Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di HP Terbaru 2023 (Samsung, Xiomi dan Oppo )

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak yang Tidak Terbaca di HP Samsung, Xiomi dan Oppo Tanpa Memformat -- Keberadaan kartu SD card dalam memori merupakan hal penting untuk ruang penyimpanan. Tapi terkadang ini mengalami berbagai permasalahan seperti rusak dan tidak terbaca yang mengakibatkan banyak masalah lainnya. Sehingga perlu diketahui cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca.


Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca


Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca

Banyak juga yang mengenal hal ini sebagai memori eksternal yang sangat dibutuhkan dalam ponsel. Walau beberapa ponsel saat ini memiliki memori internal yang terbilang besar tetapi hal ini tidak bisa terpisahkan. Maka dari itu, simak berbagai pembahasan selengkapnya mengenai:

  • cara mengatasi kartu sd tidak terbaca di hp samsung
  • cara memperbaiki kartu sd yang tidak terbaca di hp
  • cara memperbaiki kartu sd yang rusak tanpa memformat
  • cara mengatasi kartu sd tidak terbaca di hp xiaomi
  • aplikasi memperbaiki memory card yang tidak terbaca
  • cara mengatasi kartu sd tidak terbaca di hp oppo
  • cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di hp dan pc
  • sd card tidak terbaca di android

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca


5 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tidak Terbaca Tanpa Memformat di HP Android

1. Cara Mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Oppo

Cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca pertama dengan membersihkan kartu memori. Bisa dikatakan ini merupakan pertolongan pertama dan begitu mudah untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkahnya:

  • Untuk itu, pertama silahkan keluarkan kartu memori dari ponsel Oppo atau gadget yang dimiliki.
  • Ketika mengeluarkan kartu memori ini ponsel harus dalam keadaan mati.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk membersihkan pada bagian lempengan tembaga berwarna kuning keemasan. Caranya adalah dengan menggosok secara perlahan menggunakan penghapus pensil.
  • Jika merasa semuanya telah bersih, maka silahkan kembali pasang kartu memori secara tepat pada bagian sim yang tersedia.

2. Cara Mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Samsung

Kemudian untuk cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca adalah dengan melakukan format dari ponsel. Untuk langkah ini pengguna bisa memanfaatkan pada bagian fitur menu setting yang terdapat pada ponsel. Lalu silahkan ikuti berbagai langkah berikut ini:

  • Pada menu setting HP Samsung yang tersedia pengguna harus beranjak dan memilih pada bagian fitur storage.
  • Pada fitur tersebut akan ada pilihan erase SD card, jangan lupa untuk memilih ini sebagai melakukan format atau penghapusan.
  • Setelahnya memori eksternal pada ponsel akan terlihat bersih seperti baru kembali karena berbagai file lama telah terbuang karena dibersihkan.


3. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dengan Mengecek Error Dari PC

Rekomendasi selanjutnya terkait cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca melalui laptop. Untuk ini pengguna harus membutuhkan kabel data untuk menyambungkan ponsel dengan perangkat laptop. Selanjutnya simak beberapa langkah berikut:

  • Pertama harus memastikan jika kartu memori terbaca pada ponsel yang dihubungkan melalui kabel data ini.
  • Yaitu dengan memilih fitur MSC bukan MTP. Lalu beranjak pada bagian Windows Explorer dengan mengklik kanan dari kartu memori ini.
  • Lalu pilih bagian properties silahkan cek pada error checking yang ada di tools hingga semuanya selesai. Tidak menunggu lama ejek kartu memori untuk mengukur keterbacaan dari kartu memori ini.


4. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di PC

Langkah berikutnya yang juga bisa dicoba adalah dengan melakukan format dengan bantuan komputer. Berbeda halnya dari penjelasan sebelumnya yang menggunakan ponsel saja. Langkahnya pun tidak begitu rumit seperti penjelasan berikut ini:

  • Pertama adalah dengan membuat folder baru pada hardisk untuk melakukan penyimpanan sementara.
  • Berikutnya salin semua isi dari kartu memori ini dan pindahkan pada folder yang telah dibuat.
  • Jika semuanya telah tersalin maka mulai untuk memformat kartu memori terakhir. Tinggal kembalikan file yang telah di copy ini agar tidak kehilangan data.


5. Cara Mengatasi kartu SD tidak Terbaca di hp Xiaomi

Cara termudah lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart pada ponsel. Terkadang biasanya hal ini justru disebabkan karena masalah yang terdapat pada sistem operasi ponsel. Contohnya saja jika pengguna mengecas ponsel secara semalaman dalam kondisi mati.


Maka dari itu, penggunaannya perlu mematikan ponsel selama beberapa saat. Lalu hidupkan kembali seperti sedia kala untuk mengecek apakah cara ini berfungsi atau tidak. Ketika mematikan ponsel ini juga jangan lupa untuk melepas kartu SD.


Kesimpulan

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca di HP Xiomi, Oppo dan Samsung. Beberapa langkah yang telah dijelaskan tersebut pastinya mudah untuk dilakukan siapa saja. Serta tidak perlu bantuan tenaga ahli yang harus mengeluarkan biaya.

Mr. Nokturnal
Mr. Nokturnal Aktif menulis artikel seputar Internet, Game, Aplikasi, Tips Trik dan Teknologi terkini sejak tahun 2019. Semoga memberi manfaat untuk para pembaca.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di HP Terbaru 2023 (Samsung, Xiomi dan Oppo )"