7 Cara Merawat Rambut Mengembang dengan Alami dan Mudah


Jenis rambut mengembang perlu dirawat dengan tepat agar tidak berantakan. Cara merawat rambut mengembang sebaiknya diterapkan guna menghindari rambut rusak. Kelembaban yang kurang kerap kali membuat kutikula kepala membuka sehingga rambut terlihat mengembang. Beberapa langkah berikut bisa pemilik rambut terapkan untuk mengatasi masalah pada rambut, antara lain.


Cara Merawat Rambut Mengembang dengan Alami dan Mudah
Cara Merawat Rambut Mengembang dengan Alami dan Mudah


Berikut Ini 7 Cara Merawat Rambut Mengembang dengan Alami

1. Memberi Vitamin Khusus Rambut

Cara merawat rambut mengembang yang pertama adalah menggunakan vitamin rambut. Jadi pemilik rambut dapat memiliki rambut yang lebih mengempis dan sehat. Vitamin rambut bisa didapatkan dari serum rambut, masker rambut, maupun minyak alami seperti minyak kelapa, minyak alpukat, atau minyak argan. Penggunaan kondisioner yang mengandung protein dan non alkohol juga dapat menutrisi rambut yang cengkar.


2. Buat Suhu Kepala Selalu Lembab

Penjagaan suhu rambut yang lembab dapat mengatasi kerusakan rambut. Pengeringan rambut dapat menggunakan hair dryer dengan suhu rendah agar tidak terlalu kering. Penggunaan air dingin juga disarankan agar suhu panas tidak mempengaruhi suhu rambut. 


Selain menghindari panas dari mesin dan air, panas matahari juga tidak disarankan untuk langsung menyentuh rambut. Pemilik rambut dapat memakai kerudung atau topi untuk menghindari paparan panas matahari. Menjaga rambut dengan cara seperti ini juga mampu menyehatkan rambut.


3. Cuci Kepala dengan Shampoo Seperlunya

Keramas bisa menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Akan tetapi, menggunakan sampo dengan jeda waktu yang singkat akan menghilangkan sebum pada rambut yang mengakibatkan kulit kepala mengering. Pemilik rambut dapat mencuci rambut dengan jadwal rutin dua sampai tiga kali dalam satu minggu.


4. Merawat Rambut Setelah Keramas

Mengeringkan rambut dapat dilakukan dengan handuk microfiber yang halus dan tidak mengakibatkan rambut saling bergesekan. Daripada memakai pengering rambut, pemilik rambut sebaiknya membungkus kepala hingga kering. Biarkan kain atau handuk menyerap kandungan air dari kepala. 


Ketika rambut sudah kering dan suhunya sudah lembab, disarankan pemilik rambut menggunakan kain satin untuk menjadi sarung bantal. Pemilik rambut juga dapat mengikat rambut dengan longgar agar kelembaban rambut terjaga.


5. Gunakan Madu Sebagai Perawatan

Madu yang kental dapat berfungsi sebagai pengikat agar rambut dapat mengempis dan sehat. Pemilik rambut hanya perlu memanaskan madu dengan dua tedung minyak kelapa. Setelah sedikit dingin, beri campuran telur. Selanjutnya, campuran siap dibalurkan ke rambut. Biarkan semasa lima belas hingga dua puluh menit, kemudian basuh rambut menggunakan air dingin.


6. Semprot Detangler Rambut Anak-Anak

Kegunaan hair detangler dapat memberi volume pada rambut sehingga rambut lebih rapi. Produk ini sifatnya ringan dan menyebabkan rambut terlihat lebih kuat. Pemilik rambut cukup menyemprotkan detangler di tangan kemudian diterapkan ke rambut yang berkembang.


7. Mengenakan Cuka Apel

Cuka apel yang bersifat kecut dapat membalikkan kondisi basa yang menyebabkan rambut mengembang. Penggunaan cuka apel membuat rambut lebih mengkilap alami dan terbebas dari kulit mati. Pemilik rambut dapat menuangkan cuka pada gelas, kemudian menyiram bagian rambut, lalu didiamkan semasa satu hingga tiga menit. Setelah didiamkan, rambut dibilas memakai air yang bersuhu normal. Selanjutnya, biarkan rambut cengkar.


Itulah cara merawat rambut mengembang yang mampu diselesaikan menggunakan bahan alami dan merawat rambut terpapar sampo yang bersifat basa. Pemilik rambut disarankan mengatur waktu agar pemakaian perangkat tata rambut yang suhu tinggi tidak terlalu sering, sehingga kutikula rambut tetap terjaga kelembabannya

0/Leave a Reply

Lebih baru Lebih lama