Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil Telkomsel 2022

Cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil telkomsel -- Telkomsel merupakan provider yang banyak dipilih karena memiliki jaringan terluas dan terbesar. Bahkan bisa dijangkau dari pelosok negeri atau daerah pegunungan sekalipun. Meski terkadang sinyalnya bermasalah, namun ada banyak cara mengatasi sinyal Telkomsel lemot yang bisa dipraktekkan.


Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Tidak Stabil

Kecepatan sinyal pada ponsel, dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti aplikasi, kondisi ponsel, atau bahkan karena provider itu sendiri. Maka dari itu, artikel ini telah merangkum bermacam Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil Telkomsel untuk mengatasinya, diantaranya:

  • cara mengatasi jaringan telkomsel tidak stabil
  • kode mempercepat jaringan telkomsel
  • cara memperbaiki jaringan telkomsel di hp samsung
  • cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil axis
  • jaringan telkomsel tidak stabil hari ini 2022
  • apn telkomsel
  • cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil smartfren
  • jaringan telkomsel lemot di android

Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil Telkomsel

7 Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil Telkomsel 2022

1. Cari Lokasi yang Tepat

Meski sinyal sifatnya tidak terlihat dengan kasat mata, namun jika ada hal yang dapat menghalanginya maka kekuatannya pun dapat terganggu. Misalnya terdapat bangunan besar yang menghalangi atau pohon besar, sinyal juga sulit diraih bila ponsel berada di basement.

Jadi, bila menemui kendala-kendala seperti itu, lebih baik berpindahlah ke tempat yang tidak mendapat halangan apapun. Salah satu cara mengatasi sinyal Telkomsel lemot ini terbukti sangat efektif untuk menyelesaikan masalah dan bisa membuat sinyal lancar.


2. Tutup Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Pastikan bahwa setiap selesai menjalankan aplikasi, tutup segera aplikasi tersebut. Terlebih untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan jaringan internet. Jika aplikasi terus terbuka dan berjalan pada latar belakang, maka sinyal otomatis akan melambat.

Selain memperlambat sinyal, aplikasi yang terus berjalan di latar belakang juga akan menguras kuota internet. Karenanya pastikan untuk segera menutup aplikasi setelah selesai menggunakannya.


3. Pastikan Kuota Internet Mencukupi

Lakukan pengecekan sisa kuota internet Telkomsel melalui panggilan *888# atau lihat langsung pada aplikasi MyTelkomsel. Pastikan bahwa kuota masih mencukupi dan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Kuota yang hampir habis cenderung memiliki sinyal yang lambat.

Biasanya pengguna tak menyadari bahwa meskipun kuota yang dimiliki terbilang cukup banyak namun kuota tersebut memiliki ketentuan penggunaan tersendiri. Misalnya kuota Maxstream yang cuma bisa dipakai untuk membuka aplikasi tertentu.


4. Mulai Ulang Sinyal

Bila sinyal tak kunjung berjalan normal maka cara mengatasi sinyal Telkomsel lemot selanjutnya adalah dengan restart sinyal. Hal ini bisa dilakukan ketika sinyal penuh namun kecepatannya justru lemot.

Cara restart atau mulai ulang sinyal bisa dilakukan dengan mengaktifkan mode pesawat pada ponsel beberapa waktu dan mengaktifkannya kembali. Cara lain juga bisa dilakukan dengan me-restart ponsel supaya sistemnya bisa memulai ulang dan menangkap kembali sinyal.


5. Periksa Kondisi SIM Card

Umumnya SIM card yang telah berusia 3 tahun atau lebih, sudah memiliki goresan atau kotoran pada bagian chipnya. Untuk mengatasi hal ini, silahkan untuk mengganti SIM card dengan yang baru. Agar sinyal dapat tertangkap dengan maksimal dan anti lemot.


6. Pastikan Ponsel Mendukung

Ponsel yang diproduksi pada 5 tahun lalu atau lebih pastinya memiliki sistem yang berbeda dengan ponsel tahun produksi terbaru. Bahkan ada juga ponsel yang tidak bisa digunakan untuk menangkap sinyal dengan cepat.

Maka cara mengatasi sinyal Telkomsel lemot adalah dengan memeriksa apakah ponsel masih mampu untuk menjalankan internet dengan cepat atau tidak. Jika ponsel sudah tidak mumpuni dan tidak melakukan pembaruan lagi, sebaiknya gantilah ponsel ke tipe terbaru.


7. Upgrade ke 4G

Penyebab lain mengapa sinyal Telkomsel menjadi lambat adalah karena pengguna masih menggunakan jaringan 3G. Padahal sinyal Telkomsel sudah seharusnya beralih ke 4G. Jika sinyal sering mengalami gangguan dan lemot, beralih ke 4G adalah salah satu solusinya.

Sinyal 4G memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dan koneksi yang lebih cepat tentunya. Silahkan melakukan pengalihan jaringan ke Grapari supaya mendapatkan sinyal yang lebih cepat dan layanan optimal.


Kesimpulan

Banyak kemungkinan yang mengakibat sinyal lemot pada Telkomsel atau bahkan tidak muncul sinyal sama sekali. Untuk itu, banyak Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil Telkomsel 2022 yang bisa diterapkan dan menjadi alternatif ketika membutuhkannya.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.