingkatan pengesahan dengan agama yang diyakini dan dengan tradisi.

Pada tingkatan perundingan ke-2 keluarga ini biasa disebutkan dengan arti Masejatik atau Nyelabar. Perundingan ini dengan diawali kehadiran faksi pria ke tempat tinggal sang calon mempelai wanita. Tidak hanya untuk mengulas hal – hal yang lebih mendalam seperti hari serta tempat akad nikah dan acara upacara tradisi, nyelabar ini jadi langkah untuk ke-2 keluarga dapat sama-sama kenal. 

Bila terjadi kata setuju baru ke-2 mempelai akan dinikahkan dengan agama dan disahkan dengan tradisi ditempat.

Setiap suku serta budaya Indonesia mempunyai ketidaksamaan dalam tiap serangkaian upacara tradisi pernikahannya. Meskipun banyak calon pengantin yang merasakan susah untuk lakukan tingkatan untuk tahapannya, tetapi tentunya kamu tidak mau mempunyai acara pernikahan yang datar – datar saja. 

Hingga tidaklah heran banyak calon manten yang pilih memakai serta menyatukan faktor tradisi pada pernikahannya. Diantaranya ialah acara yang dipunyai pernikahan suku Sasak Lombok ini benar-benar unik serta jadi warisan budaya leluhur sampai 

Gimana menurut kamu tentang Culik Gadis : Keunikan Tradisi Pernikahan Adat Lombok, Unik kan ?

Lebih baru Lebih lama