6 Cara Memilih Model Sepatu Untuk Kaki Bunion


cara memilih model sepatu untuk kaki bunion
cara memilih model sepatu untuk kaki bunion. (sumber pexels.com)

Bunion
yaitu sebuah kelainan kaki terutama pada bagian samping bawah jempol kaki. Adapun ciri dari kelainan ini adalah adanya tonjolan di bagian tersebut. Jika hal ini terjadi maka akan kesulitan jika memakai sepatu karena ukurannya biasanya sulit didapat. Artikel ini akan membahas mengenai tips memilih model sepatu untuk kaki bunion yang wajib dicoba.


Sebenarnya apa sih penyebab kaki bunion? Selain dari genetic, kelainan ini juga disebabkan karena berdiri dengan jangka waktu yang cukup lama, mengenakan sepatu yang sempit. Selain itu, juga disebabkan karena kelainan tulang kaki itu sendiri misalnya artritis. 


model sepatu untuk kaki bunion
Model sepatu untuk kaki bunion


Berikut adalah tips memilih sepatu yang cocok bagi wanita yang mempunyai kaki bunion:

1. Mengukur Kaki

Step ini seharusnya dilakukan dari rumah sebelum membeli sepatu. Pastikan pengguna mengukur kaki dengan benar dan teliti agar tidak terjadi kesalahan dalam membeli. Mengukur kaki hanya untuk mengantisipasi jika saat di toko sepatu tidak boleh mencoba sepatu. Nah, jika sudah tau ukuran kaki dari rumah maka akan segera menemukan ukuran sepatu yang pas.


2. Memilih Bentuk Sepatu yang Cocok

Saat ini banyak model sepatu yang banyak diburu oleh orang-orang apalagi para milenial. Jenis-jenis sepatu model sekarang seperti wedges, flat shoes, loafers dan lain sebagainya. Kebanyakan tren sekarang juga menggunakan hak tinggi. Bagaimana cara memilih sepatu untuk pengguna yang mempunyai bunion agar tetap eksis tetapi  tidak menyakitkan saat dipakai?


Sebisa mungkin jangan memilih sepatu yang bentuknya lancip di bagian jari depan. Kenapa bisa begitu? Karena jari-jari akan terjepit sehingga tulang pada bagian pangkal jempol dapat bengkok. Apalagi durasi pemakaiannya cukup lama dan sering. Biasanya sepatu bentuk tersebut sering ditemui di sepatu-sepatu ber-high heels.


3. Memakai Kaos Kaki Saat Membeli Sepatu

Cara ini sangat baik diterapkan saat akan membeli sepatu. Mungkin saat mencoba sepatu akan pas di kaki tetapi bisa jadi saat menggunakan kaos kaki jadi tidak muat. Saat mencoba sepatu dengan kaos kaki, cobalah untuk berjalan atau berlari. Jika sudah pas di kaki dan tidak longgar maka sepatu itu cocok.


4. Amati Panjang dan Lebarnya

Step ini dilakukan jika sepatu pada toko tidak boleh dicoba. Jika dari rumah belum mengukur panjang dan lebar kaki maka cara terbaik yakni mengamati panjang dan lebar. Tidak cukup diamati tetapi dekatkan sepatu pada kaki, pastikan sepatu pas dengan ukuran kaki. Jika dirasa tidak pas, maka jangan dilanjutkan untuk membeli.


5. Cek Bahan Dasar

Tips mencari model sepatu untuk kaki bunion yang kelima yakni mengecek bahan dasar. Jika kaki mengalami bunion maka carilah bahan sepatu yang lembut dan tidak keras. jika bahan dasar sepatu keras, maka akan menambah rasa sakit pada kaki terutama di bagian bunion. Oleh karena itu harus cermat dalam memilih bahan dasar.


6. Bertanya Ke Penjual

Cara ini merupakan cara aman untuk mendapatkan sepatu sesuai keinginan. Pengguna bisa bertanya model sepatu bagaimana yang cocok dan nyaman digunakan untuk penderita bunion. Penjual biasanya lebih tau model-model dan bahan yang aman untuk penderita bunion. Jangan malu untuk bertanya, ya?


Itulah 6 tips yang kami bagikan untuk cara memilih model sepatu untuk kaki bunion yang harus diketahui oleh penderita bunion. Jangan berkecil hati jika kaki mengalami bunion karena hal itu juga banyak terjadi pada orang-orang. Sebaiknya dihindari model-model sepatu yang bisa menyebabkan kaki bunion. Hal itu juga bisa memperparah bunion.

0/Leave a Reply

Lebih baru Lebih lama