Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab HP Samsung Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Samsung Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya -- Kondisi HP yang tiba-tiba mati kerap dialami oleh pengguna smartphone, salah satunya merk Samsung. Selain karena baterai habis dan kemudian drop, penyebab HP Samsung mati sendiri juga bisa diakibatkan oleh faktor lain.


 Penyebab HP Samsung Mati Sendiri

Faktor tersebut biasanya berasal dari adanya kerusakan pada hardware maupun software. Hal ini ditandai dengan kondisi HP yang mati total dan tidak mau menyala meskipun diisi oleh daya ataupun ditekan tombol power. Agar lebih memahami masalah ini, simak ulasan berkut:

  • cara mengatasi hp mati sendiri dan tidak bisa hidup
  • cara mengatasi hp samsung mati hidup sendiri
  • cara agar hp tidak mati sendiri
  • kenapa hp samsung tiba-tiba mati padahal baterai masih banyak
  • hp mati sendiri padahal baterai masih banyak
  • hp samsung tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas
  • cara mengatasi hp samsung tiba-tiba mati
  • cara mengatasi hp mati hidup sendiri baterai tanam


Penyebab HP Samsung Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya


7 Penyebab HP Samsung Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

1. HP Mengalami Overheat

Overheat pada HP merupakan kondisi panas yang berlebih saat menggunakan perangkat tersebut. Kondisi ini dapat menjadi penyebab HP Samsung mati sendiri. Saat HP mengoperasikan program atau aplikasi berat, normalnya suhu perangkat sekitar 40°C.

Apabila melebihi suhu tersebut, akan membuat HP error dan kemudian mati sendiri. Cara mengatasinya yaitu dengan membatasi HP untuk mengoperasikan program yang terlalu berat dan di luar kapasitas HP. Sehingga suhu HP akan terjaga dalam batas normal.


2. Baterai Usang

Perangkat baterai yang sudah usang atau berumur dapat membuat HP mati secara tiba-tiba, meskipun daya baterai masih ada. Selain itu, kondisi baterai usang dapat membuat performa HP tidak optimal. Cara mengatasi masalah ini, yaitu dengan mengganti baterai dengan yang baru.


3. Efek Samping Root

Root merupakan suatu tindakan mengubah paksa sistem pada software atau perangkat lunak. Jika pada proses tersebut mengalami kesalahan, maka dapat mengakibatkan HP mati dengan sendirinya. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati ketika melakukan root atau jika perlu hindari tindakan tersebut.


4. RAM Overload

Penggunaan aplikasi yang berukuran terlalu besar dapat membuat RAM overload. Selain membuat perangkat menjadi lemot, tindakan ini dapat menjadi penyebab HP Samsung mati sendiri. Oleh karena itu, hindari penggunaan aplikasi yang terlalu berat dan batasi jumlah penggunaannya dalam satu waktu.

Jika perlu copot beberapa aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Hal tersebut akan membuat kapasitas RAM yang kosong akan bertambah, sehingga pengguna akan terhindar dari resiko HP tiba-tiba mati karena RAM overload.


5. Terlalu Banyak File Sampah

Terlalu banyaknya file sampah atau cache pada perangkat HP juga dapat membuat HP mati secara tiba-tiba. File sampah ini biasanya berasal dari aplikasi maupun browser yang nantinya akan tersimpan secara otomatis pada perangkat.

Selain memberatkan kinerja HP, file sampah yang menumpuk ini dapat membuat HP mati dengan sendirinya, meskipun daya baterai masih ada. Oleh karena itu, lakukan pembersihan cache jika dirasa sudah menumpuk. Jika perlu pasang aplikasi tambahan untuk membersihkan file sampah.


6. Kerusakan Pada Sistem Aplikasi

Bug atau kerusakan pada sistem aplikasi dapat menjadi penyebab HP Samsung mati sendiri. Inilah yang menjadi alasan kenapa perangkat lunak perlu diperbaharui. Pembaruan ini berfungsi untuk memperbaiki bug firmware apapun yang menyebabkan ketidakstabilan sistem perangkat.

Oleh karena itu, kondisi HP yang tiba-tiba mati bisa jadi karena belum melakukan update perangkat. Pastika perangkat HP untuk selalu melakukan pembaruan perangkat jika sudah tersedia.


7. Terdapat Komponen HP yang Mengalami Kerusakan

Selain terjadi masalah pada software, penyebab HP mati dengan sendirinya juga diakibatkan oleh kerusakan pada hardware. Kerusakan yang biasanya menjadi penyebab masalah ini yaitu rusaknya tombol power pada HP.

Sebagian besar HP dirancang untuk melakukan restart melalui tombol power, yaitu dengan menahannya selama beberapa detik. Jika tombol power tidak berfungsi, maka kemungkinan ada kerusakan pada komponen tersebut. Apabila tidak memungkinkan untuk memperbaikinya sendiri, maka bawalah pada tempat servis.


Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai penyebab HP Samsung mati sendiri dan cara mengatasinya. Selain beberapa penyebab di atas, juga terdapat beberapa kondisi yang dapat membuat HP mati sendiri. Salah satunya seperti HP terjatuh ke air atau dari tempat yang tinggi.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.