Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Remot TV Polytron yang Tidak Merespon dan Terkunci 2023

Cara Memperbaiki Remot TV Polytron yang Tidak Merespon -- Masalah di remot TV cukup sering terjadi. Namun, jangan segera mengganti remotnya. Agar tidak bingung, cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon penting untuk diketahui. Tidak perlu bingung lagi, terdapat berbagai metode yang bisa dilakukan sendiri untuk memperbaikinya.


Cara Memperbaiki Remot TV Polytron yang Tidak Merespon


Cara Memperbaiki Remot TV Polytron yang Tidak Merespon

1. Cara Memperbaiki Remot TV Polytron yang Tidak Merespon Dengan Memeriksa Circuit Board (PCB)

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon berikutnya adalah memeriksa bagian PCB dari remot tersebut. Metode ini dapat dilakukan apabila semua cara yang  dilakukan sebelumnya belum berhasil. PCB adalah komponen yang berada di bagian dalam remot TV.


Bentuknya lempengan hijau, dengan komponen-komponen kecil yang direkatkan solder. Apabila ada komponen yang lepas, maka sambungan sirkuit akan terputus. Untuk mengatasi hal ini, berikut solusinya:

  • Bongkar remot TV, kemudian ambil PCB-nya.
  • Periksa apakah terdapat komponen yang hampir terlepas dari PCB tersebut.
  • Ambil solder, kemudian rekatkan kembali bagian-bagian yang nyaris lepas menggunakan solder tersebut.
  • Tunggu sesaat sampai hasil soldernya mengering.
  • Pasang kembali PCB tersebut pada remot, lalu coba tes apakah sudah berfungsi kembali.


2. Cara Memperbaiki Remot TV Polytron Yang Terkunci Dengan Melakukan Reset

Kendala yang kerap kali dialami oleh remot TV universal yaitu eror karena permasalahan sistem. Jadi, cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon dapat dilakukan dengan melakukan reset. Berikut ini beberapa langkahnya:

  • Ketuk tombol power yang berfungsi menyalakan remot.
  • Klik tombol “Menu”, lanjutkan dengan menekan ikon “Lock”.
  • Pilihlah opsi yang meminta password, kemudian tekan “Mute” di remot sebanyak tiga kali.
  • Masukkan kode TV, lalu buat kata sandi yang baru. Remot sudah berhasil di reset.


3. Mengganti Baterai Sebagai Solusi Penyebab TV tidak Merespon Remot

Hal ini terkesan sepele, namun bisa menyebabkan remot tidak responsif. Pengguna dapat memeriksa daya baterai dengan memakai multitester, analog maupun digital. Jika tidak, baterai remot bisa dilepas kemudian dipasang pada elektronik lain, contohnya jam dinding.


Apabila fungsinya terhambat atau bahkan tidak berfungsi, tandanya baterai telah habis. Pasokan daya dapat dikembalikan dengan mengganti baterai. Cara menggantinya sangat sederhana, yakni:

  • Buka tutup baterai pada bagian belakang remot.
  • Ganti baterai baru. Umumnya remot TV memakai baterai dengan jenis AA.
  • Pasang tutup baterainya kembali, lalu cek dengan menyalakan atau mengganti siaran televisi.


4. Lampu Remote TV Menyala Tapi Tidak Berfungsi atau  Cara perbaiki sensor remote TV

 Segera Membersihkan Besi Penghubung. Besi penghubung yang terletak di tempat baterai perlu diperiksa kondisinya, apakah terdapat karat. Jika berkarat, tentu arus listrik terhambat sehingga fungsinya tidak optimal. Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon dapat dilakukan dengan langkah berikut:

  • Lepas satu persatu baut dari remot TV.
  • Ambil besi pada penghubung baterai.
  • Bersihkan bagian yang berkarat dengan cairan khusus elektronik yang disemprotkan ke kain lembut.
  • Tunggu sesaat sampai kering, kemudian pasang lagi besinya di remot.

5. Cara Memperbaiki Remot TV Tombol Tidak Berfungsi Dengan Membersihkannya

Remot TV adalah alat yang bersentuhan langsung dengan tangan. Maka, wajar jika kotoran kerap kali masuk ke sela-sela tombol remot tersebut. Kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan remot tidak responsif saat dipencet. Maka tindakan yang perlu dilakukan diantaranya:

  • Ambil cotton bud atau kain lap yang bersih.
  • Usapkan perlahan ke keypad. Khusus area yang lebih sulit dijangkau dapat memakai sikat gigi yang tidak terpakai. Pastikan tidak terdapat cairan karena komponen remot rentan mengalami kerusakan.
  • Bisa juga memakai slime khusus yang bisa membersihkan sampai ke sela-sela. Bersihkan perlahan hingga tidak terdapat sisa kotoran.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai Cara Memperbaiki Remot TV Polytron yang Tidak Merespon dan Terkunci. Semuanya cukup mudah diterapkan untuk berbagai jenis remot, sehingga ketika terjadi masalah dapat segera diatasi kembali pada fungsi normalnya. 


Namun jika masih belum mengatasi, solusi terbaik adalah membawanya ke tempat servis elektronik. Jangan lupa follow Johnnyheadband.com di Google News. Selain itu kami akan memberikan informsi secara akurat berdasarkan sumber yang jelas dan dapat dipercaya mulai dari buku, media dan sumber-sumber lainnya.


Artikel ini ditulis oleh content writter berpengalaman yakni dalam bidangnya sejak tahun 2019. Ia menggeluti topik ini dengan sangat baik. Selain itu juga, penulis memiliki pengalaman pribadi sehingga bisa berbagi dengan sangat santai. Terima kasih sudah membaca.

Mr. Nokturnal
Mr. Nokturnal Aktif menulis artikel seputar Internet, Game, Aplikasi, Tips Trik dan Teknologi terkini sejak tahun 2019. Semoga memberi manfaat untuk para pembaca.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Remot TV Polytron yang Tidak Merespon dan Terkunci 2023"