Puasa Ramadhan 1442 Hijriyah Kini Tinggal 10 Hari Lagi

DAFTAR Isi : Tampilkan

Tak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah atau Ramadhan 2021 akan segera tiba. Puasa Ramadhan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari dalam puasa. Menurut ajaran Islam dalam puasa di bulan Ramadan dapat menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat selama ini.


puasa berapa hari lagi?
puasa berapa hari lagi?


Puasa Ramadhan 2021 Tinggal berapa hari Lagi?
Hari ini, Jumat 02 April 2021 bertepatan dengan  19 Syakban 1442 Hijriah. Artinya Puasa Ramadhan 1442 Hijriah kini tinggal 10 hari lagi.


Sekedar Informasi, Berdasarkan Kalender Islam Puasa Ramadhan 1442 jatuh pada tanggal 13 April dan berakhir pada 12 Mei 2021. Di bulan yang penuh ampunan dan keberkahan ini, umat muslim diwajibkan berpuasa selama 1 bulan penuh. 


Puasa merupakan rukun Islam yang ketiga. Puasa adalah salah satu ibadah umat Islam yang memiliki arti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa yang dapat berupa memperturutkan syahwat, perut dan farji (kemaluan) sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat khusus.


Perintah untuk untuk melaksanakan puasa Ramadhan berdasarkan Al-Quran, Hadits dan kesepakatan ulama. Dalil yang menyatakan kewajiban berpuasa disebut dalam Al-Quran surat al-Baqarah ayat 183 yang memiliki arti sebagai berikut:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa".


Mengapa Banyak umat muslim yang Rindu dengan Bulan Puasa? 

Setelah berpuasa dan merayakan Lebaran, umat muslim akan bersukacita karena berhasil ‘sampai’ di hari kemenangan. Akan tetapi, beberapa orang langsung merindukan suasana bulan Ramadan. Ini adalah hal yang wajar. Mengingat pasti banyak momen sekaligus ibadah yang dirindukan.


Bulan puasa di Indonesia memang biasanya ada sedikit perbedaan dengan bulan-bulan lainnya. Lihat saja acara televisi, hampir semua menayangkan konten maupun iklan khas Ramadan.


Belum lagi beragam takjil yang dijual, suasana ibadah yang khusyuk, sampai momen kumpul bersama keluarga. Ketika sudah berhasil melewati puasa, semua bergembira. Tapi, tak sedikit yang sangat merindukan bulan puasa.


Menurut psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi, momen puasa yang terjadi setahun sekali membuat orang-orang secara mudah kangen dengan apa yang terjadi selama puasa.


"Mungkin karena momen puasa ini cuma setahun sekali. Nah, budaya juga menunjang, pada bulan puasa ada beberapa hal yang bulan-bulan lainnya tidak kita lakukan jadi kita lakukan, contohnya salat tarawih dan momen kebersamaan buka puasa juga," ungkap Ikhsan.


"Ini adalah momen yang tidak bisa ditemukan dalam sehari-hari. Itu bisa membuat orang rindu dengan bulan puasa," sambungnya.


Momen berkumpul bersama keluarga juga pasti dirindukan. Hal ini biasanya memang jadi sering dilakukan saat bulan puasa, terutama saat sahur dan berbuka.


"Bisa juga momen kumpul bersama keluarga. Bisa juga sehari-hari kita makan malam terpisah-pisah. Sedangkan saat bulan puasa makan di rumah, rasanya lebih nikmat karena buka puasa bareng


Puasa tahun lalu sangat berbeda dari puasa sebelumnya karena Pandemi yang masih menggila. pada puasa Ramadhan tahun lalu suasana masjid benar-benar berbeda karena pembatasan seperti masjid-masjid ditutup, tidak ada acara bukber, Tadarusan, Mudik dan acara lebaran serta idul fitri. 


"Sedih banget banget. Salah satu keistimewaan puasa kan selain nahan makan minum itu juga ada beberapa ibadah yang hanya bisa dilakukan saat bulan puasa termasuk tarawih. Tapi sekarang enggak bisa," kata netizen.


Semoga untuk Puasa ramadhan tahun ini semuanya Normal seperti Puasa pada tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.  

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama