Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 -- Sama halnya seperti smartphone, laptop juga kadang mengalami lemot dan membuat pekerjaan sedikit terganggu. Hingga mungkin pengguna mencari bagaimana cara memperbaiki laptop yang lemot untuk dilakukan. Untuk itu, pengguna bisa simak beberapa cara yang akan diuraikan kali ini, diantaranya:

  • windows 10 lemot di ram 4gb
  • cara mengatasi laptop lemot windows + r
  • cara mengatasi laptop asus lemot windows 10
  • cara mengatasi laptop lemot windows 10 tanpa instal ulang
  • cara mengatasi laptop lemot acer
  • cara mengatasi laptop lemot windows 11
  • windows 10 lemot di ram 2gb
  • pc windows 10 lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10


Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

1. Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Dengan Menghapus Program Lama Atau Menutup Program Tidak penting

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan mengidentifikasi program dan menghapusnya. Misalnya adalah ketika pengguna memiliki program yang banyak memakai ruang penyimpanan. Juga sebenarnya program tersebut sudah tidak diperlukan. Jadi, pengguna bisa menghapus untuk mengatasi laptop lemot.

Atau jika tidak ingin menghapus program tersebut, maka bisa coba tutup program tersebut terlebih dahulu. Sebab jika program tidak sesuai dengan sumber daya yang digunakan, maka bisa mengakibatkan lemot. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghapusnya jika memang tidak begitu penting.


2. Cara Mengatasi Windows 10 Lemot setelah update

Periksa Jaringan Internet Dan Juga Browser Web Yang Digunakan. Selanjutnya, pengguna juga bisa mengecek jaringan internet dan juga memeriksa browser yang tengah digunakan. Jadi, pengguna bisa periksa jaringan yang saat itu tengah digunakan. Sebab bila sedang tidak stabil, maka bisa membuat laptop lemot.

Selain itu, pengguna juga bisa coba cek browser yang digunakan apabila memang saat itu tengah mengakses browser. Cek apakah Browser tersebut versi lama atau sudah terbaru. Jika sudah versi lama, maka bisa coba lakukan pembaruan, karena bisa berpengaruh.


3. Cara Mengatasi laptop lemot saat dinyalakan Dengan Hapus Aplikasi Tak Penting

Sama halnya seperti ponsel, bila perangkat terlalu banyak aplikasi yang diunduh, maka bisa menyebabkan laptop kehabisan ruang. Jika laptop telah kehabisan ruang, maka akan membuat performa laptop menurun. Bila performa menurun, maka bisa menyebabkan laptop menjadi lemot saat digunakan.

Jadi sebagai cara memperbaiki laptop yang lemot untuk masalah ini. adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting. Dengan begitu, ruang penyimpanan pada laptop akan sedikit lebih longgar. Sehingga, performa kerja laptop lebih meningkat dari sebelumnya.


4. Menambahkan Kapasitas RAM Pada Windows 10 lemot di RAM 4-2GB

Jika memang laptop lemot karena kapasitas memori yang terlalu kecil sedangkan banyak aplikasi yang berpasangan, maka bisa coba dengan menambahkan RAM. Dengan begitu, ruang penyimpanan pada laptop akan lebih besar. Juga saat mengakses sesuatu menjadi lebih lancar.

Namun tentunya jangan sembarang menambah kapasitas RAM, namun juga perlu memperhatikan kapasitas dari laptop tersebut. Juga perlu diperhatikan kapasitas maksimal penambahan tersebut. Sebab, malah akan membuat RAM tambahan menjadi nganggur tak terpakai.


5. Cara agar laptop tidak lemot Windows 10 Coba Gunakan Antivirus

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus. Cara ini bisa diterapkan apabila terdapat kemungkinan bahwa laptop terkena malware dan semacamnya. Sebab tak hanya dapat merusak perangkat, namun membuat laptop menjadi lemot.

Dengan menggunakan software anti virus maka setiap ada virus yang masuk akan langsung terlihat dan dihapus. Namun pengguna juga perlu mengeceknya secara rutin dan mengupdate setiap ada versi terbaru. Agar performa aplikasi juga tidak menurun.


6. Cara Mengatasi laptop lemot Windows 10 tanpa instal ulang Dengan Reset Laptop

Cara terakhir yang akan diulas kali ini adalah dengan melakukan reset pada laptop. Hal ini, jika beberapa cara di atas tidak manjur untuk dilakukan. Karena mungkin sudah saking lamanya laptop digunakan dan masalah yang dialami terlalu parah.

Dengan melakukan reset, maka laptop akan kembali pada setelan pabrik dan bersih kembali dengan aplikasi juga sampah di dalamnya. Namun perlu diperhatikan, bahwa mereset maka akan kehilangan semua data yang ada di dalamnya. Jadi, bisa pindahkan terlebih dulu.


Kesimpulan

Demikian adalah beberapa Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 yang bisa coba pengguna praktekkan. Namun sebelumnya pengguna bisa pahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab laptop lemot. Sehingga bisa memutuskan cara tepat untuk mengatasinya.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.