Wisata Gili Nanggu Lombok Sebuah Surga Tersembunyi


Hai Gengs, Ulasan Kali ini Lombok Terkini akan membahas tentang Wisata Gili Nanggu Lombok Sebuah Surga Tersembunyi . Kalau Kita membahas tentang tempat wisata di pulau Lombok memang tidak pernah ada habisnya. 

Salah satu tempat wisata di Lombok yaitu wisata Gili Nanggu Lombok. Wisata Gili Nanggu Lombok ini sudah banyak menarik perhatian para wisatawan lokal maupun manca Negara.

Wisata Gili Nanggu Lombok


Gili nanggu Lombok adalah 1 dari 11 gili yang tidak berpenghuni terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat. Diantara ke 11 tersebut yang sering banyak dikunjungi wisatawan adalah gili nanggu sebuah surga tersembunyi di pulau Lombok. Gili ini berdekatan dengan gili sundak, dan gili kedis.

Gili Nanggu Lombok adalah salah satu gugusan pulau kecil berpasir putih yang di huni ribuan jenis ikan, terumbu karang dan juga tak berpenghuni dari 11 pulau kecil lainnya yang ada di Sekotong Lombok Barat. Tempat ini lebih private karena hanya terdapat 1 penginapan jadi Anda akan lebih merasakan kehidupan pulau kecil.

Gili nanggu Lombok akan memanjakan Anda untuk menikmati keindahan pantai yang tersembunyi dengan keadaan pantai yang masih alami. Anda akan semakin menikmati suasan pantai yang tenang tanpa bising keramaian.

Tempat wisata Gili Nanggu Lombok sangat direkomendasi bagi Anda yang sedang menikmati honeymoon bersama pasangan anda.

Info Lokasi dan Rute Terbaik menuju Ke Gili Nanggu Lombok  


Wisata Gili Nanggu Lombok terletak di pesisir bagian Pulau Lombok. Pesisir tersebut lebih dikenal dengan nama Selat Lombok. Lokasi tepatnya wisata gili tersebut berada di Kecamatan Sekotong dan Kabupaten Lombok Barat.

Ada banyak cara yang ditawarkan menuju Pantai Gili Nanggu ini, yaitu apabila dari Mataram menuju desa Batu Kijuk sekitar kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan pribadi karena tidak tersedianya angkutan umum, Lalu menyebrang ke Gili Nanggu sekitar 20 menit

Berikut Gambaran Rute ke Gili Nanggu Lombok:


1. Melalui  Pelabuhan Lembar
Lembar merupakan pelabuhan ferry Bali – Lombok, jarak tempuh dari tempat ini cukup dekat sekitar 20 – 30 menit.

Jalur ini lebih banyak di tempuh oleh mereka yang akan menginap di Gili Nanggu Cottage karena disini tersedia perahu yang telah disediakan oleh pihak hotel, tapi bukan berarti yang tidak menginap tidak bisa menempuh jalur ini karena terdapat juga banyak public boat yang di kelola oleh masyarakat sekitar.

Untuk bisa mencapai Pelabuhan Lembar Anda bisa menggunakan jasa angkot, jika dari Mataram atau Senggigi naik angkot menuju terminal Mandalika, dari terminal ini menuju pelabuhan Lembar.

Tapi, jika datang dari bandara Anda menggunakan jasa damri dan berhenti di patung sapi Gerung, dari tempat ini naik angkot ke pelabuhan. Jalur ini banyak di tempuh oleh para backpacker karena lebih murah.

2. Melalui Pelabuhan Tanjung Kelor
Pelabuhan Tanjung Kelor Sekotong Barat, untuk bisa mencapai tempat ini  sedikit lebih jauh dari pelabuhan Lembar tapi kebanyakan pengunjung lebih banyak menempuh jalur ini karena pemandangan sepanjang perjalanan menuju sekotong sangat indah.

Untuk mencapai Sekotong ada baiknya menggunakan jasa travel dengan menyewa mobil karena tidak terdapat angkutan umum menuju tempat ini.

Alasan lainnya pengunjung  lebih banyak memilih tempat ini karena lebih terkesan pribadi dalam penggunaan perahu karena system carter.. Harga perahu yang di tawarkan sudah termasuk peralatan snorkeling seperti pin, pelampung dan masker serta touring ke 3 gili.

Harga Tiket Masuk dan Estimasi Biaya ke Gili Nanggu Lombok 


Tidak ada biaya tiket masuk untuk wisatawan hanya saja, untuk menyewa angkutan kapal yaitu 350.000 dan kapal tersebut bisa muat untuk 10 orang. Jadi itungannya hanya sekitar 35.000/orang (Harga Bisa berubah Tidak ada Salahnya Anda membawa Uang yang Cukup).

Dengan harga segitu, pengunjung bisa menikmati gili mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore, dan tidak hanya 1 gili saja, melainkan 3 gili sekaligus. Rute pertama yaitu gili nanggu, dan rute kedua adalah gili sundak, dan yang ketiga ke gili kedis.

Gili Nanggu Lombok adalah tempat untuk snorkeling dan penginapan, Gili Sundak Lombok adalah tempat untuk makan siang, (kulineran) dan Gili kedis Lombok adalah gili untuk selfie, karena gilinya sangat kecil dan yang kelihatan hanya pasir putih semua.

Berikut beberapa keuntungan Jika Anda Liburan Ke Gili Nanggu Lombok


1. Terasa Pulau Milik Pribadi

Pulau kecil yang tidak berpenghuni. Hanya ada sebuah penginapan sederhana untuk para wisatawan. Menjadikan Anda yang berkunjung ke pantai ini akan merasakan sensasi berlibur ke pulau pribadi. Dikarenakan masih belum banyak yang berkunjung kesini, akomodasi juga belum selengkap Gili Trawangan, Lombok.

Namun, hal ini yang menjadikan Gili Nanggu memberikan nuansa private karena masih terjaga keaslian dan keasrian pulaunya.

2. Keindahan Alami dan Ketenangan

Keindahan alam Pantai Nanggu masih alami. Pantai berpasir putih yang dihiasi dengan air laut yang masih berwarna biru jernih dan berombak serta berarus tenang mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. tidak hanya indah, pantai ini juga menawarkan ketenangan, dengan masih sedikitnya yang berkunjung ke pantai ini, dan tidak adanya penduduk yang lalu lalang, atau berjualan menjadikan Anda dapat bersantai tanpa khawatir diusik.

3. Memberi Makan Ikan

Kegiatan lainnya yang menyenangkan bagi para wisatawan di pantai ini adalah memberi makan ikan langsung dari tangan Anda. Oleh karena itu, para wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai ini sebaiknya membawa botol kosong dan roti.

Makanan ikan dapat dibuat dengan mengencerkan roti yang Anda bawa terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam botol kosong yang telah dilubangi, dan siap – siap ketika disemprotkan, maka ikan – ikan kecil akan menghampiri dan mengerubungi Anda. Rasakan pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupa memberi makan ikan secara langsung.

4. Keindahan Terumbu Karang
Bila dibandingkan dengan Gili Kedis, terumbu karang di Gili Kendis masih lebih indah dan bagus bila dibandingkan dengan Gili Nanggu. Namun bila dibandingkan dengan Gili Trawangan, terumbu karang di Gili Nanggu masih lebih baik dan terawat kondisinya, serta lebih indah.

5. Konservasi Penyu
Ternyata Gili Nanggu peduli dengan konservasi alam. Terbukti dengan sudah 11 tahun lamanya Gili Nanggu menjadi salah satu tempat konservasi penyu dan sudah kurang lebih 4500 telur penyu ditetaskan di pantai ini.

6. Pesona Matahari Tenggelam
Seolah pemandangan indah Gili Nanggu yang tidak ada habis – habisnya, ketika senja tiba, siap – siap ada satu hal lagi yang ditawarkan oleh Pantai Gili Nanggu yaitu keindahan pemandangan matahari terbenamnya. 

Terasa begitu romantis, apalagi bagi Anda yang sedang berlibur berdua pasangan dan menginap di cottage Gili Nanggu, makin terasa suasana intimnya.

7. Camping
Camping di pulau bisa menjadi aktifitas yang sangat menyenangkan, biasanya camping dalam system grup dari kalangan mahasiswa atau juga para kariawan perusahaan. Bisanya aktifitas ini di lakukan di Gili Nanggu dan Sudak.

Tetapi Anda harus dapat izin dulu pihak desa setempat.

8. Kayaking
Aktifitas kayaking juga biasanya di lakukan di Gili Sudak, karena ombaknya yang begitu tenang dan dangkal siapa pun pasti mau mencobanya. Anda dapat menyewa kayak yang di lengkapi dengan live jaket di depan penginapan Gili Sudak.

9. Memancing
Aktifitas yang satu ini tidak boleh di lakukan di sekitar Nanggu, Sudak dan Kedis karena ke 3 temapt ini di jadikan kawasan konservasi karang dan penyu. 

Bisanya memancing di lakukan di sekitaran pulau lain, biota laut yang masih terjaga membuat ikan-ikan di sekitran Sekotong sangat berlimpah dari jumlah dan juga ukuran.

10. Snorkeling
Pusat snorkeling di Gili Nanggu berada di bagian timur pulau dimana kebanyakan perahu berlabuh, salah satu yang pasti membuat Anda kagum ketika snorkeling di bagian ini adalah ikan badai yaitu sekumpulan ikan baronang yang berjumlah ribuan berputar-putar sehingga ia terlihat seperti badai.

8. Diving
Diving merupakan daya tarik yang di miliki dari pulau-pulau tersebut, airnya yang sangat tenang yang hampir tidak berombak bahkan serasa di danau, dapat Anda nikmati mulai dari menaiki perahu dan kejernihan air lautnya hingga Anda dapat melihat dasar laut, merupakan nilai lebih dari kawasan ini.

Ooops Tidak Hanya itu yang bias anda dapatkan saat liburan ke gili nanggu Lombok. Diantaranya anda bias menjelajah 3 Gili Populer sekaligus.

Berikut 3 Gili Yang Bisa anda jelajah saat liburan ke Gili Nanggu Lombok:


1. Gili Layar – Hamparan Karang Biru Memanjakan Mata
Gili Layar berada di bagian paling ujung dari 10 gili lainnya pulau ini di penuhi beragam jenis terumbu karang dan salah satu yang terkenal adalah “blue coral” yang hanya dapat di jumpai di 2 tempat di dunia yaitu di laut Caribbean dan Lombok.

Tidak ada yang dapat Anda jumpai di daratnnya selain hamparan rimbun, tapi hanya beberpa meter dari bibir pantainya anda pasti kagum dengan ke hidupan bawah lautnya yang begitu terjaga, tempat ini hanya di kunjungi untuk snorkeling dan diving.

2. Gili Sudak – Temapat Asyik Menikmati Makan Siang
Gili sudak berada di bagian utara, biasanya pulau ini di kunjungi setelah wisatawan puas snorkeling di Gili Nanggu. Di tempat ini terdapat 1 restaurant dan juga penginapan dan beberapa warung kecil, jadi untuk makan siang lebih baik di pulau ini.

Anda dapat menikmati makanan di pinggir pantainya yang berombak tenang sambil menikmati pemandangan perbukitan yang hijau.

3. Gili Kedis – Pulau Berbentuk Lambang Cinta
Gili kedis biasanya di kunjungi dalam perjalanan pulang, pulau kecil ini memiliki keunikan dari segi bentuk yang mirip dengan lambang cinta, di pinggir pantainya terdapat bebatuan yang berbentuk paluh sehingga air laut yang masuk ke bebatuan ini terlihat seperti aliran sungai.

Tips Saat Liburan Ke Pantai Gili Nanggu Lombok :


Jika Anda memilih melalui jalur Sekotong, sebaiknya tour Anda di mulai sekitar jam 8 atau 9 dari pelabuhan, karena tour biasanya akan mengunjungi lebih dari 1 pulau, sebaiknya komunikasikan dengan travel agent pilihan Anda.

1. Rencanakan Pulau mana saja yang akan Anda kunjungi selain Nanggu, karena banyak traveler juga mengunjungi 3-5 pulau dalam sekali tour.

2. Kami sangat merekomendasikan Anda mengunjungi Gili Layar yang kaya dengan karang dan biota lautnya yang belum terjamah.

3. Tour biasanya tidak termasuk makan siang, karena restaurant hanya terdapat di Gili Sudak, sebaiknya Anda membawa air minum dan bekal yang cukup.

4. Jangan lupakan roti, selain Anda bisa konsumsi sendiri, roti juga dapat menjadi makanan ikan disaat snorkeling dan membuat Anda di gerumuni ikan.

5. Jangan pernah menginjak karang di saat snorkeling, selain merusak rumah ikan pertumbuhan karang juga sangat lamban hanya 0,1 cm dalam 1 tahun.


Terima kasih sudah membaca postingan tentang wisata gili nanggu lombok sebuah surga tersembunyi, Jika bermanfaat silahkan share ke social anda dan selamat menikmati liburan ke Gili Nanggu.
Lebih baru Lebih lama