Puasa 6 Hari Lagi, Tarawih dan Salat Id Berjamaah Diizinkan Asal Patuhi Protokol

DAFTAR Isi : Tampilkan

Puasa 6 Hari Lagi, Tarawih dan Salat Id Berjamaah Diizinkan Asal Patuhi Protokol
Puasa 6 Hari Lagi, Tarawih dan Salat Id Berjamaah Diizinkan Asal Patuhi Protokol

Masyarakat diperbolehkan untuk salat tarawih berjamaah selama Ramadan 1442 Hijriah kendati masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Selain itu, Salat Idul Fitri juga diperbolehkan berjamaah, namun harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan berbasis komunitas. 


Hari ini, Selasa 06 April 2021 bertepatan dengan  23 Syakban 1442 Hijriah. Artinya Puasa Ramadhan kini tinggal 6 hari lagi.


"Salat tarawih dan salat id pada dasarnya diperbolehkan, diperkenankan. Tapi dengan syarat harus patuhi protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan sangat ketat," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy saat jumpa pers di Kantor Presiden, Senin (5/4/2021).


Dia menjelaskan, baik salat tarawih maupun salat id boleh dilaksanakan di masjid atau di luar ruangan (lapangan) sepanjang jamaahnya masih dalam satu lingkup komunitas. "Dengan catatan harus terbatas pada komunitas. Jadi pada lingkup komunitas di mana jamaahnya sudah dikenali satu sama lain sehingga yang dari luar mohon supaya tidak diizinkan," kata Ketua PP Muhammadiyah tersebut.


Puasa merupakan rukun Islam yang ketiga. Puasa adalah salah satu ibadah umat Islam yang memiliki arti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa yang dapat berupa memperturutkan syahwat, perut dan farji (kemaluan) sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat khusus.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama