Kisah Inspirasi : Bule Sang Penyelamat Anak-Anak Jalanan di Lombok

DAFTAR Isi : Tampilkan

Apakah anda tahu apa yang telah dilakukan Bule Ini kepada anak-anak jalanan dan terlantar di Lombok? Yuk Simak Kisah Inspiratifnya.


Chaim fetter Sang penyelamat Anak terlantar di Lombok
Chaim Fetter Sang Penyelamat Anak Terlantar di Lombok


Bule ini bernama Chaim Fetter, ia berasal dari Belanda. Pada tahun 2004, Chaim mendatangi Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan tujuan untuk berlibur. Chaim mengaku terpesona dengan keindahan alam Lombok.


Chaim masih di sana dengan rencana liburannya, dan satu hari di saat hari liburnya di Lombok, Chaim didatangi oleh salah satu anak jalanan dan dimintai uang. Chaim tidak mau memberikan uang kepada anak jalanan tersebut. Karena menurut Chaim memberikan uang kepada anak jalanan tidak akan membantu hidup mereka. Chaim bertanya kepada anak itu ''apakah kamu mau sekolah?'' Pertanyaan tersebut dijawab ya oleh anak jalanan yang ia temui.


Chaim berinisiatif membawa anak jalanan itu ke sekolah terdekat. Namun, pihak sekolah menolak, dan Chaim diberitahu pihak sekolah, jika ia mau memasukkan anak-anak untuk sekolah harus ada biayanya. Chaim sedih mendengar itu, di negara asalnya, anak-anak bisa gratis ke sekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi, dan negaranya juga menindak tegas orang tua yang menelantarkan anak-anaknya.


Tanpa berpikir panjang, Chaim memutuskan untuk membiayai anak jalanan itu, dari biaya pendidikan, buku dan kebutuhan sehari hari. Chaim menitipkan anak itu kepada salah satu guru di sekolah karena Chaim tau, masalah anak itu bukan hanya masalah sekolah, namun juga masalah tempat tinggal. Chaim kembali ke Belanda, dan ia masih berkomunikasi dengan guru itu untuk mengetahui kondisi anak jalanan yang ia titipkan.


Di Belanda, Chaim tetap saja memikirkan kondisi anak-anak jalanan yang sering ia temui di Lombok, berpikir untuk menemukan jalan keluar bagi kehidupan anak jalanan di Lombok. Chaim memutuskan untuk menjual perusahaannya di Belanda dan kembali ke Indonesia tepatnya ke Lombok NTB.


Tahun 2005, Chaim Fetter kembali ke Indonesia dan tahun 2006 ia mendirikan yayasan Peduli Anak


Yayasan Peduli Anak didedikasi untuk memberikan perawatan seperti keluarga, pendidikan, perawatan keluarga di rumah, perawatan medis, dan dukungan hukum kepada ribuan anak yang kurang mampu, terlantar, dan dilecehkan. 


Tahun 2015, sudah 200 anak yang di rawat dan diberi pendidikan oleh Yayasan Peduli Anak.


Terima kasih Chaim Fetter dan orang-orang baik di luar sana. mungkin ada beberapa dari kita akan berpikir "bagi seoarang Chaim Fetter sudah bukanlah hal yang sulit untuknya melakukan kebaikan, ia memiliki perusahaan dan ia memiliki banyak uang".


Mungkin hal tersebut ada benarnya, walaupun tidak sulit bagi Chaim melakukannya, namun bukanlah menjadi hal yang mudah untuk ia pertimbangkan, ia harus meninggalkan kenyamanannya hanya untuk kemajuan anak-anak jalanan di Lombok. 


Tentang Penulis :

  • Ditulis Oleh : Meli Anu Nababan
  • Via Quora

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama