Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat File ZIP di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara Membuat File ZIP di HP Android  -- Banyaknya kegiatan yang dilakukan secara online, membuat banyak orang mau tidak mau perlu mengirimkan banyak dokumen sekaligus. Biasanya format terbaik adalah zip untuk mengirimkan banyak dokumen. Namun adakah cara membuat file zip di Android yang lebih sederhana?.


Cara Membuat File ZIP di Android Secara Online Tanpa Aplikasi

Pada beberapa smartphone Android mungkin memiliki aplikasi khusus yang dapat membuat atau membaca file dengan format zip. Sayangnya, tidak semua smartphone Android dapat melakukannya secara otomatis. Oleh karena itu, simak cara membuat file zip di Android di bawah ini.

Memanfaatkan Aplikasi Tambahan untuk Membuat File ZIP. Cara membuat file zip di Android yang berikutnya yaitu tanpa mengunduh aplikasi lain sebagai alternatif apabila kurang sesuai dengan rekomendasi sebelumnya. Ada beberapa aplikasi terbaik yang tersedia di Play Store dan dapat dengan mudah membuat file zip.


Cara Membuat File ZIP di Android Secara Online Tanpa Aplikasi


Cara Membuat File ZIP di HP Android

Pembahasan pertama yang direkomendasikan adalah membuat file zip tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan terlebih dahulu. Cara ini, dianggap lebih efektif dan cepat, sehingga lebih direkomendasikan. Simak apa saja caranya sebagai berikut:

1. Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi Melalui File Manager

Sebelum mengikuti langkah lain untuk membuat file zip, mungkin perlu memeriksa ada atau tidaknya fitur bawaan di perangkat Android. Pertama buka dahulu File Manager, tandai beberapa file yang akan diubah, klik simbol titik tiga, dan ubah zip.

Ketikkan nama file yang akan dibuat, pilih folder penyimpanan, tambah atau hapus dokumen yang akan diubah, klik simpan, dan langkah selesai. Bagi pengguna yang tidak memiliki menu tersebut maka dapat dipastikan tidak memiliki fitur bawaan zip.


2. Cara Membuat File ZIP di Android Online Menggunakan Situs Web

Cari dengan kata kunci "Situs untuk buat file zip" dan akan muncul beberapa pilihan. Klik salah satu situs yang dipercaya, unggah dokumen, klik proses, dan lakukan penyimpanan. Cara ini mungkin cepat dan sederhana, namun harap hati-hati untuk dokumen yang penting.


3. Cara membuat file zip di Xiaomi Menggunakan Aplikasi AZIP Master: ZIP RAR Extractor

Aplikasi untuk membuat file zip di HP Xiomi adalah AZIP Master yang dirilis oleh Innosoft Global dengan total penilaian 4.5 bintang dari 87 ribu bintang. Pertama untuk menggunakannya, pengguna perlu menghubungkan dahulu antara aplikasi dan File Manager.

Kemudian tandai file yang diinginkan, bisa melalui File Manager atau penyimpanan Cloud. Setelah itu, pilih untuk mengubahnya ke zip, tentukan penyimpanan, nama file, dan kata sandi yang dibuat untuk melindungi.


4. Cara menggabungkan file ZIP di Android Menggunakan AZIP Lite: RAR 7Z ZIP Unzip

Dapat dikatakan bahwa AZIP Lite menjadi salah satu yang paling ringan kebutuhan penyimpanan memori yang dibutuhkan yakni hanya 10 MB saja. Selain itu, penilaiannya sangat baik karena mencapai 4.6 bintang. Selebihnya untuk menggunakannya, langkah yang diperlukan hampir serupa seperti AZIP Master.


5. Cara edit file ZIP di Android Memakai WinZip - Zin UnZip Tool

Aplikasi terakhir sebagai cara membuat dan mengedit file zip di Android yang direkomendasikan ini dirilis oleh WinZip Computing. Hanya membutuhkan kapasitas penyimpanan sebesar 35 MB saja menjadikannya lebih mudah bekerja. Selain itu, desainnya tidak terlalu rumit dan mudah digunakan.

Untuk menggunakannya pertama pilih dan tandai file yang akan dijadikan menjadi zip. Kemudian masukkan ke dalam Archive dengan simbol seperti kertas dilipat ada bagian kanan atas. Setelah itu, tambahkan nama dan kata sandi jika diperlukan klik OK lalu selesai.


Kesimpulan

Demikian pembahasan yang dapat disampaikan mengenai cara membuat file zip di Android disertai beberapa alternatif metode yang dapat dipilih. Seperti yang telah disampaikan bahwa banyak smartphone yang tidak bisa membaca file zip. Oleh karena itu, disarankan untuk mengekstraknya di laptop.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.