Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Sinyal Axis yang Jelek Agar Kuat dan Tidak Lemot

Cara Memperbaiki Sinyal Axis yang Jelek -- Bagi pengguna Axis ataupun provider lainnya, tentu pernah mengalami masalah jaringan. Untuk itu, cara memperbaiki sinyal Axis yang jelek menjadi informasi yang penting untuk diketahui sebagai antisipasi. Agar kondisi yang mengganggu ini dapat diatasi, pengguna perlu mengetahui penyebab hingga cara menanganinya.


Cara Memperbaiki Sinyal Axis yang Jelek Agar Kuat dan Tidak Lemot


Penyebab Sinyal Axis jelek

Koneksi yang buruk pada jaringan provider, termasuk Axis salah satunya disebabkan kondisi cuaca. Misalnya ketika sedang hujan deras bahkan berangin, maka penerimaan sinyal akan terganggu sehingga tidak maksimal. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan jaringan lemah adalah bandwidth melebihi batas pemakaian.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengguna yang online pada waktu bersamaan. Sehingga, kecepatan internet harus dibagi-bagi ke banyak perangkat. Agar mampu menampung semua kebutuhan tersebut, sinyal akan dikurangi kekuatannya.

Selain kedua faktor tersebut, penyebab berikutnya adalah paket internet sudah melalui masa tenggang. Ini dapat menimbulkan kesalahan di APN. APN merupakan sistem protokol yang membantu perangkat mengakses internet.


Cara Memperbaiki Sinyal Axis yang Jelek


2 Cara Memperbaiki Sinyal Axis yang Jelek Agar Kuat dan Tidak Lemot

Cara Memperbaiki Sinyal Axis yang Jelek

Sebelumnya telah dibahas mengenai hal-hal yang sekiranya membuat sinyal Axis memburuk. Namun, jangan terburu membawanya ke tempat servis. Pengguna dapat melakukan beberapa hal sendiri agar masalah sinyal buruk bisa teratasi, yakni:

1. Memperbaiki Jaringan Menggunakan APN

Metode pertama yang dapat dilakukan untuk membuat jaringan Axis lancar kembali adalah mengatur APN. Sebagai bagian yang berfungsi sebagai gerbang masuk jaringan penghubung, APN dapat mengalami masalah di gateway. Untuk itu, pengguna dapat mengatur kembali APN dengan beberapa langkah berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan di perangkat.
  2. Cari opsi jaringan atau konektivitas. Namanya dapat berbeda tergantung dengan perangkat yang digunakan.
  3. Pilihlah “Kartu SIM”, lalu klik “Axis”.
  4. Lanjutkan dengan masuk ke “APN”. Di sini pengguna bisa mengatur konektivitas dari jaringannya.
  5. Untuk mengatur data APN, pengguna bisa mengisinya sesuai dengan ketentuan yang telah dijelaskan di blog milik Axis.
  6. Sesudah mengisi data dengan benar, melakukan restart pada hp agar pengaturan terbaru tersebut dapat menjalankan fungsinya.

2. Memperbaiki Sinyal Axis Dengan Refresh Jaringan

Alternatif cara memperbaiki sinyal Axis yang jelek lainnya adalah melakukan refresh. Hal ini terkesan sederhana, namun tidak jarang masalah sinyal buruk bisa kembali normal sesudah di-refresh. Begitu juga dengan provider Axis yang dapat di-refresh dengan langkah mudah berikut:

Matikan jaringan internet untuk sementara waktu. Matikan paket data, kemudian tunggu beberapa menit. Setelah itu barulah coba dinyalakan kembali.

Apabila sinyalnya masih belum bagus, pengguna dapat restart perangkatnya. Lanjutkan dengan mengaktifkan “mode pesawat”, lalu tunggu lagi beberapa saat. Matikan “mode pesawat”, lalu nyalakan ulang paket data.


3. Memperbaiki Sinyal Axis Yang jelek Dengan Mengganti Jaringan

Metode berikutnya yang bisa dilakukan apabila cara lainnya belum berhasil adalah mengganti jaringannya. Ini dapat menjadi pancingan sehingga sinyal Axis dapat kembali pada kondisi normalnya. Berikut ini langkah cepat untuk melakukannya:

  1. Masuk ke pengaturan di perangkat masing-masing.
  2. Pilih opsi jaringan/konektivitas.
  3. Ganti jaringan 4G menuju ke 2G atau 3G. Nantikan selama beberapa menit, kemudian kembalikan lagi sinyalnya menjadi 4G.
  4. Lakukan selama beberapa kali hingga sinyalnya bisa normal kembali.

Jika sudah melakukan berbagai cara seperti yang dijelaskan namun masih sering bermasalah, pengguna dapat menghubungi customer service dari Axis. Opsi lainnya adalah menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk memperkuat sinyal. Contohnya Net Optimizer, Connection Stabilizer Booster, Signal Strength, dan masih banyak lagi. 


Cara cara yang kami paparkan diatas dapat digunakan untuk mengatasi masalah sinyal axis seperti:

  • sinyal axis hari ini 2022
  • cara memperkuat sinyal axis 4g
  • cek jaringan axis hari ini
  • kapan jaringan axis kembali normal
  • kenapa jaringan axis e terus
  • jaringan axis lemot hari ini
  • jaringan axis hilang
  • cara mengatasi kartu axis tidak ada jaringan


Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai penyebab serta cara memperbaiki sinyal Axis yang jelek. Semua jaringan tentu pernah mengalami masalah pada saat tertentu. Dengan mengetahui cara-cara ini, pengguna dapat mengantisipasi jika nantinya mengalami masalah jaringan. Sehingga dapat segera ditangani dan berfungsi normal kembali.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.