5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Rusak


Rambut panjang mungkin lebih identik dengan wanita. Namun, para pria juga sering menggunakan model rambut ini. Rambut panjang yang terpelihara dengan baik bisa terlihat fantastis pada pria mana pun. Namun, untuk merawatnya mungkin akan membutuhkan usaha lebih. Untuk itu.


5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Rusak
5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Rusak


5 cara merawat rambut panjang agar tidak mudah rusak yang wajib diketahui

1. Cuci Rambut Secara Teratur

Pria cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak daripada kebanyakan wanita sehingga rambut biasanya menjadi bau dan berminyak setelah seharian bekerja. Belum lagi debu serta kotoran yang menempel akibat beraktivitas di luar ruangan secara rutin. Mencuci rambut secara teratur dapat menghilangkan bau dan menjaga rambut dari bau keringat. 


Mencuci rambut secara teratur dapat menimbulkan kebiasaan yang berefek baik bagi rambut. Dalam seminggu, pria juga bisa melakukan perawatan mendalam bergantung pada seberapa padat aktivitas yang dilakukan.  Adanya upaya ekstra untuk memastikan rambut dan kulit kepala bebas dari kotoran dan sisa produk, sehingga akan selalu merasa segar dan bersih.


2. Keringkan Rambut dengan Cara yang Tepat

Proses pengeringan rambut yang salah dapat menimbulkan kerusakan pada rambut panjang. Kebanyakan pria mungkin akan menggosok rambut kuat-kuat dengan handuk untuk membantu mengeringkannya. Sayangnya, rambut ternyata lebih rentan mengalami kerusakan saat sedang basah. Gesekan dengan handuk akan membuat rambut tersangkut dan putus. Hal ini akan memunculkan cabang dan membuat rambut menjadi keriting.


Sebagai gantinya, rambut bisa dikeringkan dengan cara dianginkan. Meskipun prosesnya agak memakan waktu, namun cara ini tidak akan merusak rambut. Jika tidak ingin menunggu lama, bisa juga menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Jangan keringkan rambut dengan suhu yang terlalu tinggi. Pastikan rambut tetap lembab sedikit agar mudah ditata.


3. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Cara merawat rambut panjang pria yang selanjutnya adalah dengan mengikat rambut tidak terlalu kencang. Pria yang tidak suka dengan hal yang berantakan mungkin akan mengikat rambut agar tidak mengganggu kegiatan. Meskipun terlihat sebagai perbuatan yang normal, mengikat rambut yang terlalu kencang dapat memberikan efek kerusakan pada rambut. 


Perlu diingat bahwa memakai topi ketat atau kuncir kuda yang sangat ketat dapat menyebabkan kondisi yang disebut traction alopecia, yaitu kerontokan rambut karena menarik rambut terlalu kencang. Mengikat rambut terlalu ketat juga dapat meregangkan rambut, menyebabkan rambut menjadi keriting. Mengenakan kuncir yang lebih longgar akan membantu untuk menyelesaikan masalah ini.


4. Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Tepat

Meskipun ada banyak  sampo dan kondisioner untuk dipilih, pria harus menggunakan yang tepat sesuai dengan jenis rambut. Salah satu bahan yang konsisten dari sampo dan kondisioner rambut adalah silikon. Bahan ini yang sebenarnya menghalangi kelembapan dan nutrisi rambut. Silikon juga menghambat pertumbuhan rambut, jadi cobalah untuk memilih sampo dan kondisioner yang bebas silikon dan yang memiliki bahan-bahan alami. 


Kondisioner yang baik mencegah rambut kusut dan membuat rambut lebih mudah dikontrol. Hal ini sangat penting, jika rambut mudah kering dan rapuh. Kondisioner akan membantu menyegel kelembaban dan membuat rambut terasa lebih lembut. Bisa juga menggunakan serum rambut yang ringan untuk menambah kilau rambut dan menghaluskan tampilan rambut.


5. Potong Rambut Secara Berkala

Selalu potong rambut secara teratur untuk menghilangkan kerusakan. Memangkas rambut tidak hanya menghilangkan ujung bercabang, tetapi juga meningkatkan kesehatan rambut. Rambut panjang cenderung menjadi keriting dan rapuh , jadi potonglah rambut setidaknya tiga kali setahun agar tetap terlihat sehat.


Demikian penjelasan 5 cara merawat rambut panjang pria yang wajib diketahui. Para pria kini tak perlu bingung lagi jika ingin melakukan perawatan pada rambut panjang. Hal ini karena cara-cara yang dijelaskan sangat muda. Lihat konten lengkap tentang Fashion dan Kecantikan di Web Guemedia.com.

0/Leave a Reply

Lebih baru Lebih lama