Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word Tanpa Scan 2022

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word Tanpa Scan -- Melampirkan tanda tangan secara digital kini tidak perlu lagi menggunakan cara lama, yakni scanning dokumen fisik. Pengguna bisa melakukannya melalui platform apapun termasuk menggunakan word milik Microsoft. Cara membuat tanda tangan digital di word terbilang mudah dan dapat dilakukan dengan cepat.

Microsoft word merupakan salah satu platform worksheet populer yang digunakan banyak orang. Tentunya Microsoft terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik. Salah satu fitur yang perlu dicoba adalah sign maker yang bisa diakses secara offline. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.


Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Ketika menggunakan fitur tanda tangan digital yang diberlakukan oleh Microsoft word, ada beberapa hal yang dapat dijamin oleh platform tersebut. Tentunya cara membuat tanda tangan digital di word harus memenuhi kriteria agar sepenuhnya mendapat pengamanan.

Pengguna harus memastikan tanda tangan yang akan di input ke dalam dokumen memiliki keaslian. Pihak-pihak yang terlibat menandatangani juga harus berasal dari instansi terpercaya. Apabila telah memenuhi syarat, beberapa hal yang dijamin oleh tanda tangan digital word adalah sebagai berikut:

Keaslian. Menggunakan word untuk membuat tanda tangan digital, otomatis akan dijamin keasliannya. Dokumen apapun yang menggunakan fitur pada platform tersebut akan mudah diloloskan untuk kepentingan administrasi. Tentunya hal ini sangat memudahkan ketika memasukkan dokumen ke instansi yang cukup ketat menyeleksi berkas online.

Integritas. Selanjutnya, pada dokumen yang menggunakan tanda tangan di word akan dijamin bahwa dokumen tersebut tidak akan pernah bisa diubah tanpa persetujuan pemilik dokumen. Hal ini tentu dapat memberi perlindungan lebih pada dokumen yang hanya dibubuhkan tanda tangan digital.

Non-repudiasi. Tanda tangan digital yang dibuat melalui word akan dijamin dari tindakan repudiasi atau penyangkalan oleh seseorang. Sebab, platform tersebut mampu membuktikan pada pihak-pihak terkait dari mana asal konten yang ditandatangani.

Validasi Notaris. Jaminan selanjutnya datang dari validasi notaris. Apabila konten atau dokumen berupa file word yang sebelumnya diberi tanda waktu oleh server tentu akan meningkatkan keamanan dan keaslian dokumen. Poin akurat ini juga bisa dijadikan sebagai dasar pengesahan atau validasi kantor notaris apabila diperlukan.


Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word


Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word Tanpa Scan Terbaru 2022

Pengguna tidak perlu lagi membuat tanda tangan secara manual, karena seluruh format yang diperlukan untuk tanda tangan bisa diatur dengan otomatis pada word. Hal ini tentu dapat mempersingkat pekerjaan. Berikut, beberapa tahapan untuk membuat tanda tangan digital menggunakan word, diantaranya:

  • Buka Microsoft Office Word yang ada pada perangkat.
  • Pada lembar kerja yang sedang dibuka, pilih menu sisipkan yang berada di dalam grup teks.
  • Selanjutnya, pilih opsi baris tanda tangan lanjutkan pada menu baris tanda tangan Microsoft office.
  • Setelah itu, akan muncul dialogue box untuk mengatur segala hal terkait tanda tangan. Isi informasi yang dibutuhkan lalu klik ok.
  • Kemudian siapkan gambar tanda tangan yang telah dihapus backgroundnya agar nanti mudah disisipkan.
  • Masukkan gambar tanda tangan yang telah dipilih dan letakkan pada template yang sebelumnya telah dibuat secara otomatis agar lebih rapi dan enak untuk dilihat.

Kesimpulan

Itulah mengenai Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word Tanpa Scan yang perlu diketahui. Membubuhkan tanda tangan secara digital memang sedikit rentan, sebab dokumen yang tidak disertai tanda tangan basah rentan untuk dipalsukan. Hanya saja apabila menggunakan word, setidaknya dapat meminimalisir tindakan tersebut.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.