Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna dan Cara Mengembalikannya

Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna beserta Cara mengembalikan warna layar HP yang hitam putih Samsung. Tiba-tiba saja, smartphone Samsung yang digunakan telah berubah warna layarnya? Perubahan pada layar tidak menjadi masalah jika hanya redup, namun ini merujuk pada warna yang kurang menyenangkan untuk dilihat. Setelah ditelusuri, ada berbagai macam penyebab layar HP Samsung berubah warna.


Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna


Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna dan Cara Mengembalikannya

Seperti yang dikenal, smartphone merk Samsung tentu memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Disamping reputasinya yang baik, Samsung dikenal selalu bermasalah pada layarnya. Karena itu, bagi yang menggunakan smartphone merk ini perlu paham penyebab dan cara mengatasinya.


Penyebab HP Samsung Berubah Warna

Menurut beberapa sumber, ada beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi perubahan warna pada layar Samsung. Perubahan warna dapat terjadi baik dari perbuatan sendiri, atau adanya masalah dalam sistem smartphone tersebut. Berikut macam-macam penyebab layar HP Samsung berubah warna, diantaranya:

1. Fitur Filter Warna Yang Aktif

Pada model smartphone terbaru, ada beberapa fitur yang dapat merubah warna pada layar. Fitur-fitur tersebut sebenarnya digunakan untuk kenyamanan pengguna yang mengalami masalah penglihatan.

Dengan aktifnya filter-filter ini, maka layar Samsung akan berubah menjadi berbagai macam warna. Karena itu, pastikan jika fitur yang disebutkan sudah dimatikan melalui Pengaturan atau Setting.


2. Layar Smartphone Terkena Air

Penyebab layar HP Samsung berubah warna berikutnya adalah smartphone terkena air. Mungkin sebelumnya smartphone terjatuh dalam genangan air, atau terkena cipratan air secara tidak sengaja.

Sayangnya, tidak ada cara praktis jika perubahan warna terjadi karena air. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengunjungi retail Samsung resmi untuk mengganti layar LCD smartphone.


3. Mode Penghemat Baterai Yang Aktif

Battery saver atau mode penghemat baterai memang dapat diandalkan ketika dalam situasi yang genting. Namun ternyata, mode yang berguna ini dapat menyebabkan perubahan warna pada layar smartphone Samsung menjadi kekuningan.

Untungnya, cara mengatasi masalah ini sangatlah mudah. Tinggal matikan fitur mode penghemat baterai, dan layar smartphone akan kembali seperti semula.


4. Terjadi Kesalahan Pada Sistem HP

Seperti halnya perangkat lain, smartphone juga rentan mengalami masalah pada sistemnya. Adanya kesalahan atau kerusakan pada smartphone Samsung, dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk perubahan warna layar. Untuk mengatasi masalah ini, cara yang dilakukan adalah mengubah kalibrasi warna melalui Pengaturan atau Setting.


5. Smartphone Terlalu Panas

Siapa sangka, jika smartphone Samsung yang dibiarkan terlalu panas, dapat menyebabkan warna layar berubah? Hal yang dikenal dengan istilah overheat ini, dapat terjadi karena penggunaan smartphone yang berlebihan.

Selain merubah layar, overheat pada smartphone dapat merusak kualitas baterai, dan memperpendek umur baterai disaat bersamaan. Karena itu, hindari smartphone yang terlalu panas dengan beberapa cara yang biasanya dianjurkan.


Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung Yang Hitam Putih

Setelah mengetahui penyebab layar HP Samsung berubah warna, lalu bagaimana cara mengatasinya? Ternyata, ada tiga cara yang dapat dicoba sendiri. Berikut cara-cara memulihkan layar HP Samsung yang berubah warna, diantaranya:

1. Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung Menggunakan Fitur Live Display

Pertama, masalah ini dapat diatasi dengan mengatur kalibrasi warna layar. Kalibrasi yang dimaksud, merujuk pada pengaturan warna menjadi 100 untuk mengkoreksi warna layar. Begini cara mengaturnya:

  • Buka Pengaturan, lalu pilih opsi Tampilan.
  • Pilih Live Display, lalu scroll dan pilih Kalibrasi Warna.
  • Geser ketiga opsi ke kanan hingga mencapai 100.
  • Kembali ke Live Display, pilih opsi Pengaturan Suhu Warna.
  • Atur warna siang dan malam menjadi lebih dari 6000K.

2. Cara Mengembalikan Warna Layar HP Samsung Menggunakan Aplikasi BlueLight Filter

Bagi smartphone Samsung yang tidak memiliki fitur Live Display, maka dapat menggunakan aplikasi Play Store yaitu BlueLight Filter. Aplikasi ini tidak hanya mengatasi filter biru, melainkan seluruh macam perubahan warna layar. Untuk menggunakannya, tinggal jalankan aplikasi dan atur suhu warna layar.


Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai penyebab layar HP Samsung berubah warna, dan cara mengatasinya. Dengan metode di atas, layar smartphone akan kembali dengan mudah. Apabila cara-cara Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna dan Cara Mengembalikannya tersebut masih belum mengembalikan warna layar, maka smartphone perlu dibawa ke teknisi untuk diperiksa lebih lanjut.

Admin
Admin Admin Lombokterkini.id yang membagikan informasi teknologi digital terkini secara lengkap dan informatif supaya kamu #MakinTahuTeknologi.