Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan dan Memperbaiki Speaker HP Bunyi Kresek

Cara Menghilangkan Suara Kresek di Speaker HP -- Speaker HP menjadi komponen hardware penting yang harus dalam kondisi baik. Namun bagaimana jika komponen tersebut mengeluarkan suara aneh yang mengganggu? Tentu perlu sekali menelusuri penyebab speaker HP bunyi kresek agar bisa mengatasinya.


Cara Memperbaiki Speaker HP Bunyi Kresek


Cara Menghilangkan Suara Kresek di Speaker HP

Speaker berperan penting dalam menyalurkan bunyi, terlebih lagi suara notifikasi atau panggilan telepon. Ada banyak sekali pencarian tentang masalah ini, dan disini kita akan mengulas semuanya termasuk:

  • penyebab speaker bunyi kresek
  • cara menghilangkan suara kresek di hp
  • cara memperbaiki speaker bunyi kresek
  • speaker hp bunyi nging
  • kode untuk memperbaiki speaker hp
  • suara mic hp kresek kresek
  • cara memindahkan speaker utama ke speaker kedua
  • cara memperbaiki speaker hp xiaomi kresek kresek

5 Penyebab Speaker HP Bunyi Kresek 

Maka, sedapat mungkin pengguna merawat komponen tersebut agar tetap awet. Namun jika ternyata speaker memiliki masalah dengan bunyi, beberapa penyebabnya mungkin terjadi karena beberapa hal berikut:

1. Terdapat Debu dalam Speaker

Penyebab paling umum mengapa speaker HP menciptakan bunyi kresek yang mengganggu yakni karena kemasukan debu. Tumpukan debu yang terlalu tebal mampu mempengaruhi kualitas speaker. Bahkan ada beberapa partikel yang terserap jauh ke dalam, sehingga pengguna harus mengeluarkan waktu ekstra untuk membersihkannya.


2. Kutub pada Lilitan Coil Longgar atau Terlepas

Kutub lilitan coil yang terlepas atau longgar juga bisa menjadi salah satu penyebab speaker HP bunyi kresek yang perlu diketahui. Komponen tersebut dapat saja rusak atau bergeser apabila pengguna sering menjatuhkan HP disertai dengan benturan yang keras.

Hal ini dikarenakan solder timah pada coil lilitan terlepas atau longgar, tentunya hal ini dapat menghalangi arus listrik yang masuk. Apabila peredaran arus listrik tidak maksimal tentu akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan dari speaker HP bahkan menimbulkan bunyi mengganggu.


3. Membran Speaker Sobek

Penyebab speaker HP bunyi kresek yang juga menjadi permasalahan beberapa orang yaitu membran speaker HP bagian depan sobek. Lembaran membran tersebut pada dasarnya adalah pelindung speaker dari berbagai benda asing yang bisa saja masuk ke dalam bagian inti speaker.

Namun komponen tersebut sangat halus sehingga rentan robek apabila tidak dijaga dan diperhatikan dengan benar. Biasanya kerusakan membran speaker ditimbulkan dari tindakan ceroboh seperti membersihkan speaker dengan benda kecil yang tajam, atau HP terjatuh.


4. Jalur Listrik Putus

Jalur listrik putus yang mengalir di sekitar komponen speaker HPP juga dapat menimbulkan suara kresek pada speaker karena alirannya terganggu. Hal ini terjadi jika komponen HPP speaker mengalami benturan sehingga jalur penghubung lempengan plus minus bergeser dari PCB speaker.


5. Masalah pada Setelan Volume

Selanjutnya, yang menyebabkan speaker HP berbunyi kresek yakni adanya kesalahan penyetelan volume. Pada beberapa jenis HP, terkadang pengaturan volume terbagi atas beberapa kelompok. Jika antara satu kelompok dengan lainnya saling bertolak belakang, maka akan menimbulkan efek suara kresek pada speaker.


5 Cara Menghilangkan dan Memperbaiki Speaker HP Bunyi Kresek

Suara-suara pada speaker yang berbunyi nyaring dapat mengganggu pengguna selama beraktivitas menggunakan HP ketika mengaktifkan audio. Saat menghadapi penyebab speaker HP bunyi kresek, terdapat cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi suara kresek tersebut. Tahapan yang perlu dilakukan cukup mudah, diantaranya:

  1. Install aplikasi MX Player yang tersedia di PlayStore maupun Appstore.
  2. Selanjutnya masuk pada menu setting, kemudian pilih opsi audio dan beri tanda centang pada pemutar audio.
  3. Kemudian masuk ke pemutar player atau musik bawaan HP menggunakan aplikasi.
  4. Pilih audio, selanjutnya beri tanda centang pada pilihan “gunakan decoder audio SW”
  5. Terakhir, atur volume mencapai tingkat 70% hingga 80% sampai suara kresek pada tersamar dengan baik.

Kesimpulan

Speaker HP yang berbunyi kresek memang sangat mengganggu, apalagi ketika sedang mendengarkan musik atau melakukan panggilan dengan audio jelas seperti daring meet. 


Tentu pengguna harus mengetahui hal apa saja yang menyebabkan bunyi mengganggu tersebut agar bisa menemukan sumber masalah jika hal itu terjadi. Akhir kata kami ucapkan terima kasih karena telah menyimak Cara Menghilangkan dan Memperbaiki Speaker HP Bunyi Kresek.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.