Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa HP Tiba Tiba Mati Padahal baterai Masih Banyak?

Kenapa HP Tiba Tiba Mati Padahal baterai Masih Banyak? -- Menggunakan bantuan dari perangkat HP untuk bisa mengakses banyak hal saat ini adalah hal wajar serta lebih fleksibel bagi pengguna. Namun sayangnya, ada  beberapa hal yang menjadi penyebab HP tiba tiba mati namun masih diabaikan dan dianggap sebagai hal biasa.

Padahal jika dibiarkan dalam waktu lama, HP yang mudah mati ketika dipakai akan menjadi parah dan tidak bisa dipakai. Banyak yang bertanya di internet tentang:

  • kenapa hp tiba-tiba mati padahal baterai masih banyak
  • kenapa hp tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas
  • hp tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi
  • kenapa hp samsung tiba-tiba mati
  • kenapa hp samsung tiba-tiba mati dan hidup sendiri
  • penyebab hp mati sendiri dan cara mengatasinya
  • kenapa hp infinix tiba-tiba mati
  • cara mengatasi hp mati sendiri padahal baterai masih banyak


Bagi yang ingin tahu beberapa penyebab dari kondisi seperti ini, maka bisa langsung menyimak beberapa penyebab Kenapa HP Tiba Tiba Mati Padahal baterai Masih Banyak berikut.


Kenapa HP Tiba Tiba Mati Padahal baterai Masih Banyak?


Kenapa HP Tiba Tiba Mati Padahal baterai Masih Banyak? Ini 7 Penyebabnya

1. Memori yang Penuh di HP

Kondisi yang pertama ini, tentu saja menjadi yang paling banyak ditemui terutama untuk beberapa merek HP yang memorinya kecil. Walaupun banyak diabaikan, menggunakan HP dengan sedikit memaksa padahal memori di dalamnya sudah bengkak tidak akan membawa kebaikan.

Pada umumnya, jika HP memorinya terlalu penuh, maka nantinya berbagai aplikasi yang ada akan sulit untuk dipakai. Ketika perangkat HP yang dipakai terlalu berat, maka bisa jadi perangkat akan mudah mati begitu saja padahal tidak berniat untuk mematikannya.


2. Bug pada Firmware

Sementara itu, untuk penyebab yang kedua ini lebih berkaitan dengan adanya serangan dari bug yang mungkin muncul di bagian firmware. Jika dibiarkan begitu saja dan dalam waktu yang lama, maka mungkin saja nantinya membuat baterai di HP lebih cepat habis.

Tidak berhenti di situ, kondisi ini lama kelamaan akan mengganggu kestabilan di perangkat HP dan membuat HP menjadi lebih sulit diaplikasikan. Selain itu, jika perangkat merasa berat ketika mengakses berbagai aplikasi, kemudian akan sering mati walaupun hanya dipakai untuk obrolan biasa.


3. Tombol Power Rusak

Hal yang bisa menjadi penyebab HP tiba tiba mati lainnya adalah karena kondisi tombol power yang ternyata sudah tidak berfungsi. Kondisi seperti ini banyak yang meremehkan, padahal bisa membuat HP menjadi sulit untuk dipakai dan mati ketika dipakai rutin oleh pengguna.


4. Banyak Aplikasi yang Bekerja

Penyebab selanjutnya ini, masih banyak para pengguna yang tidak mengatur beberapa aplikasi yang ada dan dipakai di HP. Padahal jika terlalu banyak aplikasi yang bekerja, maka bisa saja membuat HP menjadi lebih berat dipakai dan mati dalam kondisi genting.


5. Notifikasi yang Terus Menyala

Kemudian, penyebab HP tiba tiba mati yang lain adalah karena para pengguna memilih untuk menghidupkan notifikasi dari aplikasi yang banyak. Kondisi HP yang selalu bunyi dan bergetar untuk notifikasi dari banyak aplikasi bisa membuat berat dan mati tiba-tiba sering terjadi.


6. File Sampah yang Menumpuk

Keberadaan dari file sampah atau cache yang menumpuk di HP bisa membuat perangkat HP menjadi lambat dan bisa mati dengan tiba-tiba. Sebaiknya para pengguna mulai memperhatikan file sampah di HP dan membersihkannya secara rutin baik secara mandiri atau dengan bantuan dari aplikasi.


7. Perangkat HP Mengalami Overheat

Ketika perangkat HP digunakan secara terus menerus, maka bisa menyebabkan kondisi overheat yang jika dibiarkan membuat perangkat bisa mati secara tiba-tiba. Sementara untuk solusinya, bisa dimulai dengan menggunakan mode hemat daya ditambah mengurangi cahaya dari layar ketika memakai HP setiap hari.


Kesimpulan

Beberapa hal yang menjadi penyebab HP tiba tiba mati padahal casnya masih banyak tersebut sebaiknya dikenali dahulu oleh pengguna agar hal yang tidak diinginkan terjadi. Apalagi ada banyak hal yang ternyata bisa membuat HP mudah mati, mulai dari cahaya layar sampai penggunaan aplikasi terlalu banyak.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.