Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Foto yang Rusak di HP Android

Cara Memperbaiki Foto yang Rusak di HP Android -- File yang disimpan di dalam smartphone dapat mengalami kerusakan, entah karena virus ataupun proses penyimpanannya yang tidak sempurna. Tidak terkecuali file yang berbentuk gambar atau foto. Artikel ini akan memaparkan cara memperbaiki foto yang rusak di Android, dijamin anti ribet.

Cara untuk memperbaiki kerusakan foto bisa dengan aplikasi tambahan bernama VG JPEG Image Repair ataupun tanpa aplikasi tambahan. Pengguna bisa mengakses situs tertentu di browser untuk memperbaiki foto yang rusak. Rincian setiap caranya dapat disimak dengan baik pada paparan berikut.


Cara Memperbaiki Foto yang Rusak di HP Android


Cara Memperbaiki Foto yang Rusak di HP Android

1. Aplikasi memperbaiki foto yang rusak di Android : VG JPEG Image Repair

Kini memperbaiki foto dapat pengguna lakukan dengan mudah memakai bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa pengguna pakai adalah VG JPEG Image Repair. Aplikasi ini direkomendasikan karena mendukung berbagai format gambar dan ukurannya hanya 1,65 MB, sehingga menghemat ruang penyimpanan Android.

Kelebihan dari aplikasi yang dikembangkan oleh developer VGS Data Recovery ini adalah mampu mengatasi bermacam-macam kerusakan pada foto. Kerusakan tersebut mencakup pergeseran warna, datastream, hingga kerusakan pada bagian header gambar yang gagal terbuka. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Pasang terlebih dahulu aplikasi VG JPEG Image Repair dengan mendownloadnya di Google Play Store.

  • Kemudian, bukalah aplikasi tersebut untuk mulai perbaikan foto.
  • Klik “Select File”, lalu akan muncul halaman penambahan gambar.
  • Berikutnya, klik “Add your damaged file here” untuk memilih gambar yang rusak dan hendak diperbaiki.
  • Langkah selanjutnya, klik “Recover your image”. Tunggu beberapa saat hingga proses perbaikannya selesai. Ketika sudah selesai, akan muncul notifikasi “Recovery successful”.
  • Apabila sudah nampak notifikasi tersebut, simpanlah foto yang telah diperbaiki dengan mengklik tombol “Download”.
  • Foto yang telah diperbaiki pun tersimpan di smartphone Android pengguna.

2. Cara Memperbaiki Foto yang Rusak Online Melalui Office Recovery Web Tool

Cara kedua yang bisa pengguna tempuh untuk memperbaiki foto yakni dengan mengakses situs tertentu di browser. Situs yang direkomendasikan adalah Office Recovery Web Tool. Situs ini dipilih karena mampu memperbaiki foto dalam berbagai format, seperti .jpg, .jpeg, .png, dan lain-lain.

Foto yang telah diperbaiki nanti akan disimpan dalam format yang asli atau format awal. Cara ini dapat pengguna jalankan apabila cara memperbaiki foto yang rusak di Android dengan aplikasi terasa memberatkan. Langkah-langkah untuk memperbaiki foto tanpa aplikasi yaitu:

  • Pertama, bukalah browser yang tersedia di smartphone Android milik pengguna.
  • Setelah itu, ketikkan “Office Recovery Web Tool” pada kolom pencarian. Lalu, klik “Enter”.
  • Kemudian, klik situs teratas yang muncul.
  • Pengguna pun diarahkan pada halaman awal situs tersebut. Pilih “Online File Repair” untuk memperbaiki foto secara online.
  • Lalu, klik “Choose File” untuk memilih foto yang rusak dan hendak pengguna perbaiki.
  • Setelah pengguna memilih foto, selanjutnya klik “Secure upload and repair”.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses perbaikan foto yang rusak selesai.
  • Langkah terakhir, klik “Get the repaired file” untuk mendownload hasil perbaikan yang tadi telah dilakukan.

Situs Office Recovery Web Tool dapat pengguna akses dan gunakan secara gratis. Namun, kekurangannya adalah akan muncul watermark pada hasil perbaikan foto. Jika pengguna tak masalah dengan adanya watermark pada fotonya, maka gunakanlah situs ini secara gratis.


Kesimpulan

Demikian ulasan cara memperbaiki foto yang rusak di HP Android yang dapat pengguna coba. Setiap cara mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Apabila memori Android pengguna masih cukup longgar, disarankan untuk memakai aplikasi. Namun, jika ingin memperbaiki lewat browser pun tak masalah.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.