Wisata Gili Kedis Surga Kecil di Pulau Lombok

DAFTAR Isi : Tampilkan
hm... Apakah anda ingin melihat sebuah pulau surga kecil dipulau Lombok yang memiliki sejuta keindahan ?

Gili Kedis bisa menjadi salah satu jawaban yang paling tepat untuk liburan Anda, sebab Gili Kedis Di Lombok ini merupakan salah satu gili yang paling kecil, yang memiliki keindahan gili yang memang tidak bisa di bandingkan dengan gili-gili lainnya seperti gili nanggu, gili trawangan yang ada di Pulau Lombok.

Wisata Gili Kedis Surga Kecil di Pulau Lombok

Sebutan Gili di kalangan masyarakat Lombok tentu sangat familiar, namun tidak demikian bagi para turis. Gili merupakan sebutan lain untuk pulau, dan salah satunya bernama Gili Kedis Lombok Barat.
Gili Kedis Lombok ini hanya bisa di kunjungi sekitar 5 menit saja untuk dapat mengitari pulau tersebut, yang terletak di kecamatan Sekotong, tepatnya ada di kabupaten Lombok barat ini.

Gili Kedis bias dibilang sebuah pulau surga Kecil dan eksotis menjadi salah satu ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan objek wisata gili kedis Lombok ini.

Meski benar popularitasnya tidak sebaik Gili Trawangan, Air, dan Meno, namun bukan berarti ini tidak layak Anda kunjungi. Lokasi pulau kecil nan indah ini berada di Kecamatan Sekotong Tengah dan masuk dalam kawasan Lombok Barat.

Kini kehadiran Wisata Gili Kedis Lombok menambah marak suasana wisata di Lombok karena menjadi alternatif bagus untuk menikmati keindahan pantai, laut, dan melakukan diving maupun menyelam.

Info Lokasi dan Rute Terbaik menuju Ke Gili Nanggu Lombok  

Lokasi Wisata Gili Kedis Lombok


Lokasi Tempat Wisata Gili Kedis berada Di Lombok Barat. Wisata gili kedis tepatnya berada di Sekotong Barat dan juga merupakan bagian dari Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Karena mengingat wisata ini berupa pulau yang kecil di sekitaran perairan pulau lombok. Jadi untuk mencapai objek wisata tersebut Anda harus melewati jalur laut terlebih dahulu.

Berikut Gambaran Rute Perjalanan ke Gili Kedis Lombok:


Perjalanan dari Kota Mataram menuju lokasi wisata ini menempuh jarak sekitar 41 km menuju pelabuhan lokal Sekotong. Waktu yang dibutuhkan sekitar 50 – 60 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Ingat tak perlu khawatir karena kondisi jalan sepanjang perjalanan terhitung aman dan cukup bagus. Walaupun memang tidak sebagus jalan-jalan besar seperti di Kota Mataram. Setelah sampai di pelabuhan lokal di Sekotong, perjalanan dilanjutkan dengan perjalanan laut. Para wisatawan bisa menggunakan transportasi perahu motor milik nelayan sekitar yang disediakan khusus dengan kapasitas sekitar 6 orang.

Perjalanan laut menuju lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Selama perjalanan para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan birunya langit berpadu dengan biru beningnya laut. Jadi tidak perlu takut merasa bosan.

Harga Tiket Masuk dan Estimasi Biaya Wisata ke Gili Kedis Lombok


Ketiga gili ini terletak di sisi barat daya pulau Lombok, sekitar 1,5 jam berkendara dari Pusat Kota Mataram ataupun dari Bandara Internasional Lombok menuju Dermaga Desa Tawun, tempat penyeberangan menuju tiga gili diatas.

Untuk menuju Dermaga Desa Tawun Sekotong, cara terbaik adalah dengan menyewa kendaraan baik mobil ataupun motor. Tarif sewa mobil di Lombok berkisar di harga Rp 500.000 – Rp 600.000 sudah termasuk driver dan bensin. Tarif tersebut biasanya untuk mobil sekelas Avanza dengan kapasitas 5 – 6 orang.

Cukup murah jika dibagi dengan teman-teman traveling kamu. Adapun untuk sepeda motor berkisar mulai 75.000 per harinya. Setiba di Dermaga Desa Tawun, kamu akan dengan mudah menemukan tempat penyewaan boat. Sering malah disamperin langsung dan ditawarkan menggunakan boat mereka.

Jadi tidak perlu khawatir bakal kesulitan menemukan penyewaan boat disini. Tarif sewa boat disini berkisar di harga Rp 300.000. Harga tersebut sudah termasuk harga untuk mengeksplore tiga gili yaitu Gili Nanggu, Gili Sudak dan Gili Kedis. Satu boat kapasitasnya bisa 5-6 orang, Untuk biaya berkisar antara Rp. 300.000 - Rp. 500.000 (include mengunjungi Gili Sudak - Gili Tangkong - Gili Nanggu) anda bisa Iuran bersama kelompok atau Teman Traveling anda.

Beberapa keuntungan Jika Anda Wisata Ke Gili Kedis Lombok

1. Puas Menjelajah 3 Gili Sekaligus 
Sebelum tiba di Gili Kedis, biasanya para wisatawan akan dibawa terlebih dahulu menuju Gili Sudak, karena memang pulau ini adalah pulau yang paling dekat dengan daratan utama.

Hamparan pasir putih dan pohon cemara tumbuh dengan begitu apik menghiasi pantai Gili Sudak. Biru dan jernih perairan Gili Sudak siap menyambut kedatangan para wisatawan. Umumnya mereka akan bersnorkeling ria terlebih dahulu, ya anggap saja sebagai pemanasan.

2. Menikmati Gili Sudak
Hanya berkisar 10 menit dari Gili Kedis, Gili Sudak ini terkenal dengan spot wisata kulinernya. Ada beberapa warung makan pinggir pantai yang menawarkan menu olahan berbagai ikan laut segar juga menu-menu seafood dari udang, cumi atau kadang-kadang juga tersedia lobster.

Kamu juga bisa memesan kelapa muda segar sebagai penutup makan siangmu.
Makan siang di pinggir pantai, menu seafood dan kelapa muda, serta angin pantai yang sayup-sayup menerpa, what a perfect combination!

3. Snorkeling di wisata Gili Kedis Lombok

Snorkeling time!
Gili Kedis terkenal dengan spot snorkelingnya yang luar biasa indah, Disini kamu bisa melihat terumbu karang berwarna-warni yang begitu indah.

Serunya lagi, kamu bisa melihat kawanan ikan (feeding fish) yang akan mendekat jika kamu melepas remahan roti. What an amazing experience!

Selain snorkeling, kamu juga bisa mengeksplore daratan  mungilnya Gili Kedis. Jika berkeliling kamu akan butuh waktu 10 menit untuk bisa mengelilingi pulau ini. Cukup luas bukan? Dan pastinya banyak spot-spot menarik yang bisa kamu jadikan latar belakang fotomu yang keren!

Tips Wisata ke Gili Kedis


Letak Pelabuhan Tawun berjarak sekitar 2 Km dari jalan utama, bila kamu bingung tanyakan saja pada warga sekitar.


  • Gunakan Guide lokal Agar tidak Salah arah dan Tujuan serta tidak melanggar peraturan Desa.
  • Usahakan datang ke Pelabuhan Tawun di pagi hari.
  • Bawalah powerbang yang cukup, pasalnya tak ada sarana listrik
  • Bila ingin berkemah, siapkan dengan baik segala peralatan dan kebutuhan camping.
  • Bawalah logistik bahan makanan dan air minum. 
  • Agar tak berat, kamu dapat membeli air mineral dalam kemasan galon di sekitar Pelabuhan Tawun.
  • Untuk snorkeling kamu dapat menyewa alat di sekitar Pelabuhan Tawun, tanyakan saja pada pemilik kapal yang akan kamu sewa.

Penyewaan boat sudah include life jacket. Jangan lupa tanyakan sama boatmannya. Selain untuk safety, life jacket akan sangat bermanfaat bagi kamu yang belum mahir dalam snorkeling.
Sebelum menyeberang kamu juga bisa menyewa alat snorkeling pada boatmannya. Tarifnya berkisar 25.000 keatas.

Saat snorkeling, kamu bisa memberi roti agar ikan2 ini mengerubungi kami. Roti ini biasanya sudah dimasukkan dalam botol tinggal dipencet aja waktu snorkeling. Bisa dibeli saat masih di dermaga seharga 5000 perak ya.

Ada tiket masuk 10.000/orang ya. 5000 saat di Gili Kedis dan 5000 di Gili Nanggu.
Jaga kebersihan dengan mebuang sampah pada tempatnya.

Terima kasih sudah membaca postingan tentang wisata gili Kedis Lombok surga Kecil di Pulau Lombok, Jika bermanfaat silahkan share ke social anda dan selamat menikmati liburan ke Gili kedis Lombok.
Lebih baru Lebih lama