Nama-Nama dan Jenis Ikan Cupang Beserta Gambarnya

DAFTAR Isi : Tampilkan

Nama-Nama Jenis Ikan Cupang Beserta Gambarnya - Ikan cupang adalah sebuah ikan hias populer yang banyak dipelihara oleh penggemar ikan hias khususnya di Indonesia. Ada banyak sekali Jenis ikan cupang serta nama-nama ikan cupang, jika diulas semua maka tidak akan ada habisnya. Kami akan membagikanmu nama ikan cupang beserta gambarnya.


Ikan cupang sendiri adalah sebuah ikan hias yang memiliki ciri-ciri yang sangat mencolok seperti berwarna terang dengan sirip dan ekor yang sangat cantik. Mungkin itulah alasan kenapa banyak sekali orang yang suka memelihara ikan cuang sebagai Ikan hias, Ikut lomba maupun untuk Aduan. Harga ikan cupangpun kini sangat tergolong mahal Mulai dari puluhan ribu samapi ratusan Juta tergantng jenis ikan cupang tersebut. 


Mungkin bagi sebagian orang hanya mengenal beberapa jenis Ikan cupang saja dan hanya sebagian orang yang tau persis nama-nama ikan cupang. Hal tersebut tidaklah aneh karena ada banyak sekali Macam-Macam ikan cupang baik ikan cupang hias ataupun lainnya. Biasanya pemula hanya tau dua jenis ikan cupang yaitu Slayer ya kalau tidak ya Cupang aduan. 


Selain cantik dan memiliki banyak pilihan jenis, Ikan cupang juga tergolong ke Ikan hias peliharaan yang tidaklah rumit. kita akan bahas juga nantinya Cara merawat ikan cupang agar cantik dan mahal tapi kali ini kita akan bahas tentang Nama-Nama Ikan Cupang lengkap dengan Gambarnya. Kalau kamu belum tau, Ikan cupang tersebar Luas di seluruh Asia tenggara seperti Singapore, Brunei, Thailand, Vietnam dan Indonesia. 


Nama dan Jenis Ikan Cupang
Nama dan Jenis Ikan Cupang beserta Gambarnya


Nama-Nama Ikan Cupang Beserta Gambarnya

Kali ini kami akan memberikan Daftar ulasan lengkap tentang jenis-jenis dan Nama Ikan cupang yang mungkin kamu cari. Yuk simak langsung berikut ini Nama-Nama ikan cupang beserta gambarnya:


  • Ikan Cupang Blue Rim

Gambar Ikan Cupang Blue Rim
Gambar Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang Blue Rim adalah sebuah ikan cupang yang sangat cantik dengan kombinasi warna yang unik serta terdapat juga warna biru pada bagian sirip dan Ekornya. Ikan cupang Blue Rim sangat digemari. Harga ikan ini mulai dari 300 Ribu sampai dengan 1 Juta. 


  • Ikan Cupang Samurai

Gambar Ikan Cupang Samurai
Gambar Ikan Cupang Samurai

Ikan cupang ini memilki ciri khas dengan warna hitam perak menyala. Ikan cupang samurai memiliki beberapa jenis juga tetapi dengan bentuk yang sedikit berbeda. Ikan cupang samurai sangat cocok dipelihara sebagai ikan hias. 


  • Ikan Cupang Nemo

Gambar Ikan Cupang Nemo
Gambar Ikan Cupang Nemo

Ikan cupang ini termasuk ikan hias yang dilindungi karena sudah langka. Ikan cupang yang satu ini memiliki berbagai kombinasi warna yang ciamik dan keren. Ikan cupang nemo adalah salah satu ikan cupang yang dapat dijadikan ikan hias peliharaan serta aduan dan Lomba.


  • Ikan Cupang Koi

Gambar Ikan Cupang Koi
Gambar Ikan Cupang Koi

Jenis ikan cupang ini sangat mirip dengan ikan koi nmun ukurannya kecil. Kombinasi warna dasar pada ikan Cupang Koi yaitu Merah dan Putih dengan sirip dan ekor yang transparan.


  • Cupang Red Dragon

Gambar Cupang Red Dragon
Gambar Cupang Red Dragon

Ikan cupang red dragon adalah salah ikan cupang aduan atau petarung yang handal. Selain sebagai ikan petarung ikan cupang Red dragon juga sangat cocok untuk dipelihara dan menjadi ikan hias dengan Warna merah tua menyala dang ekor yang sirip yang sangat menakjubkan. 


  • Ikan Cupang Avatar

Gambar Ikan Cupang Avatar
Gambar Ikan Cupang Avatar

Ikan cupang avatar adalah sebuah ikan hias yang terinspirasi dari tokoh film anime kartun yaitu avatar. Ikan cupang ini memilki kombinasi warna yaitu Biru dan hitam menyala. Ikan cupang avatar sangat keren sekali jika dipelihara diakuarium.


Sebenarnya masih banyak sekali nama-nama ikan cupang yang populer dikalangan pecinta ikan cupang, namun kami akan membahas lengkap nama-nama serta jenis ikan cupang bbeserta gambarnya pada pembahasan berikut. 


Jenis-Jenis Ikan Cupang Lengkap Dengan Gambarnya

kami membahas tentang Jenis-jenis ikan cupang karena banyak yang mencarinya serta kami buat khusus untuk kamu yang ingin mengenal Ikan cupang lebih jauh baik dari Jenisnya, Ciri-cirinya serta cara merawatnya. Buat kamu yang sedang mencari ikan hias jenis cupang, kami akan memberikan referensi berbagai jenis ikan cupang yang mudah dipelihara tentunya. 


Jika kamu senang memelihara, Ikan cupang sangat cocok untuk kamu rawat dan pelihara sebagai ikan hiasmu di akuarium rumah. Kalau kamu tertarik memelihara dan membeli ikan Cupang, Yuk simak ulasan tentang Jenis-jenis ikan Cupang berikut ini: 


  • Ikan Cupang Halfmoon

Gambar Ikan Cupang Halfmoon
Gambar Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang hafmoon banyak sekali ditemukan di Indonesia dan dipelihara. karena banyak peminatnya dan udah dalam perwatannya sehingga ikan ini banyak dijual. Dinamakan ikan cupang Halfmoon karena berdasarkan Ciri-cirinya dengan Ekor setengah lingkaran atau Bulan Setengah. Ikan cupang ini memiliki banyak jenis dan warna tapi tetap dengan ciri-ciri yang sama.


  • Ikan Cupang Serit 

Gambar Ikan Cupang Serit
Gambar Ikan Cupang Serit

Ikan cupang serit atau dalam bahasa gaul memiliki nama Crown Tail memilki ciri-ciri sesuai Namanya yaitu dengan desain Ekor yang menyerupai Mahkota. Ikan cupang serit bisa dibilang masuk dala daftar nama-nama ikan cupang termahal dan sangat laku keras dipasaran karena Ikan ini cantik dan langka. 


  • Double Tail

Gambar Ikan Cupang Double Tail
Gambar Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang Double tail adalah salah satu jenis ikan cupang yang langka. Persis seperti namanya ikan ini memilki bentuk ekor yang bercabang. Hal yang membuat ikan cupang ini mahal dan langka karena sangat susah untuk dikembang biakkan.


  • Ikan Cupang HMPK

Gambar Ikan Cupang HMPK
Gambar Ikan Cupang HMPK

Ikan cupang HMPK merupakan hasil kawin silang antara Ikan cupang Halfmoon dan Plakat sehingga memiliki Nama Cupang HMPK. Ikan cupang ini sangat galak dan cantik sehingga cocok untuk aduan dan juga dipelihara sebagai ikan hias. 


  • Cupang Sawah

Gambar Ikan Cupang Sawah
Gambar Ikan Cupang Sawah

Cuang ini hidup dialam bebas dipersawahan sehingga sangatlah liar. Dulu ikan ini sangat banyak ditemukan tapi sekarang agak sedikit susah karena telurnya mati dan indukannya ikut lenyap karena penggunaan obat-obatan. Ikan Cupang bisa dibilang salah satu nama jenis ikan cupang mahal. Ikan cupang sawah juga bisa membesar dengan sirip yang unik hal tersebut bisa membuat harganya juga naik. 


  • Ikan Cupang Paradise

Gambar Ikan Cupang Paradise
Gambar Ikan Cupang Paradise

Kamu bisa menemukan ikan cupang paradise ini didaerah sumatra, Sulawesi dan kalimantan. Ikan cupang ini cocok dipelihara karena tidak rumit harganyapun cukup murah. Ikan cupang paradise sendiri memiliki Ciri-ciri seperti ekornya bercabang-cabang. 


  • Cupang Sarawak

Gambar Ikan Cupang Sarawak
Gambar Ikan Cupang Sarawak

Cupang liar ini sangat gampang beradftasi dengan lingkungan maupun akuariam baru. Cupang ini masuk dalam cupang paling mudah dipelihara, tanpa perwatanpun ikan cupang ini mampu bertahan Hidup. nama ikan cupang srawak diambil dari sebuah nama daerah di Malaysia. 


  • Ikan Cupang Fancy

Gambar Ikan Cupang Fancy
Gambar Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang fancy memiliki banyak sekali varian, jenis ikan cupang ini diburu karena warna dan siripnya yang unik dan Cantik. Ekor ikan cupang ini mirip seperti Halfmoon tetapi lebih bulat. Ikan cupang ini sangat cocok ditaruh diakuriaum sebagai Ikan Hias dirumah.


  • Cupang Surga

Gambar Ikan Cupang Surga
Gambar Ikan Cupang Surga

Nama ikan cupang banyak sekali terdengar dan tentu ikan cupang ini banyak ditemukan di Bali, Jawa dan Sumatra. Ikan cupang Surga masuk ke dalam cupang Liar yang hidup bebas dialam. Karena ikan cupang surga sangat langka harganya pun sangat mahal. 


  • Ikan Cupang Emas

Gambar Ikan Cupang Emas
Gambar Ikan Cupang Emas

Cupang ini memiliki ciri-ciri berwarna emas. Itulah salah satu alasan kenapa Cupang ini dinamakan Cupang Emas. Cupang jenis ini memiliki habitat asli yaitu di Rawa, Sawah serta sungai. Kamu dapat membeli cupang emas dengan harga yang murah, tidak semahal emas ya haha. 


  • Cupang Veil Tail

Gambar Ikan Cupang Veiltail
Gambar Ikan Cupang Veiltail

Hal yang menjadi daya tarik dari ikan cupang ini adalah Ekornya. Bagaimana tidak ekor ikan cupang Veil Tail memang terkenal sangat wow dan cantik. Jika kamu tertarik untuk memelihara ikan cupang ini kamu bisa membelinya dengan harga yang tak begiru mahal. 


  • Ikan Cupang Belgi

Gambar Ikan Cupang Belgi
Gambar Ikan Cupang Belgi

Cupang Belgi adalah sebuah ikan cupang yang berasal dari bangkok Thailand. Cupang ini berukuran cukup besar dengan badan kekar serta warna yang unik dan mencolok. Ikan Cupang belgi dapat membuat Ruang tamu kamu menjadi lebih estetik dengan warnanya. 


  • Ikan Cupang Slayer

Gambar Ikan Cupang Slayer
Gambar Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Slayer merupakan sebuah ikan hias cupang yang sangat populer di berbagai daerah . Ikan ini banyak diikutkan Lomba serta sebagai ikan hias. Ikan Cupang Slayer memiliki bentuk sirip, warna dan ekor yang sangat indah. 


  • Ikan Cupang plakat

Gambar Ikan Cupang Plakat
Gambar Ikan Cupang Plakat

karena sangat galak dan kuat, ikan cupang plakat banyak dipelihara sebagai Ikan Cupang Aduan. Selain sebagai ikan cupang aduan. Cupang plakat juga dipelihara sebagai ikan Hias yang mempesona. ada banyak sekali jenis dan nama-nama ikan Cupang Plakat yang tak dapat kami sebutkan satu-per satu. Ciri umum dari ikan cupang adalah Panjang dengan desain Sirip ikan yang Runcing dan tegas. 


  • Cupang Spade Tail

Gambar Ikan Cupang Spadetail
Gambar Ikan Cupang Spadetail

Ikan cupang ini memilki ciri-ciri berwarna Hitam dengan tambahan warna Biru nyala dan kuning pada bagian Sirip dengan bentuk ekor yang lancip. Ikan Cupang Spade tail masuk dalam kategori ikan Cupang langka, cantik dan mahal. 


  • Cupang Halfsun

Gambar Ikan Cupang Halfsun
Gambar Ikan Cupang Halfsun

Ikan cupang ini sangat cantik dan menawan. Asal usul ikan ini adalah merupakan hasil perkawinan silang antara Ikan Cupang Crown Tail dengan Ikan Cupang Halfmoon. Dengan bentuk Sirip dan Ekor mirip matahari sehingga ikan cupang ini diberi nama Ikan Cupang Halfsun.


  • Ikan Cupang Over Halfmoon

Gambar Ikan Cupang Over Halfmoon
Gambar Ikan Cupang Over Halfmoon

Ikan cupang ini umumnya berwarna merah tua dengan bentuk sirip yang besar dan mekar. Adapun bentuk ekor dari ikan cupang ini adalah Setengah Bulan lebih sehingga disebut dengan nama ikan Cupang Over Halfmoon. 


  • Cupang Dumbo

Gambar Ikan Cupang Dumbo  Big Ear
Gambar Ikan Cupang Dumbo  Big Ear

Ikan cupang jenis ini disebut juga sebagai ikan cupang Big Ear atau Telinga besar dan lebar. Umumnya ikan ini juga berwarna putih dan dengan siripnya yang panjang dan lebar indah dengan warna Putih ke Pink-Pink. 


  • Ikan Cupang Snakehead

Gambar Ikan Cupang Snakehead
Gambar Ikan Cupang Snakehead


Ikan cupang Snakehead memilki bentuk leher yang seperti ular. Ikan cupang ini berasal dari Indonesia. Cupang ini hidup dan dapat ditemukan di Kalimantan Timur tepatnya di Sungai Mahakam. 


  • Cupang Giant

Gambar Ikan Cupang Giant
Gambar Ikan Cupang Giant

Ikan cupang jenis giant berhasil dikembangbiakkan di Thailand memilki ukuran yang besar. ketika sudah dewasa ikan ini bisa mencapai 12 Senti Meter. karena ukuran tubuhnya besar ikan cupang ini tidak lincah. Cupang ini cocok untuk dipelihara sebagai ikan hias akuarium. 


Nah itulah ulasan tentang Nama-Nama dan jenis Ikan Cupang Beserta gambarnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Kami sengaja menulis artikel ini supaya dapat memberikan manfaat buat kamu yang ingin memelihara ikan cupang dan memberikan sedikit ilmu pengetahuan tentang Jenis dan Nama-nama ikan cupang. Akhir kata kami ucapkan terima kasih. 

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama