Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP Lama Terisi

Cara Mengatasi Baterai HP Lama Terisi -- Mungkin pengguna pernah mengalami saat sudah sangat lama mencharger namun baterai lama sekali terisi. Mungkin saat itu pengguna bingung dengan apa yang sebenarnya menjadi masalah akan hal tersebut. Jadi, akan dibahas beberapa penyebab baterai hp lama terisi.


Cara Mengatasi Baterai HP Lama Terisi

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP Lama Terisi

1. Kabel Charger Rusak

Penyebab pertama yang sering terjadi dalam masalah ini adalah adanya kerusakan pada kabel charger. Tak heran, hampir setiap hari charger tersebut digunakan, jadi bukan hal mustahil bila mengalami kerusakan. Jika kabel ada kerusakan, maka penghantaran daya juga akan terhambat.

Jika hantaran daya terhambat, otomatis pengisian daya juga akan lebih lama, bahkan tidak sampai sama sekali. Bila kabel USB tidak ada kerusakan apa pun, maka coba cek port USB tersebut. Bisa jadi masalah utamanya adalah terdapat kerusakan pada port USB.


2. Adapter Mulai Rusak

Selain adanya masalah pada kabel USB, bisa jadi adapter yang rusak. Tak hanya saat port USB yang rusak, ketika adapter pada ponsel rusak juga akan mengakibatkan pengisian daya sedikit lebih lambat. Kerusakan ini biasanya terjadi karena beberapa hal.

Adapter ini bisa rusak karena saat mencolokkan port USB terlalu kasar. Hal tersebut tentunya akan membuat adapter sedikit goyah atau semacamnya hingga membuatnya rusak. Atau bisa juga karena ponsel jatuh karena adapter bisa saja rusak karena adanya guncangan yang keras.


3. Baterai Rusak

Penyebab baterai hp lama terisi yang selanjutnya adalah bisa saja karena baterai pada ponsel telah rusak. Tentu pengguna juga tahu, bahwa setiap barang elektronik akan ada masanya mengalami kerusakan. Termasuk pada baterai, apalagi jika baterai mengalami pembengkakan.

Atau jika ponsel masih baru namun pengisian daya sangat lama, mungkin disebabkan karena adanya cacat produksi pada baterai. Jika memang seperti itu, maka bisa bawa pada toko tempat semula membelinya. Tapi jika terjadi kerusakan, maka bisa bawa ke tukang servis.


4. Sumber Daya Listrik Yang Terlalu Lemah

Penyebab sela selanjutnya adalah mungkin saja karena Menggunakan sumber daya yang terlalu lemah. Melakukan pengecasan pada port USB komputer atau laptop juga sering membuat pengisian lebih lama. Jadi, pastikan apakah penyebab ini benar.

Jika memang hal ini yang menjadi penyebabnya, maka pengguna bisa mengatasinya dengan menggunakan charger asli. Selain itu, lakukan pengecasan pada sumber daya langsung, bukan lewat hantaran lain. Hal ini juga bisa mencegah adanya kerusakan pada baterai.


5. Di Charge Sambil Digunakan

Kelima adalah bisa jadi penyebab baterai tidak cepat terisi adalah karena ponsel di charge sambil digunakan. Pada dasarnya saat ponsel digunakan, maka secara otomatis baterai akan terkuras. Saat mencharger maka otomatis daya yang baru masuk akan langsung digunakan.

Hal tersebut tentu akan membuat baterai tidak cepat terisi. Jadi akan lebih baik jika menunggu daya terisi penuh terlebih dahulu. Mencharge sambil digunakan juga akan membuat kerusakan pada baterai itu sendiri.


6. Charger Tidak Cocok

Masalah selanjutnya bisa juga karena charger yang digunakan tidak cocok. Seperti misalnya bukan menggunakan charger ori, dan malah menggunakan charger milik brand lain. Hal ini juga bisa membuat pengisian daya jauh lebih lambat.

Jadi, lebih baik jika menggunakan charger ORI dari smartphone tersebut. Atau jika tidak, jangan membeli charger dengan harga yang murah, karena bisa saja membuat baterai rusak. Beli yang sedikit lebih mahal namun dengan kualitas bagus.


Baterai HP Lama Ngisinya?

Ada begitu banyak yang mengalami masalah ini sehingga muncul pencarian di google penelusuran dengan berbagai kata kunci mulai dari:

  • cara mengatasi baterai hp lama terisi
  • cara mengatasi baterai lama terisi xiaomi
  • cara mengatasi hp samsung ngecas lama
  • cara mengisi baterai hp dengan cepat
  • efek ngecas hp terlalu lama
  • baterai lama terisi dan cepat habis
  • waktu normal pengisian baterai hp
  • kenapa ngecas hp vivo lama
  • cara mengatasi pengisian baterai hp yang lama
  • kenapa ngecas hp oppo lama
  • cara mengatasi pengisian daya lambat samsung
  • cara mengisi baterai hp dengan cepat
  • ngecas hp lama malah berkurang
  • baterai lama terisi dan cepat habis
  • efek ngecas hp terlalu lama
  • kenapa ngecas hp vivo lama

Kesimpulan

Demikian beberapa penyebab baterai hp lama terisi beserta cara mengatasinya yang mungkin terjadi pada smartphone. Setidaknya dengan tahu apa saja penyebabnya, maka pengguna juga tahu bagaimana harus bertindak. Juga agar lebih berhati-hati dalam pemakaian agar tidak rusak.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.