Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Stiker Telegram Menggunakan Bot di HP

Cara Membuat Stiker di Telegram Menggunakan Bot -- Seiring berkembangnya aplikasi chatting bernama Telegram, berkembang pula fitur-fitur yang termuat di dalamnya. Salah satu fitur yang banyak dipakai yaitu stiker. Pengguna pun dapat membuat stiker sendiri. Artikel ini akan mengulas cara membuat stiker Telegram yang praktis dan dijamin mudah.

Pengguna bisa memanfaatkan bot dan aplikasi tambahan untuk membuat stiker Telegram. Bot bisa pengguna jumpai di dalam aplikasi Telegram itu sendiri, sedangkan aplikasi tambahan perlu pengguna pasang terlebih dahulu di smartphone. Ulasan masing-masing caranya dijelaskan pada pemaparan di bawah ini.


Cara Membuat Stiker Telegram di HP

Bot adalah suatu akun otomatis yang dapat melakukan perintah tertentu. Pengguna bisa membuat stiker Telegram otomatis lewat obrolan akun Sticker Bot.

Namun, sebelum mengetahui Cara Membuat Stiker Telegram di HP, perlu pengguna ketahui dulu format gambar yang dianjurkan untuk dijadikan stiker. Format yang dianjurkan oleh Telegram dimaksudkan supaya hasil stikernya optimal. Format serta syarat untuk Cara membuat stiker Telegram di HP antara lain seperti berikut:

  1. Gambar dalam bentuk PNG.
  2. Gambar berlatar belakang transparan.
  3. Ukuran gambar yakni 512 x 512 pixel. Salah satu sisinya harus berukuran 512 pixel, sementara itu sisi lainnya boleh kurang dari 512 pixel.
  4. Gambar mempunyai outline berwarna putih serta mempunyai bayangan. Gambar bisa pula mempunyai outline hitam sebelum diberikan outline putih agar kekontrasannya baik.

Cara Membuat Stiker Telegram Menggunakan Bot di HP

Cara Membuat Stiker Telegram Menggunakan Bot di HP

Setelah mengetahui format gambar untuk stiker, pengguna pun dapat mencoba membuat stiker. Langkah-langkah yang harus dijalankan yakni sebagai berikut:

  1. Pertama, carilah akun bernama Sticker Bot (@stickers) di kolom pencarian kontak.
  2. Kemudian, kirim pesan “/newpack” sebagai perintah membuat stiker baru.
  3. Berikan nama stiker tersebut, misalnya “Kucing Ngambek”.
  4. Setelah itu, upload file gambar yang akan dijadikan stiker dan formatnya PNG.
  5. Pilihlah satu emoji untuk mewakili stiker yang hendak di upload.
  6. Hasil stiker pun akan terlihat, apabila pengguna sudah merasa puas dengan hasilnya ketikkan perintah “/publish”.
  7. Buatlah nama untuk dipakai sebagai alamat dari stiker. Cukup tuliskan namanya tidak perlu menuliskan alamat URL-nya, misalnya:
  8. KucingNgambek. Bot akan mengirimkan link shortcut stiker tersebut.
  9. Selanjutnya, tambahkan stiker ke Telegram pengguna dengan cara mengklik link shortcut yang tadi telah dikirimkan oleh Bot. Kemudian, klik “Add 1 Sticker”.
  10. Stiker pun telah disimpan dan dapat pengguna pakai untuk percakapan di Telegram.

Cara Buat Stiker di Telegram Tanpa Bot

Cara kedua yang bisa pengguna pakai untuk membuat stiker adalah dengan aplikasi tambahan atau disebut sebagai salah satu Cara buat stiker di Telegram tanpa Bot. Pengguna bisa memasang aplikasi bernama Sticker Maker for Telegram dengan mengunduhnya di Google Playstore maupun AppStore. Langkah-langkah untuk membuat stiker dengan aplikasi atau tanpa bot yaitu:

  1. Pertama, pasang aplikasi Sticker Maker for Telegram di smartphone milik pengguna.
  2. Lalu, buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih tombol “+” yang ada di posisi bawah sebelah kanan.
  4. Kemudian, pilihlah foto yang akan pengguna jadikan sebagai stiker. Seleksi bagian yang ingin pengguna ambil. Kemudian, klik “Continue”.
  5. Tambahkan teks atau elemen lain menggunakan alat (tools) yang tersedia di dalam aplikasi Sticker Maker for Telegram.
  6. Jika sudah selesai melakukan pengeditan, simpan stiker dengan mengklik “Save” di bagian atas sebelah kanan.
  7. Default dari nama stiker yang tadi dibuat adalah “My First Pack”. Pengguna dapat mengganti nama stiker dengan mengklik ikon titik tiga pada bagian kanan atas, lalu klik “Rename”.
  8. Klik tombol “Export” di bagian bawah, pilih “Telegram”. Lalu apabila muncul tips, klik tombol “Continue”.
  9. Berikutnya, akan tertampil Bot Telegram (tidak resmi) yang dapat membantu mengekspor stiker ke Telegram. Tekan “Start” untuk memulainya.
  10. Setelah itu, klik tombol “Add sticker” dan klik “Open”.
  11. Kemudian, pilih aplikasi “Sticker Maker for Telegram” dan tunggu proses ekspornya selesai.
  12. Terakhir, klik “Add 1 Sticker”.
  13. Stiker pun berhasil diekspor ke Telegram.

Kesimpulan

Demikian ulasan Cara Membuat Stiker Telegram Menggunakan Bot di HP yang dapat pengguna coba untuk menambah koleksi stiker di Telegram. Pengguna bisa memilih menggunakan Bot atau aplikasi tambahan. Jika pengguna tidak ingin terlalu banyak aplikasi di smartphone, maka bisa memakai Bot yang lebih praktis.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.