Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF di HP Tanpa Aplikasi Menjadi 200KB

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF di HP Tanpa Aplikasi Menjadi 200KB -- Tak heran, jika file PDF memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang file lainnya seperti file txt atau semacamnya. Hingga mungkin, pengguna perlu mengecilkan ukuran tersebut agar lebih ringan. Beberapa cara mengecilkan ukuran pdf di hp tanpa aplikasi juga akan diuraikan.


Cara Mengecilkan Ukuran File PDF di HP


Cara Mengecilkan Ukuran File PDF di HP Tanpa Aplikasi

Dengan cara ini, nanti pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga, yang akan membuat ruang penyimpanan semakin sedikit. Namun hanya perlu menggunakan browser dan jaringan internet. Jadi untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara berikut:

1. Cara Mengecilkan Ukuran PDF di HP Online Menggunakan Smallpdf

Kebanyakan ponsel memang tidak dilengkapi dengan aplikasi bawaan atau fitur yang bisa digunakan untuk kompres file. Jadi bila tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan website.

Situs sendiri ada banyak sekali macamnya, salah satunya Smallpdf. Adapun beberapa langkah yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Langkah awal untuk mengecilkan ukuran PDF adalah dengan menyiapkan file yang hendak dikecilkan terlebih dahulu, agar saat memprosesnya, pengguna tidak kelabakan mencari.
  • Setelah itu, tinggal buka situsnya Smallpdf. Jadi, pastikan bahwa jaringan internet saat itu tengah lancar agar tidak mengganggu proses.
  • Setelah itu, tinggal klik menu pilih file kemudian klik file yang sebelumnya telah disiapkan.
  • Kemudian tinggal klik kompresi dasar lalu tinggal tap menu pilih opsi.
  • Tinggal tunggu prosesnya hingga unggahan selesai. Jika sudah, maka secara otomatis ukuran file akan mengecil.
  • Bila sudah, maka tinggal klik unduh untuk menyimpan file yang telah dikecilkan ukurannya.
Maka ukuran file akan jauh lebih kecil, namun bila masih kurang kecil, maka bisa diperkecil lagi, hingga sesuai yang diinginkan.

2. Cara mengecilkan ukuran PDF di HP Tanpa Aplikasi Menggunakan Situs ILovePDF

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan situs bernama ILovePDF yang tentunya bisa diakses melalui browser yang ada di ponsel. Selain itu, situs ini juga bisa diakses secara gratis. Juga pengguna tidak perlu login terlebih dahulu menggunakan akun. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama pengguna bisa masuk situs ILovePDF, bisa melalui Browser apapun yang ada di ponsel, namun lebih disarankan menggunakan Chrome agar bisa menggunakan situs desktop.
  • Setelah itu klik menu compress PDF jika memang sudah sampai pada halaman utama situs tersebut.
  • Lalu untuk mengunggah file PDF yang akan dikompres, pengguna bisa klik menu select PDF file.
  • Setelahnya pengguna akan diberikan tiga pilihan untuk ukuran atau kualitas dari file tersebut untuk dipilih.
  • Jika sudah memilih salah satunya, maka bisa coba klik menu compress PDF untuk memulai proses.
  • Apabila proses telah usai, maka bisa unduh file yang telah diperkecil ukurannya tersebut.

Pengguna juga bisa sekaligus mengubah format file PDF tersebut ke dalam bentuk format lain dalam satu situs yang sama.


3. Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb Menggunakan FreePDFConvert

Cara mengecilkan ukuran pdf di hp tanpa aplikasi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan situs bernama FreePDFConvert. Sama seperti sebelumnya, cara kali ini juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Sebab hanya perlu mengaksesnya melalui browser pada ponsel. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Langkah yang perlu pengguna lakukan untuk pertama kali adalah bisa masuk pada Browser yang ada di ponsel, namun alangkah baiknya jika menggunakan Chrome.
  • Setelah itu buka situs FreePDFConvert.com lalu pada halaman utama situs, pengguna bisa masuk pada menu choose file.
  • Lalu tinggal pilih file PDF yang akan dikecilkan ukurannya, bisa mengambil file dari Dropbox bisa juga dari google Drive.
  • Kemudian klik menu compress, maka nanti akan ada tiga opsi kompres yang bisa dipilih, kemudian tinggal klik compress PDF.
  • Jika proses telah selesai, bisa klik download untuk menyimpan file yang lebih kecil.

Kesimpulan

Demikian beberapa Cara Mengecilkan Ukuran File PDF di HP Tanpa Aplikasi Menjadi 1 Mb sampai 200KB yang bisa pengguna coba praktekkan. Ketiga cara tersebut sama-sama bisa digunakan secara gratis dan diakses menggunakan ponsel. Pengguna juga tidak perlu melakukan melakukan login terlebih dahulu.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.