Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Serta Cara Mengatasi HP Panas dan Boros Baterai

Cara Mengatasi hp yang cepat panas dan boros baterai -- Kira-kira, apa saja penyebab HP panas dan boros baterai yang perlu diketahui? Pengguna HP pastinya pernah merasakan hal ini bukan? HP panas bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan jika terjadi secara terus menerus bisa merusak HP itu sendiri.


Cara Mengatasi HP Panas dan Boros Baterai

Jika dipakai berjam-jam terasa panas mungkin itu masih wajar. Akan tetapi bila baru digunakan sebentar bahkan tidak digunakan tetap terasa panas dan baterai cepat berkurang, itu perlu dicari tahu apa penyebabnya. Berikut ada beberapa faktor penyebabnya, diantaranya:

  • cara mengatasi hp panas batre tanam
  • cara agar hp tidak cepat panas dan boros baterai xiaomi
  • penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya
  • cara mengatasi hp panas saat data hidup
  • cara mengatasi hp cepat panas samsung
  • cara mengatasi hp panas saat dicas
  • kenapa hp samsung cepat panas dan baterai cepat habis
  • cara mengatasi hp panas oppo

Cara Mengatasi HP Panas dan Boros Baterai


6 Penyebab Serta Cara Mengatasi HP Panas dan Boros Baterai 

1. HP digunakan Ketika dicas

Salah satu penyebab HP panas dan boros baterai yakni HP digunakan ketika saat pengisian daya. Penggunaan HP saat dicas ini sangat tidak dianjurkan. Jika dilakukan secara terus-menerus, maka kemungkinan dapat merusak hardware HP.

Saat pengisian daya, disarankan meletakkan HP pada tempat yang rata dan sejuk. Hindari menempatkannya di atas kasur dan bantal. HP cenderung mengalami panas berlebih bila terisi penuh, oleh karenanya disarankan untuk isi daya saat mendekati 30% dan berhenti saat mencapai 80%.


2. Layar HP Terlalu Terang

Alasan kedua yakni disebabkan oleh layar HP yang terlalu terang. HP dengan layar yang intensitas cahayanya tinggi akan lebih keras menyerap daya, sehingga baterai akan lebih boros dan HP mudah terasa panas.

Oleh karena itu, sebaiknya turunkan tingkat kecerahan layar, jangan sampai menyentuh tingkat maksimum. Aturlah secara manual dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kenyamanan mata. Layar HP terang secara berlebihan juga tidak baik bagi mata.


3. WiFi dan Tethering Hotspot yang Terus Aktif

Penyebab lainnya yaitu WiFi dan tethering hotspot yang aktif dihidupkan. Dua ini berfungsi untuk menyambung jaringan internet ke perangkat lain dan membagikan jaringan internet ke perangkat lain.

HP akan bekerja lebih ekstra karena membagikan serta menangkap jaringan internet. Akibatnya, banyak energi yang keluar dan berujung penggunaan baterai yang boros. Untuk itu, sebaiknya dimatikan jika memang sedang tidak digunakan untuk menghemat energi dan supaya HP tidak cepat panas.


4. Sinyal yang Tidak Stabil

Tidak hanya WiFi dan juga hotspot, sinyal data mobile yang tidak stabil juga menjadi penyebab baterai cepat habis dan cepat panas. Ini terjadi karena ketika sinyal tidak stabil, maka HP akan berusaha ekstra untuk mencari dan mendapatkan sinyal.

Apalagi jika pengguna berada di kawasan yang susah sinyal. Pastinya akan cepat sekali baterai habis dan HP mudah terasa panas. Untuk itu, sebaiknya dimatikan saja mobile data supaya tidak boros baterainya.


5. Aplikasi yang Banyak digunakan

Aplikasi yang banyak digunakan dan terus terbuka tanpa ditutup di belakang layarnya, maka akan tetap menyerap banyak energi daya HP. Seringkali pengguna membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan tidak ditutup. Padahal, itu bisa memicu HP menjadi lemot dan boros baterai.

Sebaiknya pengguna tidak menggunakan aplikasi secara bersamaan. Jika memang sudah selesai digunakan, biasakan untuk menutup atau menghapus aplikasi di belakang layar. Ini bisa menghemat penggunaan baterai dan tidak membuat HP cepat panas.


6. Baterai yang Sudah Tidak Optimal

Alasan terakhir penyebab HP panas dan boros baterai adalah baterai yang tidak bekerja secara optimal lagi. Biasanya, baterai yang sudah lama pemakaiannya dan mengalami bocor, memang menjadi pemicu HP cepat boros daya. Kemampuan baterai untuk menerima dan bekerja sudah tidak maksimal.

Baterai yang sudah bocor sebaiknya diganti dengan yang baru. Akan tetapi perlu diingat untuk mengganti baterai dengan yang original yang bisa didapatkan di konter resmi HP pengguna. Penggunaan baterai yang original tentunya lebih terjamin kualitasnya dan tidak membuat HP cepat rusak.


Kesimpulan

Itulah 6 Penyebab Serta Cara Mengatasi HP Panas dan Boros Baterai yang bisa terjadi di HP pengguna. Pengguna juga bisa ikuti saran yang tersedia untuk mengurangi permasalahan tersebut dan tetap menjaga HP tetap dalam kondisi yang baik.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.