Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai -- Mungkin banyak yang mengalami baterai cepat habis ketika sedang tidak digunakan. Kondisi tersebut sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh baterainya saja, namun terdapat penyebab lainnya. Berikut beberapa penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan yang perlu diketahui, diantaranya.


Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

  • cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis
  • cara mengatasi baterai berkurang sendiri
  • baterai cepat penuh dan cepat habis
  • kenapa baterai hp cepat habis padahal baru di cas
  • kenapa baterai hp cepat habis xiaomi
  • cara mengatasi baterai cepat habis
  • penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya
  • kenapa baterai cepat habis

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai dan Cara Mengatasinya


7 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai dan Cara Mengatasinya

1. Penyebab Baterai HP Cepat Habis Karena Masa Pakai Baterai Sudah Habis

Salah satu penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan adalah masa pakai baterai yang sudah habis. Setiap barang elektronik tentu memiliki masa pakai yang terbatas, begitu juga smartphone. Pengguna harus peka terhadap usia baterai dan karakteristik smartphone yang dimiliki.

Masa pakai pada baterai akan berpengaruh terhadap penggunaannya secara efektif. Apabila sudah melewati masa tersebut, maka baterai akan mudah mengalami gangguan. Salah satunya yaitu menjadi boros meskipun sedang tidak digunakan.


2. Kualitas Baterai yang Tidak Bagus Sehingga Baterai Cepat Habis

Biasanya semakin mahal harga suatu barang, maka berpengaruh pula terhadap kualitasnya. Hal ini juga berlaku pada baterai smartphone. Semakin mahal harga baterai, maka itu menandakan bahwa kualitasnya original dan kinerjanya sudah bagus untuk menyimpan daya.

Sangat disarankan untuk menggunakan baterai original agar tidak membuat performa smartphone menurun. Baterai kualitas kw biasanya tidak akan sesuai dengan komponen yang ada di dalamnya sehingga membuat smartphone menjadi cepat rusak.


3. Penyebab Baterai HP Cepat Habis Karena Komponen Charger yang Tidak Sesuai

Penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan selanjutnya adalah komponen charger. Seperti yang diketahui, charger merupakan salah satu alat yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai. Namun, perangkat charger yang tidak sesuai akan berpotensi merusak cell-cell di dalam baterai.

Hal ini bisa terjadi apabila pemilik smartphone menggunakan charger dengan ampere yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan ponsel. Apabila dibiarkan akan membuat kinerja baterai melemah dalam menyimpan daya sehingga akan cepat habis.


4. Penyebab Baterai HP Cepat Habis Karena Hardware Mengalami Masalah

Baterai cepat habis meskipun tidak digunakan juga bisa disebabkan oleh hardware yang bermasalah. Hal ini karena banyak komponen di dalam smartphone yang bisa mempengaruhi kinerja baterai sehingga cepat habis. Pengguna bisa melakukan pengecekan hardware dengan membawanya ke service center.


5. Membiarkan Data Seluler Dan GPS Selalu Menyala Sehingga Menyebabkan Baterai Cepat Habis

Penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan berikutnya ialah GPS dan data seluler yang selalu menyala pada ponsel. Umumnya pengguna smartphone akan membiarkan hal tersebut untuk memudahkan untuk melakukan berbagai hal yang membutuhkan koneksi internet.

Menyalakan data seluler dan GPS akan menguras kuota dan daya baterai. Tidak heran jika hal tersebut membuat ponsel cepat panas dan berakibat pada baterai yang cepat habis atau boros meskipun sedang tidak menggunakan ponsel.


6. Penyebab Baterai HP Cepat Habis Yakni Tidak Menutup Aplikasi Dengan Wajar

Pengguna ponsel seringkali lupa untuk menutup aplikasi dengan wajar. Dibanding melakukan hal tersebut, pengguna lebih memilih untuk langsung menekan tombol home ketika selesai menggunakan aplikasi.

Kondisi ini akan menyebabkan aplikasi terus berjalan di latar belakang dan memakan daya baterai yang sama dengan ketika sedang dijalankan. Untuk menghindarinya maka perlu menutup aplikasi secara bertahap hingga tertutup dengan sempurna.


7. Penyebab Baterai HP Cepat Habis Karena Koneksi Jaringan Internet Bermasalah

Ketika koneksi internet pada ponsel sedang bermasalah, maka akan membuat ponsel terasa panas. Hal tersebut karena smartphone berusaha keras untuk mencari sumber jaringan yang stabil agar pengguna bisa tetap menggunakan data seluler.  

Ini akan cukup memakan daya baterai lumayan banyak sehingga membuatnya akan cepat habis. Untuk itulah disarankan pengguna menyalakan data seluler ketika sedang diperlukan saja.


Kesimpulan

Penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan di atas sebaiknya dihindari apabila ingin baterai tetap awet dan tahan lama. Dengan demikian akan membuat perangkat ponsel juga menjadi lebih terjaga dan tidak mudah rusak.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.