Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi -- Proses charging HP adalah aktivitas krusial supaya HP dapat terisi daya. Nacaun tak jarang terdapat masalah selama proses ini, seperti daya yang lambat terisi atau tidak terisi sama sekali. Jadi bagaimana cara memperbaiki charger HP lambat mengisi agar kembali normal?

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuat proses charging kembali normal. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi untuk mengetahui apa saja cara mengatasi masalah ini.


Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi


6 Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi Terbaru

1. Bersihkan Port USB

Tak jarang proses charging HP tak dapat berjalan karena terhalang kotoran yang terdapat dalam port USB. Oleh karenanya, cara memperbaiki charger HP lambat mengisi bisa dengan membersihkan lubang port USB.

Bersihkan lubang port secara berkala agar kotoran atau debu tidak terperangkap di dalamnya. Setelah itu, cobalah untuk melakukan charging HP seperti biasanya, jika sudah berjalan normal maka masalah telah selesai. 


2. Tutup Semua Aplikasi yang Berjalan

Aplikasi yang masih aktif ketika charging juga bisa menjadi penyebab mengapa daya HP tak kunjung penuh. Apalagi jika aplikasi tersebut cukup besar dan berat sehingga bisa memakan banyak daya. Umumnya aplikasi yang membutuhkan data besar seperti GPS dan Google Maps.

Maka dari itu, sebaiknya jika saat melakukan charging semua aplikasi sudah tertutup. Jadi, tidak ada lagi yang dapat mengurangi daya ketika diisi dan prosesnya pun akan menjadi lebih cepat.


3. Perbarui Sistem Operasi

Proses charging tidak dapat optimal jika didapati adanya bug atau error yang tidak kompatibel pada HP. Hal ini biasa diakibatkan karena sistem operasi yang sudah lawas dan perlu untuk diperbaharui. Jadi, cobalah untuk memperbarui sistem operasi terlebih dahulu dan ulangi proses charging.

Bila cara memperbaiki charger HP lambat mengisi ini dapat berhasil maka HP memang butuh diperbarui setiap waktu. Tetapi bila cara ini tidak efektif menyelesaikan masalah, bisa jadi ada masalah lain pada HP misalnya pada hardware.


4. Ganti Kabel Charger

Kendala ketika melakukan pengisian daya tak selalu disebabkan oleh internal HP itu sendiri melainkan bisa dari hal lain. Misalnya kabel charger atau kabel data yang digunakan. Untuk memastikannya, cobalah ganti kabel yang biasa digunakan dengan yang lainnya.

Jika proses charging kembali normal, maka permasalahan memang berada pada kabel charger. Umumnya masalah pada kabel charger disebabkan oleh kabel yang tertekuk, putus, atau memang sudah tidak berfungsi.


5. Pakai Adaptor Charger Lain

Bila penggantian kabel charger tak mampu mengembalikan fungsinya untuk melakukan pengisian daya, maka besar kemungkinan ada masalah pada adaptor yang dipakai. Penggunaan adaptor yang salah juga dapat menyebabkan daya tak terisi penuh meski sudah dilakukan charging berjam-jam.

Ketika melakukan charging alangkah lebih baiknya untuk menggunakan adaptor charger asli dari pabrik yang mengeluarkan HP tersebut. Pastikan juga bahwa adaptor yang digunakan mumpuni atau sesuai dengan spesifikasi HP.


6. Periksa Kondisi Baterai HP

Langkah terakhir cara memperbaiki charger HP lambat mengisi yakni melakukan pemeriksaan secara langsung pada baterai HP. Jika semua cara di atas tidak mampu mengatasi masalah, bisa dicurigai bahwa terdapat kerusakan pada baterai HP.


Kesimpulan

Sering kali pengguna tidak menyadari ketika baterai HP sudah rusak yang ditunjukkan dengan kondisinya yang telah menggembung. Jadi, lakukan juga pengecekan secara berkala untuk mengetahui keadaan pasti dari baterai HP dan bila ditemukan kerusakan segeralah ganti baterai.

Untuk menghindari kendala-kendala ketika melakukan charging, sebaiknya gunakanlah aksesoris HP asli atau sesuai dengan spesifikasi HP. Sehingga cara memperbaiki charger HP lambat mengisi tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.