Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop (Tutorial Lengkap)

DAFTAR Isi : Tampilkan

Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop

Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop
- Bitcoin merupakan sebuah mata uang digital atau cryptocurrency yang memiliki nilai tukar yang tinggi. Misalnya pada Bulan February 2021 Nilai tukar 1 bitcoin tembus diangka 600 Juta/1 BTC. Siapa yang tidak tergiur dengan angka ini, oleh karena itu kita akan membahas cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop Lengkap dengan Aplikasi yang dibutuhkan untuk memanmbang bitcoin di laptop.


Bahasan Pokok Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop :

  1. Apa Itu Bitcoin?
  2. Penggunaan Bitcoin Di Indonesia
  3. Jenis - Jenis bitcoin
  4. Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin
  5. Perbedaan Transaksi Bitcoin dengan Transaksi Rupiah
  6. Aplikasi Penambang Bitcoin di Laptop
  7. Spek Laptop Untuk Nambang Bitcoin
  8. Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop


Masa era digital ini banyak orang mulai tertarik dengan bitcoin. Memiliki bitcoin ternyata bisa mendapatkan keuntungan besar. Namun untuk mendapatkan bitcoin tentunya tidaklah mudah. 


Bagi Kamu yang tertarik dengan bitcoin pasti bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkannya? Ya, salah satunya dengan menambang bitcoin. Namun jangan bayangkan Kamu berada di bawah tanah lengkap dengan helm dan peralatan tambang untuk mendapatkan bitcoin ya.


Kali ini kami akan memberikan informasi terkait cara menambang bitcoin dengan laptop, mulai dari apa itu bitcoin sampai dengan pembahasan lengkap dan tutorial bagaiaman cara menambang bitcoin di laptop dengan mudah.


Apa Itu Bitcoin?

Beberapa tahun belakangan, popularitas Bitcoin tengah naik daun dan jadi perbincangan banyak orang. Bitcoin merupakan contoh cryptocurrency atau mata uang digital. Di era digital seperti sekarang, menggunakan mata uang digital dalam berbagai transaksi virtual menjadi sesuatu yang lumrah.


Bahkan, tidak sedikit orang yang menaruh minat investasi pada cryptocurrency. Meski investasi ini menghasilkan, tetap ada rambu-rambu yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mata uang digital. Yuk, kenali lebih dulu apa itu cryptocurrency dalam dunia finansial.


Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Sandi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini. 


Kata “cryptocurrency” berasal dari gabungan dua kata, yaitu “cryptography” yang mempunyai arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang. Konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Ketika itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak lawan.


Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi. Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer. 


Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan cryptocurrency. Penambang cryptocurrency adalah mencatat transaksi ini dan memperoleh komisi berupa uang digital yang bisa dipakai. 


Penggunaan Bitcoin Di Indonesia

Keberadaan cryptocurrency serta virtual currency lainnya memang sudah mulai mendapatkan lampu hijau dari Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas. Namun BI dan OJK masih melarang bitcoin dan cryptocurrency lainnya digunakan sebagai media pembayaran yang sah di Indonesia.


Jenis - Jenis Bitcoin

Meski crpytocurrency sudah dikembangkan sejak tahun 1990-an, baru sekitar 10 tahun terakhir dikenal masyarakat global. Beberapa jenis cryptocurrency yang sering digunakan antara lain Litecoin, Ethereum, Monero, Ripple, dan tentu saja Bitcoin. Saat ini ada lebih dari 1.000 cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia.


Namun, Bitcoin termasuk dalam daftar teratas mata uang digital yang paling banyak digunakan. Sang pencipta, Satoshi Nakamoto, hanya menciptakan bitcoin hingga 21 juta koin sesuai protokol yang sudah disepakati. Para ahli memperkirakan, jumlah tersebut tidak akan habis ditambang sampai tahun 2140. Kamu bisa melakukan transaksi bitcoin melalui perangkat komputer saja, tanpa melalui bank atau lembaga keuangan. 


Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin (Cryptocurrency)

Lalu, apakah berinvestasi cryptocurrency cukup aman? Sebelum kamu menilainya, berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan investasi cryptocurrency.


Kelebihan Bitcoin

  • Potensi kenaikan harga tinggi di masa mendatang.
  • Teknologi blockchain membuat proses pembayaran mata uang digital berlangsung cepat, aman, dan mudah.
  • Menghindari pemalsuan uang karena sistem blockchain tidak memungkinkan mata uang sama melakukan dua transaksi berbeda.
  • Keamanan data pribadi, kamu bisa melakukan transaksi keuangan tanpa perlu menampilkan identitas asli.


Kekurangan Bitcoin

  • Risiko pelanggaran hukum karena regulasi pemerintah yang melarang keberadaan cryptocurrency.
  • Volatilitas tinggi, yaitu kondisi ketika nilai mata uang tiba-tiba mengalami kenaikan atau penurunan nilai secara drastis dan dalam waktu cepat.
  • Sulit memprediksi nilai mata uang di masa depan, sehingga potensi kerugian lebih besar. Kadang nilai tukar mata uang digital ini juga terlampau tinggi.
  • Lupa wallet key atau kunci dompet digital. Berinvestasi dengan cryptocurrency mengharuskan kamu mempunyai dompet digital. 
  • Lupa password atau pin masuk dompet digital bisa jadi petaka dalam penyimpanan uang digital tersebut.


Lebih lanjut, ada sistem blockchain yang membuat transaksi mata uang digital ini berlangsung aman. Blockchain menyerupai buku besar yang melakukan pencatatan pada setiap aktivitas transaksi dalam sistem yang bekerja secara desentralisasi, valid, dan minim kesalahan. Skema ini memunculkan penilaian bahwa transaksi mata uang digital lebih mudah, aman, dan praktis daripada sistem perbankan konvensional.


Berapa Nilai Tukar 1 BTC ke Rupiah?

Nilai jual Bitcoin bervariasi tergantung jenis. The Bitcoin Cash adalah mata uang dalam tidak ada negara. Dengan Rupiah Indonesia adalah mata uang dalam Indonesia (ID, IDN). Dengan Rupiah Indonesia juga dikenal sebagai Rp. Simbol untuk BCH dapat ditulis BCH. 


Simbol untuk IDR dapat ditulis Rp. Dengan Rupiah Indonesia dibagi menjadi 100 sen. Nilai tukar untuk the Bitcoin Cash terakhir diperbaharui pada 9 Februari 2021 dari coinmarketcap.com. Nilai tukar untuk dengan Rupiah Indonesia terakhir diperbaharui pada 9 Februari 2021 dari MSN. Itu BCH Faktor konversi memiliki 15 signifikan digit. Itu IDR Faktor konversi memiliki 4 signifikan digit per februari 2021 1 BTC = Rp.620.000.000.


Perbedaan Transaksi Bitcoin dengan Transaksi Rupiah

Sebelum membahas cara mining bitcoin mari kita ulas hal penting berikut ini. Apa itu bitcoin? Bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency atau mata uang kripto yang berada di jaringan blockchain bitcoin.


Sistem transaksi bitcoin dengan keuangan konvensional berbeda. Ketika Kamu hendak melakukan transaksi dengan kartu kredit, maka perusahaan kartu kredit yang Kamu gunakan akan memverifikasi serta mencatat transaksi yang Kamu lakukan bukan?


Namun ketika Kamu melakukan transaksi menggunakan bitcoin, tidak ada pihak ketiga yang memverifikasi transaksi yang Kamu lakukan. Berbeda dengan sistem keuangan konvensional, transaksi bitcoin akan diverifikasi oleh para bitcoin miner atau penambang bitcoin yang berada di bitcoin blockchain.


Bagaimana Cara Penambang (Miner) Mendapat Bitcoin?

Apakah Kamu sudah bisa menebak apa yang dimaksud dengan mining bitcoin atau menambang bitcoin? Sebenarnya penjelasan di atas sudah bisa menjelaskan maksud dari mining bitcoin.


Mari simak penjelasan berikut, penambangan bitcoin adalah proses verifikasi transaksi bitcoin sekaligus proses menciptakan bitcoin baru. Lho kok bisa?


Sebenarnya yang kami sebut dengan bitcoin miner adalah komputer yang dioperasikan oleh penambang bitcoin tersebut. Lantas siapa yang bisa bertindak sebagai pencatat transaksi bitcoin atau bitcoin miner? Siapapun saja yang berada di jaringan blockchain bitcoin bisa bertindak sebagai pencatat transaksi.


Pihak-pihak yang bertindak sebagai pencatat transaksi tersebut akan menjalankan sebuah program komputer yang sama. Program tersebut akan membentuk jaringan peer to peer.


Kemudian informasi yang tercatat tersebut nantinya akan di sebar ke seluruh jaringan blockchain bitcoin. Transaksi yang terjadi akan dikelompokkan ke dalam blok-blok yang berbeda. Kemudian bitcoin miner harus menebak beberapa karakter.


Karakter ini disebut dengan hash yang dimiliki setiap blok. Setiap blok memiliki hash dari blok sebelumnya. Selain itu blok tadi juga memiliki hash baru yang harus ditebak oleh penambang bitcoin.


Setelah hash bisa dipecahkan, maka si penambang bisa menambahkan blok ke dalam chain. Proses pemecahan in sering disebut dengan proof of work. Inilah yang menjadi fitur keamanan paling vital dari Bitcoin.


Dengan memasukkan hash yang berasal dari blok sebelumnya, para Bitcoin miner lainnya yang berada pada jaringan bisa memverifikasi transaksi yang berada dalam blok memang benar datang setelah transaksi yang terjadi pada blok sebelumnya.


Koleksi blok-blok yang terdapat dalam rantai urutan inilah yang sering disebut dengan rantai blok maupun blockchain. Inilah alasan dibalik transaksi bitcoin sangat aman meski tidak melibatkan pihak ketiga misalnya saja bank.


Macam-Macam Cara Menambang Bitcoin di Laptop

Bagaimana, makin tertarik untuk menambang bitcoin? Sebelum mulai menambang, ternyata ada tiga jenis penambangan bitcoin.


1. Pool Mining

Pada saat ini semakin banyak orang yang ingin memasuki dunia pertambangan cryptocurrency. Saingan pun bertambah banyak dengan munculnya perusahaan besar yang juga memiliki pertambangan Bitcoin yang cukup besar.


Bagi Kamu yang tidak ingin bergabung dengan afiliasi perusahaan manapun bisa mencoba mining pool. Mining pool merupakan pendekatan penambangan dimana ada sekelompok gabungan penambang yang saling berbagi sumber daya komputasi melalui jaringan.


Setiap miner menyumbangkan kekuatan dalam proses menemukan blok yang baru. Jika kumpulan miners ini berhasil dalam memecahkan hash dan menemukan blok baru, maka reward tersebut akan dibagi. Pembagian ini didasarkan oleh proporsi kekuatan pemrosesan yang dilakukan setiap miner.


2. Cloud Mining

Pilihan kedua untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan cloud mining. Cara ini bisa Kamu lakukan jika tidak ingin membeli serta mengelola hardware, software maupun keperluan lainya sendiri. Yang dimaksud cloud mining di sini adalah proses pembelian CPU power yang berasal dari data center.


Kamu bisa menyerahkan semua proses penambangan kepada provider cloud mining. Karena Kamu menggunakan pihak ketiga tentunya akan mengurangi total keuntungan. Ada banyak layanan cloud mining yang bisa dicoba kok.


3. Solo Mining

Jenis mining bitcoin ini jika Kamu tidak berkenan untuk membagi hasil bitcoin dengan penambang lain. Tenang, Kamu masih bisa menambangnya sendiri kok.


Kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal namun perlu diketahui bahwa biaya menambang solo ini tidak murah. Kamu harus menyiapkan dana yang cukup banyak untuk menyediakan peralatan sendiri misalnya PC, kartu grafis, hard drive, motherboard, RAM dan lainnya.


Selain itu, Kamu juga harus menyiapkan daya listrik yang cukup besar. Kamu juga harus mampu memecahkan algoritma matematika yang rumit. Namun solo mining ini tidak disarankan bagi pemula.


Aplikasi Penambang Bitcoin di Laptop

1. CGMiner

CGMiner untuk sementara waktu adalah merupakan software penambang bitcoin yang masih menjadi pilihan yang kuat. Dengan sejumlah besar fitur dan dukungan komunitas aktif, ini adalah perangkat lunak penambangan Bitcoin terbaik di luar sana yang perlu Anda coba pertama kali.


2. MultiMiner

MultiMiner mungkin bisa disebut sebagai software penambang bitcoin yang yang paling mudah digunakan, MultiMiner adalah aplikasi desktop yang penuh dengan fitur. Tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux, MultiMiner memungkinkan Kamu  untuk beralih ke perangkat penambangan (mis. ASICs, FPGAs) antara berbagai cryptocurrency (mis. Litecoin, Bitcoin) tanpa usaha apa pun. 


Ini menggunakan mesin penambangan yang mendasari untuk mendeteksi perangkat keras penambangan yang tersedia dan memungkinkan Anda memilih koin yang ingin Anda tambang. MultiMiner memiliki banyak fitur canggih seperti deteksi otomatis perangkat jaringan, serta kemampuan untuk memonitor dan mengontrol jarak jauh rig MultiMiner lainnya.


3. BFGMiner

BFGMiner memiliki strata built-in dan getwork server proxy, dan kodenya yang sangat berulir membagikan pengambilan pekerjaan dan penyerahan pekerjaan ke thread terpisah, sehingga layanan yang bekerja tidak terhalang. Program ini mendukung protokol penambangan desentralisasi ‘getblocktemplate’ (tanpa proxy), dan dapat menghasilkan karya sebelum melakukan pekerjaan yang sudah ada. 


BFGMiner hadir dengan thread pengawal yang dapat merestart idle thread, tetapi tidak menabrak mesin jika gagal merespons. Ini menampilkan statistik data yang diringkas dan terpisah dari permintaan, penerimaan, penolakan, kesalahan, dan efisiensi dan utilitas. Jika ada dukungan perangkat keras, program dapat memonitor suhu perangkat.


4. BitMinter

BitMinter adalah solusi terbaik jika Anda mencari perangkat lunak atau software penambangan Bitcoin lintas-platform yang benar-benar bekerja secara lancar. Kompatibel dengan Windows, Mac OS X dan Linux, BitMinter client didasarkan pada Java Network Launch Protocol (JNLP) dan tidak memerlukan instalasi. Program ini memiliki Graphical User Interface (GUI) live yang sangat mudah dimengerti. 


5. Miner-Server

Ketika Anda mulai dengan Miner-Server, Kamu  bergabung dengan kumpulan penambangan yang juga memiliki pengguna lain, sehingga pembayaran dibagi antara semua peserta. Layanan ini menawarkan banyak paket, dengan harga dasar hanya $0,14. 


Berdasarkan paket yang Kamu  pilih, Kamu  bisa mendapatkan daya hashing mulai dari 250GH/s hingga 600.000GH/s. Semua paket memiliki durasi satu tahun, dan Kamu dapat memeriksa penghasilan dan detail lainnya kapan saja dengan masuk ke akun Anda.


6. EasyMiner

EasyMiner adalah perangkat lunak penambangan open-source grafis yang memungkinkan kamu menambang Bitcoin, Litecoin, dan mata uang digital lainnya. Ini mendukung minerd, cudaminer, ccminer, cgminer, dan penambangan ASIC untuk Bitcoin. EasyMaker hadir dengan mode “Moneymaker” khusus, yang didedikasikan untuk menambang LTC pada lapisan strata sendiri. 


Spek Laptop Untuk kebutuhan Menambang Bitcoin

Saat ini sudah cara untuk mining bitcoin dengan mudah, bahkan sekarang hp Android pun bisa dipakai untuk melakukan penambangan hanya menekan satu tombol saja. Jika dulu proses mining ini membutuhkan spek PC yang cukup tinggi dan khusus, sekarang pengguna bisa melakukan Nambang Bitcoin hanya dengan menggunakan laptop. Namun, laptop untuk mining ini pun harus disesuaikan dengan kebutuhan karena memang saat proses penambangan dibutuhkan beberapa komponen yang tangguh.


Berikut ini Contoh Minimal Spek laptop Untuk Menambang Bitcoin, Laptop untuk menambang bitcoin bisa menggunakan ZenBook UX330UA. Laptop ini cukup kuat untuk menunjang kegiatan menambang bitcoin karena dibekali kekuatan prosesor Intel Core i5 yang cukup cepat. Performanya akan semakin kencang dengan tambahan RAM 8GB, serta kapasitas penyimpanan berupa SSD 256GB. Untuk grafisnya masih menggunakan Intel HD, namun masih bisa menyiasati penggunaan software mining sebagai alternatifnya. 


Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop

Jadi, mungkin kamu sudah siap untuk memulai cara menambang Bitcoin dengan Laptop? Ada beberapa hal yang kamu harus punya sebelum memulai. Setidaknya satu rig (perangkat hardware pengganti CPU atau GPU yang mampu untuk mengolah data penambangan dengan lebih cepat dan maksimal) penambangan Bitcoin di Laptop menggunakan BitMiner


Kebutuhan Menambang Bitcoin Dengan Laptop : 

  1. Aplikasi Penambangan Menggunakan BitMiner 
  2. Menggunakan jenis Mining Pool
  3. Dompet digital untuk menyimpan Bitcoin yang kamu dapatkan
  4. Laptop / Komputer yang terkoneksi internet


Cara Menambang Bitcoin dengan Laptop :

  1. Langkah Pertama Buka Bitminer.com
  2. Langkah Selanjutnya Klik Join pada Menu Web Bitminer 
  3. Buat Akun yang Valid dan Benar jangan lupa dicatat
  4. Setelah berhasil membuat Akun, Login ke akun dan Pergi Ke Menu TOOls > Third Party Apps > Latest (Auto Update) Tunggu Hingga Proses Download BitMiner Selesai
  5. Langkah Selanjutnya adalah melakukan Instalasi BitMiner
  6. Setelah proses Instalasi Selesai, Silahkan Buka Aplikasi BitMiner
  7. Kemudian Klik Engine Start Pada Aplikasi BitMiner
  8. Isi User name dan Password menggunakan Akun yang sudah didaftar tadi
  9. Setelah berhasil Login, Aplikasi BitMiner Langsung Akan melakukan Proses Menambang Bitcoin
  10. jangan kaget Kalau Kipas atau fan Laptop Kamu Bunyinya Keras itu tandanya Proses Menambang berjalan


Untuk mendapat Hasil yang Lumayan kamu harus melakukan Full Time Sebulan. Untuk mengecheck hasilnya Pergi Ke Link Bitminer.com/member. Gimana Mudahkan?


Penutup

Terima kasih sudah menyimak artikel tentang Cara menambang Bitcoin dengan Laptop. Semoga artikel ini membantu kamu dalam melakukan Mining bitcoin di Laptop.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama