Ini Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan Sesuai Sunnah

DAFTAR Isi : Tampilkan
Ini Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan Sesuai Sunnah
Ini Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan Sesuai Sunnah

Doa menyambut Ramadhan patut dibaca oleh seorang Muslim sebagai bentuk syukur masih diberi kesempatan bertemu bulan suci untuk melaksanakan ibadah puasa.  


Sesuai kalender yang dikeluarkan Lembaga Falakiyah PBNU maupun Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah menyebutkan, awal puasa Ramadhan 1442 Hijriah mulai 13 April 2021.


Meski demikian, Muslim dianjurkan menunggu keputusan Pemerintah melalui Kementerian Agama yang baru akan melakukan sidang istbat atau penetapan awal Ramadhan pada 12 April 2021 petang. Menyambut Bulan Ramadhan, Muslim perlu menyiapkan diri baik fisik maupun mental. Sebab, selama Ramadhan, Muslim akan ditempa dengan beragam ibadah yang pahalanya berlipat ganda.


Sebagai bentuk syukur kedatangan tamu istimewa yakni Bulan Ramadhan, Muslim dianjurkan untuk berdoa. Berikut doa menyambut Ramadhan yang penuh barokah dan maghfiroh dikutip dari laman pecihitam.org:


Do'a Pertama. Doa ini dibaca satu hari sebelum bulan Ramadhan 

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً 

Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan 

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” 


Doa Kedua, Ada juga doa menyambut Ramadan, sebagaimana dikutip oleh Imam Nawawi. Dibaca setelah melihat hilal bulan Ramadhan. 

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ 

Allahumma ahillaahu 'alaina bilamni wal iimaani, wasalaamati wal islaami wattaufiiqi limaa nuhibbu wa tardhii robbana wa robbukallahu. 

Artinya: “Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad) 


Doa ketiga, Doa ini biasa dibaca Muslim saat Bulan Rajab dan Syaban yang ingin dipertemukan dengan Ramadhan.

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ 

Allahumma baariklanaa fii rajaba wasya'baana waballighna ramadhoona 

Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.

Selain memanjatkan doa, Muslim juga dianjurkan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan. Bukan sebaliknya merasa sedih. Sebab, Bulan Ramadhan merupakan ladang pahala. Rais Syuriah PBNU Dr KH Zakky Mubarak mengatakan, dalam bulan Ramadhan setiap muslim akan mendapat kemudahan-kemudahan untuk melakukan ibadah. 

Dalam bulan itu manusia beriman digembirakan dengan balasan yang sangat sempurna di akhirat. Sebaliknya terhadap perbuatan yang tidak baik, seorang muslim akan merasakan berat untuk melaksanakannya, karena dosanya bisa berlipat ganda pula. 

Dari Abu Hurairah r.a. menuturkan,“Rasulullah s.a.w. bersabda, “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. 

Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun”. (Hadis Shahih, Riwayat al-Nasa`i: 2079 dan Ahmad: 8631. 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang agung dan luhur, seorang muslim senantiasa meningkatkan amal dan ibadahnya dengan penuh suka cita.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama