Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan EFIN Online Tanpa ke Kantor Pajak 2022

Cara Mendapatkan EFIN Online Tanpa ke Kantor Pajak 2022 -- Dulu saat akan melakukan aktivitas pajak, maka harus mendatangi langsung kantor perpajakan untuk membuat surat perpajakan. Namun sekarang sudah bisa dilakukan secara online, namun harus memiliki EFIN. Sehingga, juga perlu diketahui cara membuat efin online. Untuk lebih jelasnya, simak berikut uraiannya.


Cara Mendapatkan EFIN Tanpa ke Kantor Pajak 2022

Sekilas Tentang EFIN, Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat EFIN secara online, maka pengguna bisa simak dahulu mengenai apa yang disebut dengan EFIN. Jadi, pengguna bisa sekaligus paham dengan apa itu EFIN. Juga fungsi dari EFIN tersebut.

Kata EFIN sendiri merupakan akronim dari kata Electronic Filing Identification Number adalah suatu nomor identitas. Nomor tersebut dikeluarkan atau diterbitkan oleh DJP atau Direktorat jenderal pajak. EFIN ini sangat berguna saat akan melakukan aktivitas pajak secara online.

Tak hanya untuk membantu dalam proses pembayaran pajak, namun juga bisa digunakan untuk pembuatan kode billing pajak atau lapor SPT melalui e-Filing. EFIN juga sudah keamanannya untuk melakukan transaksi perpajakan. Untuk bentuknya nomor EFIN mirip dengan nomor NPWP.

Kebanyakan orang takut melakukan cara-cara seperti itu dengan cara online karena takut informasi tersebut malah akan bocor. Namun dengan adanya EFIN, maka data tersebut akan terlindungi. Sebab itu, dikatakan bahwa akan aman jika melakukan transaksi menggunakan EFIN.


Cara Mendapatkan EFIN Tanpa ke Kantor Pajak 2022


2 Cara Mendapatkan EFIN Online Tanpa ke Kantor Pajak 2022

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan EFIN dan juga fungsinya, maka pengguna bisa simak bagaimana cara membuatnya. Kali ini akan disebutkan dua cara yang bisa pengguna coba praktekkan. Jadi, berikut beberapa cara membuat efin online, diantaranya:

1. Cara mendapatkan EFIN tanpa ke Kantor pajak Menggunakan Situs Online Resmi Pajak

Pertama adalah bisa dengan membuat atau mendaftar EFIN melalui situs resminya wajib pajak. Jadi, pengguna bisa mengaksesnya langsung menggunakan browser. Bisa juga menggunakan Chrome agar bisa mengakses situs desktop. untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah berikut:

  • Langkah pertama, pengguna harus menyiapkan surat NPWP terlebih dahulu sebelum memulai proses untuk pendaftaran.
  • Selanjutnya tinggal buka browser dan kunjungi situs pendaftaran EFIN di efin.pajak.go.id.
  • Jika sudah sampai pada halaman utama, bisa coba klik aktivasi EFIN (beta) kemudian situs akan meminta akses kamera, dan tinggal berikan akses.
  • Kemudian tinggal klik lanjutkan, aktivasi EFIN ini akan bisa dilakukan apabila data kependudukan sudah sesuai dengan data pendaftaran yang dilakukan oleh petugas KPP.
  • Bila sudah, maka bisa klik mulai sekarang, lalu isikan nomor NPWP pada kolom yang telah disediakan.
  • Lalu tinggal klik lanjutkan, maka setelahnya pengguna akan mendapatkan arahan mengenai apa yang harus dilakukan.


2. Cara mendapatkan EFIN online 2022 Menggunakan Alamat Email

Jika sebelumnya menggunakan Situs resmi, maka kali ini pengguna juga bisa membuat atau mendaftar EFIN menggunakan Alamat Email. Namun sebelumnya pengguna harus memiliki alamat email kantor pajak daerah tersebut.

Atau bisa dapatkan pada link https://pajak.go.id/id/unit-kerja tersebut. Untuk lebih jelasnya, simka beberapa langkah berikut:

  • Bila sudah mendapatkan alamat email, maka pengguna bisa coba dapatkan formulir pendaftaran.
  • Untuk mendapatkannya, bisa kunjungi https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-efin lalu formulir bisa langsung diisi.
  • Kemudian sertakan swafoto yang memegang KTP dan NPWP pastikan nomornya terlihat.
  • Saat akan mengirimkan email, pada bagian subjek bisa diisi dengan “Permintaan Nomor EFIN” setelah itu tinggal isi pesan.
  • Pada pesan isikan pertama berupa nomor NPWP kedua berupa nama lengkap, ketiga berupa nomor NIK, keempat berupa Alamat ktp.
  • Lalu sertakan juga alamat email dan terakhir sertakan juga nomor handphone.
  • Kemudian lampirkan juga formulir yang telah diisi, dan foto yang telah dibuat kemudian tinggal kiriman, dan menunggu balasan, selesai.

Kesimpulan

Demikian adalah pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan EFIN. Juga sudah diuraikan Cara Mendapatkan EFIN Online Tanpa ke Kantor Pajak 2022 yang bisa pengguna coba. Tinggal tentukan akan menggunakan cara pertama atau kedua yang menurut pengguna mudah.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.